Berikut Ini Manfaat ASI Eksklusif Bagi Pertumbuhan Bayi Dan Bunda - PAGUNPOST -->

Berikut Ini Manfaat ASI Eksklusif Bagi Pertumbuhan Bayi Dan Bunda

Bunda, inilah pentingnya memberikan ASI kepada buah hati? 


ASI Eksklusif merupakan salah satu kebutuhan ASI bayi, yang tentunya memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dengan diberikan ASI ekslusif, maka bayi kemungkinan akan tumbuh dengan dengan bobot normal. Hal ini dikarenakan bahwa ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin dibandingkan susu formula. Perlu bunda ketahui bahwa insulin sendiri bisa memicu pembentukkan lemak, sehingga dengan ASI tidak memicu pembentukan lemak yang berlebih pada bayi. Selain itu bayi yang mendapatkan ASI akan memiliki kadar leptin yang lebih tinggi, dan leptin ini merupakan hormon yang berfungsi untuk menimbulkan rasa kenyang serta metabolisme lemak.

1. Memperkuat Tulang Pada Bayi
Pada bayi yang diberikan ASI selama 3 bulan atau lebih, akan memiliki tulang belakang dan tulang leher yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan ASI kurang dari 3 bulan atau bahkan tidak pernah sama sekali. Karena memang ASI ini sangat berperan penting dalam mendukung pertumbuhan tulang yang kuat pada bayi.

2. Terdapat Kandungan Kolesterol Yang Cukup Banyak
Bagi orang dewasa, kolesterol ini merupakan asupan yang tidak baik bagi kesehatan. Akan tetapi sebaliknya bagi bayi, justru kolesterol ini sangat dibutuhkan bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya, dan pada ASI, kolesterol ini banyak sekali ditemukan.

3. Merupakan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi Yang Lebih Kuat
Pada ASI ini mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang mampu membantu melawan virus dan bakteri. Sehingga bayi yang diberi ASI berisiko lebih kecil untuk terserang berbagai penyakit, seperti meningtis, sindrom kematian bayi mendadak, infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga, alergi, asma, dan diare. Selain itu bayi yang diberikan ASI juga berisiko lebih rendah untuk mengalami diabetes tipe 2 dan obesitas nantinya, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan ASI ekslusif.

4. Meningkatkan Kecerdasan Pada Bayi
Selain bisa memperkuat hubungan emosional antara bunda dengan bayinya selama proses menyusui akan turut memberikan kontribusi positif, menurut para pakar kesehatan asam lemak yang terdapat pada ASI ini memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan otak bayi. Serta berbagai penelitian juga menunjukkan pernyataan bahwa bayi yang memperoleh ASI, akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak memperoleh ASI.

5. Bisa Melangsingkan Tubuh Bunda
Perlu bunda ketahui bahwa menyususi itu bisa membakar kalori. Sehingga kalori yang terpakai pada saat menyusui bisa membantu mengurangi berat badan bunda, otomatis tubuh bunda pun akan lebih langsing.

6. Merupakan KB Alami
Perlu bunda ketahui juga bahwa ovulasi bisa terhambat ketika bunda memberikan ASI eksklusif pada bayi, sehingga pemberian ASI ini bisa menjadi KB alami yang aman bagi bunda.

7. Bisa Menghemat Uang
Manfaat terkahir dari pemberian ASI adalah bisa menghemat uang. Karena bunda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu formula dalam memenuhi kebutuhan bayi.

8. Bisa Mengurangi Stres
Pada saat menyusui, maka akan merangsang produksi hormon oksitosin yang bisa membuat bunda menjadi lebih nyaman dan rileks, sehingga hal tersebut bisa mengurangi stres.

Baca juga: Cara Menghilangkan Biduran pada Bayi

9. Bisa Mengurangi Pendarahan
Selain itu hormon oksitosin yang dihasilkan pada saat menyusui bisa membantu rahim berkontraksi, sehingga hal tersebut bisa mengurangi resiko pendarahan pada rahim usai menjalani persalinan.

10. Bisa Mengurangi Resiko Tekena Kanker
Menurut para ahli kesehatan menyebutkan bahwa semakin lama bunda menyusui, maka semakin terlindungi bunda dari terkena kanker. Hal ini dikarenakan pada saat menyusui bisa menekan produksi hormon estrogen.

Baca juga: Menghilangkan Stretch Mark pasca Melahirkan

Itulah manfaat dari ASI eksklusif untuk kesehatan si kecil. Dengan manfaatnya yang sedemikian rupa, tentunya bunda wajib memberikan ASI eksklusif pada si buah hati. 

0 Response to "Berikut Ini Manfaat ASI Eksklusif Bagi Pertumbuhan Bayi Dan Bunda "

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel