Bongkar Soal UTUL UGM atau UM UGM

Halo Para Calon Mahasiswa UGM 2020!
Semoga kamu menjadi Gajah Mada Muda (GAMADA) 2020!

Sudah melihat pengumuman SNMPTN? Tapi tidak Lulus SNMPTN?

Jangan bersedih...

SNMPTN bukan akhir segalanya.

Dunia belum kiamat. Masih ada jalur masuk kampus selain SNMPTN yang masih terbuka.

Bila kamu tertarik berkuliah Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, maka bisa ikut salah satu jalur masuk UGM yaitu Ujian Masuk UGM (UM UGM) atau juga disebut juga UTUL UGM (Ujian Tulis UGM) alias Ujian Mandiri UGM.
Jika ingin punya soal/buku latihan UM UGM 2020 bisa klik => UTUL UGM 2020
Siapa sih yang nggak mau berkuliah di salah satu universitas terbaik  dan favorit di Indonesia ini?
Download Soal UTUL UGM 2019 atau UM UGM 2018 PDF Lengkap Pembahasan
Anda kah maba UGM 2020 berikutnya?
(sumber foto: tribunnews.com)

UM UGM 2020 atau juga disebut UTUL UGM 2020 adalah seleksi jalur ujian mandiri UGM melalui ujian tulis dan proses seleksinya dilakukan oleh pihak kampusnya sendiri. Tidak seperti SNMPTN dan SBMPTN yang serentak semua universitas. Pada dasarnya memang setiap kampus punya jadwal ujian mandiri yang berbeda-beda. Tergantung kebijakan masing-masing kampus. Sehingga jadwal ujian mandiri UGM berbeda dengan kampus lain.

Perlu diketahi juga bahwa syarat pendaftaran UTUL UGM 2020 adalah lulusan 2020 2019 dan 2018. Jadi, buat para alumni dan fresh graduate bisa mendaftar jalur mandiri UGM. Untuk alumni bisa membawa Ijazah sedangkan lulusan 2020 minimal membawa SKL sebagaimana saat SBMPTN yang wajib dibawa. Udah tau belum kapan jadwal utul ugm 2020?

Pihak UGM belum merilis Jadwal Pendaftaran Ujian Tulis UGM 2020. 

Pada Ujian Tulis UGM 2019 lalu menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  SBMPTN sebagai salah satu syarat bagi pendaftar. Oleh karena itu, calon peserta UTUL UGM 2019 harus ikut UTBK dulu. Untuk kebijakan 2020 belum ada informasi terbaru.


Tahun lalu, lokasi Ujian UTUL UGM tersedia di Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru dan Medan. Seperti SBMPTN. Materi UTUL UGM) meliputi:
  • TKD SAINTEK: Matematika IPA, Biologi, Fisika dan Kimia.
  • TKD SOSHUM: Sejarah, Geografi dan Ekonomi.
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri dari Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Tes Poteksi Akademik/TPA.

Kelompok ujian tulis UGM 2020 terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran.

Jika ingin punya soal/buku latihan UTUL UGM 2020 bisa klik => UTUL UGM 2020

Tidak perlu pusing memikirkan nilai passing grade UTUL UGM atau nilai minimal karena pihak pihak UGM sendiri tidak pernah mengeluarkan rilis nilai passing grade secara resmi. Yang penting, jangan sampai salah dalam memilih jurusan kuliah. Pastikan kamu sudah nyaman, sesuai bakat & minat dan mendapat restu orang tua. Perjuangkan sungguh-sungguh jurusan yang kalian incar apalagi jika jurusan itu jurusan favorit di UGM.
Lantas, bagaimana persiapanmu, kawan? 
Perlu kamu ketahui jika banyak orang bilang bahwa kesulitan UM UGM lebih tinggi daripada SBMPTN. Oleh karena itu tidak mungkin kamu "bunuh diri" dengan ikut pendaftaran UTUL UGM 2020 tanpa persiapan yang matang. Saingamu bukan hanya teman seangkatan tapi se-Indonesia dan juga alumni. Ribuan orang ingin masuk UGM dan hanya bagian kecil dari mereka yang akan lulus utul ugm 2020.

Yuk mari, tatap Ujian Mandiri UGM 2020 dengan penuh optimis, realistis dan penuh persiapan. Tidak cukup mengandalkan doa karena doa tanpa usaha adalah sia-sia. Tidak ada keberuntungan yang datang tiba-tiba karena Tuhan juga bakal melihat seberapa besar perjuangan kita belajar demi mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Apalagi UGM adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia maka tidak usah kaget jika banyak peminat.

Jika ingin punya soal/buku latihan UTUL UGM 2020 bisa klik => UTUL UGM 2020

Dalam kasus ini, tips lulus UTUL UGM 2020 adalah dimulai dengan persiapan belajar yang matang. Mungkin sambil menunggu pengumuman SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN atau UM PTKIN, bisa kok mulai mencuri start belajar disaat mungkin para sainganmu masih sibuk dengan UN atau alumni yang bekerja.

Kalau perlu anggap aja tidak lulus SNMPTN agar belajar materi SBMPTN dan UTUL UGM 2020 habis-habisan. Libas semua soal UTUL UGM 2019 dan tahun sebelumnya sebagai bekal menjawab soal utul ugm 2020. Pahami konsep dan tipe soalnya. Jangan malas belajar demi masa depan. Ingat orang tuamu.

Jika ingin punya soal/buku latihan UTUL UGM 2020 bisa klik => UTUL UGM 2020

Dengan belajar Soal UTUL UGM 2019 dan pembahasan setidaknya kamu memiliki gambaran tingkat kesulitan soal UTUL UGM 2020 nanti. Ada yang bilang jika UM UGM lebih sulit dari SBMPTN lho... Namun, itu semua akan mudah jika ada kemauan untuk belajar. Tidak ada kata terlambat. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Semoga kamu nanti menjadi Mahasiswa UGM 2020!

Biar makin semangat belajar UTUL UGM, tonton video ospeknya UGM atau disebut PPSMB UGM 2019. Dijamin bikin merinding.


Semangat berjuang di jalur ujian mandiri UGM 2020 
semoga Anda menjadi mahasisa baru UGM 2020! 
Aamiin.

Jika ingin punya soal/buku latihan Soal UTUL UGM 2020 bisa klik => UTUL UGM 2020

0 Response to "Bongkar Soal UTUL UGM atau UM UGM "

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel