4 Tips Belajar Sejarah SBMPTN (Test Center) dan UN Yang Efektif ala Zenius

Banyak diantara kita yang merasa jika belajar sejarah membosankan, materi sejarah cuma menghafal, rangkuman sejarah cuma bikin gagal move on. Benarkah demikian? Jika itu yang terjadi, mungkin kamu belum menemukan strategi belajar sejarah yang tepat apalagi untuk persiapan sbmptn (test center) atau UN (ujian nasional). Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan tips cara belajar sejarah yang efektif dan ampuh bersumber dari instastory Zenius dan sedikit penambahan. Semoga bisa kamu terapkan dengan baik.

Tips Belajar Sejarah SBMPTN (Test Center) dan UN Yang Efektif ala Zenius

1. Paradigma Belajar Sejarah

Belajar sejarah bukan hanya tentang orangnya, bukan hanya tempatnya, bukan hanya tahunnya, namun rangkaian kejadian yang dipengaruhi oleh suatu kejadian (chains of events) di suatu masa. Kita dituntut paham kenapa ada peristiwa ini dan apa yang melatarbelakanginya. Meskipun bisa saja kita lupa orang, tempat atau tahunnya, jika kita paham rangkaian kejadiannya maka kita bisa sedikit menebak-nebak jawaban.

2. Banyak Baca Buku Sejarah

Membaca adalah cara yang wajib jika ingin mendapatkan pengetahuan. Jika terkadang membaca membuatmu mengantuk atau bosan, maka carilah tempat-tempat yang nyaman sambil nyemil. Nggak cuma belajar dari buku sekolah, kamu juga butuh membaca buku referensi lain untuk semakin memperkaya perspektif dari berbagai sudut pandang. Setelah membaca, kamu juga bisa membuat rangkuman/ringkasan materi sejarah yang sewaktu-waktu bisa dibaca lagi.
Sudah baca buku SKS ini? Saya dulu lintas jurusan salah satunya pakai buku ini


3. Buat Timeline Sejarah

Cara belajar sejarah berikutnya adalah memahami timeline sejarah itu sendiri. Buat timeline yang terstruktur agar lebih gampang dibayangkan. Urutan-urutan kejadian menjadi penting dalam sejarah. Jangan sampai bingung: lebih dulu zaman kerajaan Islam atau hindu, ayam atau telur, perang dunia atau perang dingin, dan sebagainya.
Penampakan Isi Buku SKS
Saya merekomendasikan BUKU SKS berjudul Menguasai IPS karena disana sudah dirangkum sedemikian lengkap dan detail sesutau dengan timeline kejadian. Bukunya yang kecil tapi berbobot membuatnya mudah dipahami dan dibawa kemana-mana. Untuk harga cukup terjangkau yakni 50.000 (belum termasuk ongkir). Jika berminat bisa SMS/WA ke 085785087038 ya :)

4. Nonton Film atau dokumenter

Tips belajar sejarah yang terakhir ini mungkin yang paling kamu suka. Ya, banyak banget film atau dokumenter tentang sejarah yang keren dan layak ditonton agar  bisa mendapatkan gambaran konteks dan sudut pandang. Film-film Sejarah Indonesia yang bisa kamu tonton diantara "Gie", "Sang Penari" dan sebagainya.
Baca juga: Buku Yang Recommended untuk Lintas Jurusan

Itu tadi 4 tips belajar sejarah untuk persiapan SBMPTN (test center) ataupun Ujian Nasional. Semoga bisa membantumu untuk semakin mencintai pelajaran sejarah. Tanamkan mindset jika belajar sejarah itu menyenangkan. Bukan hanya menghafal namun juga paham alur dan kronologisnya. 

Good Luck!

0 Response to "4 Tips Belajar Sejarah SBMPTN (Test Center) dan UN Yang Efektif ala Zenius"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel