Bagaimana Sih Perawatan Oli Mesin Avanza dan Oli Apa yang Sesuai Untuk Avanza?

Sebagian dari Anda pasti sudah pernah melihat mobil Avanza berseliweran di jalan, atau mungkin bahkan Anda merupakan salah satu pengguna mobil Toyota Avanza tersebut. Mobil yang diproduksi oleh pabrikan Daihatsu sejak tahun 2003 lalu tersebut dipasarkan di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia.

Tak berbeda dari jenis mobil lainnya, mobil Avanza juga membutuhkan berbagai perawatan pada mesinnya untuk menjaga “hidup” mesin tersebut. Dari berbagai perawatan, salah satu yang tidak bisa diabaikan yaitu perawatan oli mesin Avanza itu sendiri.

Oli yang sangat berperan penting dalam menjaga dan melindungi mesin dari berbagai kerusakan tersebut memang sudah seharusnya rutin untuk diganti. Baik menggantinya dengan dibawa ke bengkel maupun diganti sendiri di rumah. Nah, bagi Anda yang ingin mengganti sendiri oli mesin mobil Avanza, apa sajakah yang perlu diperhatikan?

Jangan Sampai Terlambat, Gantilah Sebelum Melebihi Batas “KM”

Terkadang timbul pertanyaan bagi pengguna Avanza yang masih awam atau masih baru terkait batas KM (Kilometer/jarak tempuh) yang tepat untuk mengganti oli mobil Avanza. Sebenarnya hal ini merupakan satu hal dasar yang wajib diperhatikan dalam perawatan oli mesin Avanza.

Setiap mesin mobil tentu memiliki batas KM yang berbeda, namun untuk mobil Avanza sendiri, berdasarkan pada pedoman pabrik, disebutkan bahwa batas KM untuk penggantian oli mesin Avanza sebaiknya dilakukan setiap batas KM mencapai 10.000 KM.

Akan tetapi untuk perawatan oli mesin Avanza sebaiknya Anda tidak hanya berpacu pada hal tersebut saja, tapi juga faktor lainnya seperti usia mobil Avanza itu sendiri, kemampuan atau kualitas oli yang digunakan, dan faktor lainnya.

Jadi jika mengacu pada usia oli mobil, sebaiknya Anda mengganti oli mesin tersebut setiap satu tahun sekali untuk mobil yang diam atau sangat jarang digunakan. Namun untuk mobil yang aktif digunakan, Anda bisa mengacu pada kemampuan oli yang digunakan yakni berkisar antara 8.000 KM hingga 15.000 KM.

Pilih Tempat yang Terpercaya Untuk Ganti Oli, di Bengkel atau Di Rumah

Setelah mengetahui batas KM untuk mengganti oli, hal lain yang menjadi perhatian dalam perawatan oli mesin Avanza selanjutnya yakni pada bagaimana dan dimana Anda mengganti oli tersebut.

Memilih bengkel atau tempat untuk mengganti oli mesin sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarang. Agar lebih terjamin kualitasnya, sebaiknya Anda memilih bengkel-bengkel resmi saja. Akan tetapi jika tempat Anda jauh dari bengkel yang terpercaya, Anda bisa mencobanya sendiri dengan mengganti oli mesin tersebut di rumah.

Jangan Salah Pilih, Gunakan Oli yang Sesuai dengan Mesin Mobil Avanza

Selain tepat dalam mengganti oli, hal lain yang tidak bisa diabaikan dalam perawatan oli mesin Avanza yaitu oli yang akan digunakan untuk mengganti oli. Pastikan oli yang digunakan berkualitas dan memiliki daya tahan yang lama. Dari sekian banyak jenis oli, salah satu yang bisa Anda gunakan yakni Castrol Magnatec.
Oli castrol magnatec tersebut merupakan pelumas yang mampu mengkombinasikan molekul-molekul dengan teknologi sintetik serta memberikan lapisan perlindungan pada mesin sejak pertama kali mesin dinyalakan hingga mesin dimatikan kembali.

Berapakah Harga Oli Mesin Avanza?

Pertimbangan lain dalam perawatan oli mesin Avanza yaitu harga atau biaya yang akan dikeluarkan. Namun untuk biaya pergantian oli mesin sangatlah beragam, tergantung pada jenis atau seri mobil tersebut. Biaya untuk mengganti oli mesin tersebut biasanya meliputi biaya jasanya dan harga oli yang digunakan. Jadi untuk biaya ganti oli mesin Avanza yakni berkisar antara Rp. 500.000,- hingga Rp. 725.000,-

Atau untuk lebih jelasnya terkait harga dan jenis oli yang akan digunakan, Anda bisa mengunjungi website resmi atau langsung https://review.bukalapak.com/auto/castrol-dan-rekomendasi-oli-terbaik-untuk-mobil-43903.

Untuk mendapatkan mobil dengan performa yang maksimal tentu sangat perlu dijaga “kesehatan” mesin mobil itu sendiri. Oleh karena itu, perawatan oli mesin Avanza juga sangat perlu diperhatikan agar kondisi mesin dan mobil Anda bisa tetap prima dan tidak mudah mengalami kerusakan internal.

0 Response to "Bagaimana Sih Perawatan Oli Mesin Avanza dan Oli Apa yang Sesuai Untuk Avanza?"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel