Tips Menjawab 8 Pertanyaan Yang Ditanyakan Saat Wawancara Kerja


Saat baru pertama kali melamar kerja tentu merupakan saat-saat yang mendebarkan. Seringkali kita merasa khawatir apakah kita masuk dalam kualifikasi atau tidak. Kemudian terbesit kira-kira apa saja pertanyaan yang muncul saat interview.

Pertanyaan Yang Ditanyakan Saat Wawancara Kerja dan Jawabanya


Untuk mengatasi hal tersebut berikut tips menjawab 8 pertanyaan yang ditanyakan saat wawancara kerja beserta jawabanya.

1. Gambarkan diri anda?

Apa yang berada dibenak kamu ketika HRD menanyakan tentang gambaran diri kamu? Apakah positif atau negative? Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar kamu. Karena karakter seorang karyawan merupakan aspek penting dalam perusahaan. Oleh sebab itu pilihlah 3 kata yang bisa mendeskripsikan tentang diri kamu. Sesuaikan juga dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya jujur, pekerja keras, tanggung jawab.


2. Apa yang diketahui tentang perusahaan ini?

Pertanyaan ini cukup penting, karena seorang pelamar tentu harus tahu tempat atau perusahaan apa yang ia tuju. Tips dalam menjawab pertanyaan ini yaitu pastikan fokus pada sisi positif perusahaan yang kamu lamar. Jangan sampai kamu membandingan dengan perusahaan lain. Tunjukkan pula bahwa perusahaan yang kamu lamar mempunyai keunggulan-keunggulan sehingga kamu tertarik untuk bergabung.

3. Mengapa tertarik bergabung?

Kebanyakan orang akan terkecoh dengan pertanyaan macam ini. Sebaiknya kamu jawab pertanyaan ini dengan alasan yang positif. Misalnya karena kamu ingin berkontribusi lebih dan menyalurkan bakat. Ataupun karena posisi yang kamu lamar sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu.

4. Prestasi apa yang telah diraih dalam karier?

Rasanya wajar jika setiap perusahaan menginginkan calon karyawan yang terbaik. Oleh sebab itu biasanya HRD ingin mengetahui pencapaian apa yang telah kamu raih sebelumnya. Untuk menjawab pertanyaan ini jelaskan dengan baik pekerjaan yang telah kamu selesaikan di perusahaan sebelumnya. Berikut contoh konkretnya dan tunjukkan bahwa kamu layak diterima.

5. Jelaskan rencana anda ke depan?

Maksud dari pertanyaan ini yaitu untuk mengetahui berapa lama kamu ingin bergabung di perusahaan tersebut. Nah untuk menjawab pertanyaan ini uraikan tujuan jangka panjang kamu. Pastikan bahwa kamu juga melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana kamu. Jawablah dengan bijak.

6. Berikan gambaran tentang pekerjaan yang dilamar!

Sangat penting mengetahui posisi yang kamu lamar. Karena hal itu berkaitan dengan tugas yang akan kamu emban dikemudian hari. Jadi pastikan kamu telah mencari informasi kira-kira apa yang akan menjadi tanggung jawab kamu. Dengan jawaban yang tepat, maka perusahaan akan merasa bahwa kamu adalah kandidat yang pas.


7. Mengapa berhenti?

Ini merupakan salah satu pertanyaan penting. Karena dari jawaban ini perusahaan menilai karakter dan orientasi kamu. Oleh sebab itu hindari menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan. Pastikan kamu memberikan alasan sebagai suatu hal yang profesional.

8. Berapa gaji yang diinginkan?

Ini adalah pertanyaan yang paling sulit dijawab. Karena bisa jadi diposisi yang sama gaji yang diminta bisa berbeda. Itu sebabnya menentukan gaji membutuhkan pemikiran lebih. Untuk itu ketahui lebih dahulu standar gaji di perusahaan yang kamu lamar. Perhitungkan juga pengalaman dan tingkat kesulitan pekerjaan kamu. Jelaskan ekspektasi kamu namun pastikan masih dalam standar perusahaan. Sehingga nantinya kamu akan memperoleh nilai yang maksimal dari standar yang diterapkan itu.

Nah itulah tips menjawab 8 pertanyaan yang ditanyakan saat wawancara kerja. Semoga bermanfaat dan see you.

0 Response to "Tips Menjawab 8 Pertanyaan Yang Ditanyakan Saat Wawancara Kerja "

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel