9 HAL YANG PERLU DISIAPKAN & DIBAWA SAAT TES UM PTKIN #TidakTakut22Mei

UM PTKIN sudah di depan mata. Tanggal 22 Mei 2018 adalah saat dimana kamu berjuang setelah belajar untuk bisa mendapatkan bangku kuliah di UIN/IAIN/STAIN idamanmu. UM PTKIN ini dilaksanakan serentak secara nasional seperti halnya SBMPTN. Nah, UM PTKIN tidak hanya diikuti oleh angkatan 2018 saja, namun juga bisa diikuti alumni maksimal lulusan 2018. Bisa dikatakan persaingannya juga tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan sejak awal dan mengetahui barang-barang apa saja yang harus dibawa saat tes umptkin berlangsung. Bisa disiapkan jauh-jauh hari, jangan terlalu mepet dengan hari-H ujian. Udah tau apa aja yang perlu disiapkan untuk umptkin? Berikut adalah penjelasannya:

1. Cetak Kartu Ujian UMPTKIN
Cetaklah kartu ujian UMPTKIN dengan jelas. Masuk ke website dengan memasukkan nomor SIP dan pin. Download/unduh atau cetak kartu ujian masih bisa tetap dilakukan selama sudah melakukan finalisasi.Tidak aturan aturan khusus mengenai kertas maupun ukurannya. Kamu bisa mencetaknya di kertas HVS A4.

2. Pakaian Saat Ujian UMPTKIN
Urusan pakaian jangan dianggap enteng jika kamu tidak ingin diusir oleh pengawas. Kenakan pakaian yang rapi dan bersepatu saat ujian. Tidak diperkenankan menggunakan kaos dan jeans. Untuk perempuan, harus mengenakan jilbab. Untuk sepatu dibebaskan, selama menutupi seluruh kaki (tidak jebol).

3. Ijazah/SKL (Surat Keterangan Lulus)
Bila kamu sudah alumni dan memiliki ijazah, silahkan fotokopi ijazah tersebut dan dilegalisir di pihak sekolah. Kalau perlu, kamu juga bisa membawa ijazah aslimu saat ujian buat jaga-jaga jika diminta pengawas. Untuk SKL ini berlaku bagi angkatan 2018 karena ijazahnya belum ada. SKL berisi keterangan jika kamu udah lulus SMA, bukan anak yang ngulang tahun depan. SKL ini bisa minta ke sekolah dan jangan lupa untuk dikasih foto (bisa 3x4 atau 4x6) dan stempel dari sekolah. Ingat SKL, bukan SKHUN.

4. Tanda Pengenal yang Ada Fotonya (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Tanda Siswa)
Penasaran nggak, gunanya buat apa? Nah, jika mengalami kesalahan terkait nama, tanggal lahir, jenis kelamin, tahun lulus, no ijazah, NISN, kamu bisa melaporkan ke pengawas sebagai pembuktian keberanan data. Sampaikan dengan tenang dan pelan-pelan terkait kesalahanmu dalam pengisian saat daftar. Selain itu, foto yang ada di kartu tanda pengenal juga menjadi bukti bahwa yang sedang mengerjakan soal umptkin itu adalah kamu yang asli. Bukan kembaran atau mungkin orang lain. Tanda pengenal cuma ditunjukan ke pengawas aja kok.

5. Alat tulis
Buat yang milih PBT (paper based test), bawalah pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Jangan cuma bawa satu pensil, tapi usahakan lebih. Bawa pula rautan pensil, penghapus dan alas ujian (jika punya). Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Meskipun pakai komputer, kamu juga harus sedia kertas kosong (bila perlu) dan pensil bilamana ingin menghitung seperti soal matematika.

6. Patuhi Tata Tertib UM PTKIN
Sebelum ujian dimulai, pengawas akan membacakan tata tertib umptkin. Simaklah dengan baik-baik, bila ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan ke pengawas. Misalnya tentang sistem penilaian umptkin. Ada kemungkinan jawaban pengawas tidak sama dengan panitia pusat karena bisa jadi belum tau informasi. Untuk tahun lalu, sistem penilaian umptkin: salah (0), benar (+1), tidak dijawab/dikosongi (0). Tahun ini saya juga belum tahu sistem penilainnya.

7. Ketahui Durasi Ujian
Sebenarnya pengawas akan memberitahukan sisa waktu saat ujian berlangsung. Namun, kamu juga perlu tahu jam-jam dimulai dan berakhir dalam mengerjakan soal. Ini berguna agar bisa memprediksi berapa lama waktu yang tersisa dan apa yang harus dilakukan. Misalnya, waktu kurang 10 menit, kalau saya, langsung membulatkan jawaban (jika ujian pakai kertas) dan meneliti biodata diri untuk meminimalisir kesalahan pengisian data diri pada LJK.
Dan jika kamu punya soal UM PTKIN, kamu juga bisa melatih dirimu untuk mengerjakan soal-soal tersebut sesuai dengan durasi asli sebagaimana saat ujian. Bukan berarti jamnya (pukul) harus sama, tapi durasinya. Kalau mau bawa jam tangan, silahkan. Namun, jika disuruh pengawas melepas, ya lepaskan. Pakai jam tangan standar, jangan yang aneh-aneh.

8. Datang Seawal Mungkin Tanpa Sarapan
Usahakan datang seawal mungkin untuk mengantisipasi kemacetan dan kebingungan mencari lokasi ujian. Tidak perlu sarapan karena saat ujian kamu sedang puasa, hehehe. InsyaAllah umptkin jadi berkah ya. Kalau perlu cek lokasi ujian h-1 ya.

9. Doa
Jangan lupa minta doa restu dari orang tua/guru agar dimudahkan dalam mengerjakan soal-soal umptkin. Yakinlah tidak ada yang mustahil. Setelah kesulitan, pasti ada kemudahan. Sekarang, usahalah semaksimal mungkin, urusan hasil serahkan pada Allah. InsyaAllah tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. 

--
Itu tadi hal-hal yang perlu disiapkan dan dibawa saat tes umptkin pada 22 Mei 2018. Semoga persiapanmu semakin matang karena ujian sudah semakin dekat. Sangat dianjurkan untuk menggiatkan ibadah sunnah (misalnya sholat dhuha, tahajud, sedekah, dan lain-lain) agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian. Jangan malas belajar umptkin karena doa aja nggak cukup, butuh ikhtiar (usaha). #TidakTakut22Mei



Panduan Download SOAL UMPTKIN PDF:
Download Soal UMPTKIN IPS klik=>DI SINI
Download Soal UMPTKIN IPA klik=>DI SINI
Download Soal UMPTKIN IPC klik=>DI SINI

Keterangan:
Setelah klik, silahkan isi formulir yang tersedia di sana
Silahkan isi username (tanpa spasi)
pasword bikin sendiri
email aktif, no hp aktif
dan terakhir klik daftarkan diri saya di tombol merah

Semoga sukses ya ujian UMPTKIN 2018! Selamat belajarr....
Aamiin

*share/bagikan tulisan ini jika bermanfaat

6 Responses to "9 HAL YANG PERLU DISIAPKAN & DIBAWA SAAT TES UM PTKIN #TidakTakut22Mei"

  1. Kak kalo terlanjur SKL nya gak ada fotonya bagaimana? Apakah boleh ditempel langsung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh asal minta cap dari kepsek

      Delete
  2. Kak , klo kartu tesnya todak berwarna gimana?

    ReplyDelete
  3. Sistem penilaiannya sama nggak ya sama tahun kmren?

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel