Ini Lho 4 Langkah Cara Mengatasi Cegukan Bayi Yang Ampuh

Bagi para orang tua baru, sudah hal yang wajar jika merasa bingung dan cemas saat mengetahui bayinya mengalami hal yang mungkin dianggap sebagian orang tua dianggap sepele. Yups salah satunya adalah cegukan. Lantas sebenarnya bagaimana sih cara mengatasi bayi cegukan? Eits tunggu dulu, sebelum mengetahui caranya ada baiknya jika kita kenali dulu apasih penyebab cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan Bayi Yang Ampuh
foto: klikdokter

Bukan hanya orang dewasa saja lho yang bisa mengalami cegukan, nyatanya bayi pun tak lupu mengalami kondisi demikian, ya meskipun usianya terbilang sangat dini. Pada dasarnya cegukan disebabkan oleh kontraksi diafragma. Diafragma merupakan lembaran besar otot yang berada dibawah paru-paru bersamaan dengan otot-otot antar tulang iga yang membuat kita dapat bernapas. Nah akibat kontraksi tersebut akan mengisap udara ke paru-paru dan masuknya udara dengan cepat yang membut epiglottis menutup. Epiglottis merupakan flap jaringan pada tenggorokan yang menutup saat kita menelan untuk mencegah makan , minuman, air liur terhisap ke paru-paru. Nah penutupan jaringan tenggorokan yang mendadak inilah yang menyebabkan terjadinya cegukan.

Meskipun tidak berbahaya, namun cegukan sangatlah mengganggu bagi orang dewasa begitupulaa dengan bayi. Sebenarnya bayi tidak akan terpengaruh oleh adanya cegukan pada diri mereka. Namun tetp saja, para orang tua khawatir saat melihat bayinya cegukan. Pada dasarnya cegukan pada bayi mempunyai pengaruh atau efek burul tertentu pada pernapasan dan kesehatan bayi. Untuk itu ini lho 4 langkah cara mengatasi cegukan bayi yang ampuh.

1. Berikan ASI dan biarkan bayi bersendawa

Menyusui ternyata dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi cegukan pada bayi lho. Gerakan menyusui ini akan membantu diafragma bayi menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan. Setelah menyusui, kamu bisa membiarkan bayi bersendawa untuk memberikan ruang keluar bagi udara yang terjebak dalam perut bayu. Nah udara tersebutlah yang menjadi factor utama terjadinya cegukan.

2. Atur posisi bayi

Setelah proses menyusui selesai dan bayi sudah bersendawa, kini saatnya kita mengatur posisi bayi dengan benar. Pegang dan atur posisi bayi dalam kondisi tegak seperti orang yang sedang berdiri sambil menggendongnya. Kamu juga bisa sambil menepuk punggung bayi dengan perlahan dan lembut. Hal ini bertujuan untuk membantu gas dalam perut naik dan keluar.

3. Berikan sesuatu untuk dihisap

Kamu dapat memberikan sesuatu pada bayi seperti dot, empeng, maupun putting ibu untuk dihisap. Cara ini sangat ampuh juga untuk mengatasi cegukan bayi lho. Gerakan mulut dan tipuan sedotan diperut bayi dipercaya dapat merangsang sendawa dan menghentikan cegukan pada bayi.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Biang Keringat

4. Bawa bayi ke tempat yang lebih hangat

Terakhir langkah mengatasi cegukan yakni bawa dan taruh bayi pada tempat yang hangat dan lembab. Hindarkan bayi pada ruangan ber AC atau suhu udara yang aga dingin terlebih dahulu. Mengingat cegukan pada bayi bisa disebabkan oleh temperature udara yang cukup dingin.

Nah itu lho 4 langkah cara mengatas cegukan bayi yang ampuh. Selain itu ada 3 tips mencegah cegukan pada bayi yakni.

  • Berikan ASI atau makanan pada bayi saat dia dalam kondisi tenang, tidak menangis atau bahkan lapar. Hal ini bertujuan agar menghindari udara yang masuk bersamaan dengan makanan dan menghindari juga perut bayi kembung.
  • Setelah selesai menyusui, hindari aktifitas seperti menggendong bayi dengan gerakan memantul-mantulkan tubuh bayi ke atas dan ke bawah.
  • Posisikan bayi tetap tegak selama 20 – 30 menit setelah makan

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

0 Response to "Ini Lho 4 Langkah Cara Mengatasi Cegukan Bayi Yang Ampuh"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel