Solusi Mengatasi Rasa Mual Ketika Hamil

Mual saat hamil; wajarkah?

Biasanya banyak ibu hamil mengalami mual saat hamil, maka dari itu penting untuk mengetahui beberapa penyebab dan juga solusi dalam mengatasi hal tersebut. Memang ketika hamil muda hingga kehamilan yang sudah berumur 3 bulan, si ibu masih mengalami berbagai kerawanan tertentu. Janin tentunya masih sangat sensitif atau rentan gugur, maka dari itulah ketika hamil muda maka ibu hamil sudah seharusnya menjaga kehamilannya. Bukan hanya janin tersebut yang rentan gugur, sang ibu hamil juga mudah mengalami rasa mual bahkan sampai muntah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Ibu hamil biasanya indera penciumannya semakin peka, perasaan mual gampang timbul kalau si ibu mencium benda yang bisa menusuk penciumannya. Penyebab rasa mual tentunya sangat beragam seperti misalnya menderita gejala asam lambung, hormon yang semakin meningkat, hormon HCG, metabolisme yang berubah, pencernaan yang terdesak, bahkan faktor psikologis. Supaya tidak terkena perasaaan mual dan juga muntah berlebihan, maka Ibu hamil sudah seharusnya mengetahui bagaimana caranya mengatasi mual saat kehamilannya.

Dengan cara mengatasi perasaan mual muntah saat proses kehamilan berikut ini, sang ibu bisa terhindar dari kekurangan tenaga dan dehidrasi. Walaupun si ibu mual serta muntah, harus tetap dipertahankan nutrisi di dalam tubuhnya. Kandungan nutrisi tersebut tidak hanya untuk diri si ibu sendiri, tetapi untuk janin yang berkembang juga di dalam kandungan si ibu. Salah satu caranya yaitu konsumsi makanan sedikit-sedikit saja tapi sering. Untuk cara mengatasi perasaan mual muntah saat proses kehamilan satu ini sama dengan cara diet, yaitu menganjurkan untuk konsumsi makan dengan porsi sedikit tetapi sering. Dengan hal tersebut, maka lebih efektif jika dibandingkan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tetapi jarang. Mengapa porsi yang sedikit lebih berguna untuk ibu yang hamil muda? Berikut ini jawabannya.

Jika si ibu mengonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit tersebut, maka akan dapat masuk ke tubuh dengan lebih mudah dibandingkan dengan konsumsi makanan dengan porsi banyak. Selain itu, porsi makanan yang banyak hanya bisa membuat si ibu hamil tersebut bertambah mual. Adapun sugesti si ibu hamil muda yang merasa tidak nyaman atau merasa ‘eneg’ di bagian perut kalau melihat makanan yang jumlahnya banyak. Anda harus memperhatikan jenis makanan yang dimakan dalam jumlah yang sedikit-sedikit tersebut yaitu makanan yang kandungannya kaya karbohidrat. Kandungan karbohidrat tersebut dapat menghindarkan si ibu dari perasaan lesu dan rasa lemas. Kalau si ibu hamil masih belum bisa mengkonsumsi karbohidrat secara langsung, maka si ibu hamil dapat memancing nafsu konsumsi makannya dengan mengonsumsi buah segar.


Baca juga: Tips Cara Melahirkan Normal Tanpa Sesar
Dengan cara mengatasi perasaan mual muntah saat proses kehamilan ini, Anda juga bisa menjaga kehamilan tetap sehat. Pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin dan kelancaran kehamilan, jangan sampai Anda mengonsumsi makan sembarangan serta Anda harus mengatur intensitasnya. Selain cara mengatasi perasaan mual muntah saat proses kehamilan tersebut, Anda juga harus mengambil jeda ketika pagi hari. Biasanya beberapa wanita ketika pagi hari langsung beranjak atau berdiri dari kasurnya. Kebiasaan seperti itu tergolong buruk bagi Anda yang hamil muda. Jika seperti itu, malah nantinya Anda akan merasakan mual dari awal pagi hari. Anda harus memberilah jeda selang waktu tertentu antara saat bangun tidur dengan saat beranjak dari kasur. 

0 Response to "Solusi Mengatasi Rasa Mual Ketika Hamil"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel