Hati-hati Ada Joki Jasa Masuk Kampus! - PAGUNPOST -->

Hati-hati Ada Joki Jasa Masuk Kampus!

Buat adik-adik SMA yang masih polos, saya sarankan untuk waspada jika ditawari jasa masuk kampus. Ada yang nyebut joki, beli bangku, jalur belakang atau apalah itu yang penting waspada karena rawan penipuan. Berikut adalah contoh poster yang menawarkan jasa masuk universitas yang tidak resmi. Sebenarnya ada banyak broadcast di WhatsApp atau poster-poster lain yang isinya kurang lebih sama: pembayaran setelah lolos.

Berikut adalah salah satu contohnya:
Waspada Kedok Joki/Penipuan

Pada poster tersebut, mereka tidak mengatakan jika pasti lolos. Nah, itulah pintarnya mereka. Mereka hanya menulis pembayaran jasa dilakukan setelah resmi & 100% diterima. Curiga? Harus. Angka 100% ini seolah-olah memberikan indikasi pasti diterima di universitas, padahal itu cuma retorika mereka aja tentang pembayaran bukan pasti lulus tes.

Dan perlu diketahui juga, bahwa jasa semacam ini hanya mengandalkan hoki. Kenapa? Karena kamu kan tetep ikut tes sebagaimana peserta lain, nah jika kamu nanti lolos maka jasa ini akan mengklaim bahwa kamu lolos karena mereka. Jika kamu nggak ngerti, kamu akan mengira itu berkat mereka. Padahal sebenarnya itu murni karena kamu mengerjakan soal dan usahamu sendiri. Intinya, joki kayak gitu nggak ngapa-ngapain. Mereka cuma diem dan berdoa agar kamu lulus.  Mereka akan untung manakala kamu lulus.

Jika kamu gagal, para joki juga nggak rugi. Makanya jasa kayak gini gak berani jamin lolos 100%. Mereka hanya nulis pembayaran jasa dilakukan setelah resmi & 100% diterima. Ya iyalah pembayaran 100% udah diterima! Emang ada 50% diterima kampus? Kaki doang yang lolos, terus kepala gak lolos? hahaha. Aneh-aneh aja jasa jokinya.

Di UNAIR sendiri jika ada yang bisa menangkap joki akan dapat diberikan hadiah uang 100 juta. Itu dilakukan demi transparansi bahwa joki-joki di Unair itu memang nggak ada.

Dan kamu sebagai siswa jangan mudah percaya dengan joki atau jasa-jasa masuk univ kayak gitu. Sering-seringlah membaca website kampus dan kakak tingkat ketika dapat informasi. Jalur-jalur resmi masuk kampus contohnya, SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UMPTKIN, Sekolah Ikatan Dinas Sipenmaru Poltekkes, dan Mandiri. Jalur itu resmi dari kampus PTKIN/PTKIN/PTK/Politeknik. Tiap kampus beda-beda dalam menyediakan jalur masuk. Lebih lengkap, cek website resmi kampus yang kamu incar.

Jangan gampang percaya jasa/orang yang nawarin masuk kampus sekalipun pembayaran setelah diterima. Tetep waspada dan jadilah calon mahasiswa cerdas.

Berusalah sendiri dan berjuanglah untuk mendapatkan bangku kuliah!
Kamu layak jadi mahasiswa tanpa perlu bantuan joki.

Silahkan di-share ke teman-temanmu agar tidak terjebak penipuan semacam ini!

Terima kasih!

2 Responses to "Hati-hati Ada Joki Jasa Masuk Kampus!"

  1. Mau nanya kak...
    Saya kan udh lulus span ptkin tapi jurusannya kurang saya minati..
    Lalu saya mau daftar umptkin.
    Seandainya saya tidak lulus umptkin, apakah bisa saya mengambil span ptkin yang sudah lulus kemaren?mohon dijawab kak🥺

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu tidak daftar ulang span-ptkin dan bayar ukt maka dianggap mundur..biasanya waktu daftar ulang span-ptkin nggak lama..

      kalau nunggu pengumuman umptkin dulu ya keburu udah ditutup daftar ulang span.

      tapi kalau kamu bayar ukt span-ptkin trus juga lolos umptkin berarti bayar ukt lagi..

      tapi kalau kamu tdk bayar ukt span-ptkin artinya hangus dan belum tentu lulus umptkin...

      Hapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel