Berikut Ini Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak Dan Praktis

Apakah Anda penikmat bubur kacang hijau? Tak harus beli, karena Anda bisa membuat bubur kacang hijau di rumah dengan enak dan praktis. 

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak Dan Praktis

Bubur kacang hijau ini merupakan makanan tradisional yang memang sudah terkenal sejak puluhan tahun silam. Sehingga tidak aneh kalau kita bisa menemukan makanan ini dengan mudah, karena memang banyak orang yang menjualnya. Bahkan kita sering melihat pedagang bubur kacang hijau yang berkeliling melewati depan rumah menggunakan gerobak. Di samping rasanya yang manis dan lezat, bubur kacang hijau ini juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tentunya bagus untuk kesehatan tubuh kita. Harga yang ditawrakannya juga relative cukup murah, yakni hanya sekitar Rp 3 ribu – Rp 5 ribu saja per porsinya. 

Pembuatan bubur kacang hijau ini bukan saja mudah tetapi juga hanya membutuhkan waktu yang sebentar saja, paling hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk membuat bubur kacang hijau ini. Sehingga dengan demikian tidak banyak menyita waktu anda dalam proses pembuatannya. Walaupun begitu, anda harus menggunakan bahan-bahan pilihan yang berkualitas baik dalam pembuatannya, terutama bahan kacang hijaunya. Karena kalau kacang hijau yang berkualitas saat direndam akan tenggelam, namun apabila kualitas kacang hijaunya kurang bagus akan banyak yang mengambang di air. Akan tetapi kadang bubur kacang hijau yang dibuat sendiri kurang enak, tidak seenak seperti saat membelinya di pedagang keliling. Sebenarnya cara membuat bubur kacang hijau itu sangatlah mudah, namun membutuhkan sedikit ketelitian dan kesabaran dalam merebus kacang hijaunya.

Perlu anda ketahui bahwa cara membuat bubur kacang hijau ini membutuhkan trik tersendiri sehingga hasilnya akan lebih bagus, dimana bubur kacang hijaunya akan terasa lembut serta enak rasanya. Dan jika dilihat dari kandungan gizinya, bubur kacang hijau ini menyimpan kandungan gizi yang cukup komplit, sehingga bisa menambah asupan gizi yang sehat dan seimbang bagi tubuh anda.Bubur kacang hijau ini selain cocok untuk menu makanan keluarga, juga sangat baik untuk melengkapi gizi terutama bagi anak-anak yang memang sangat membutuhkan asupan gizi yang cukup. Sehingga dengan membuatnya sendiri, anda bisa memilih bahan-bahan dengan berkualitas bagus dan sehat, sehingga akan lebih aman untuk disantap bersama keluarga tercinta. Nah, berbicara soal resep masakan, pada ulasan kali ini akan mengulas seputar cara pembuatan bubur kacang hijau yang enak dan praktis sebagai berikut.

Bahan Membuat Bubur Kacang Hijau:

  • Kacang hijau 250 g, lalu cuci bersih dan rendam selama 1 jam.
  • Air mineral sebanyak 2L, gula merah 100 g cingcang halus.
  • Santan kental 150 ml.
  • Daun pandan 2 lembar.
  • Gula pasir 4 sm.
  • Garam 1 sdt, jahe 2 cm, lalu memarkan.


Cara Membuat Bubur Kacang Hijau:

  • Kacang hijau yang sudah direndam selama 1 jam lalu rebus dengan 1L air hingga matang serta empuk, lalu sisihkan.
  • Rebus gula merah dan gula pasir dengan 500 ml air. Dan tunggu hingga larut.
  • Lalu setelah gula pasir dan gula merah larut dan mendidih, kemudian tuangkan ke dalam air rebusan kacang hijau dengan menggunakan saringan.
  • Rebus kembali kacang hijau dan masukkan daun pandan serta santan, dan aduk hingga rata.
  • Kemudian masukkan jahe dan garam, lalu aduk hingga rata, aduk sampai santan berbusa.
  • Bubur kacang hijau siap disajikan.


Bagaimana, cukup mudah simple bukan? Itulah resep dan cara membuat bubur kacang hijau yang praktis dan enak. Selamat mencoba di rumah.

2 Responses to "Berikut Ini Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak Dan Praktis"

  1. hampir setiap minggu si cinta membuatkan mamang bubur kacang ijo...boleh juga kalau direkomendasikan resepnya ke si cinta untuk dibuatkan, sapah tau mamang suka

    BalasHapus
  2. Saya pernah bikin bubur kacang hijau sendiri di rumah. Kacang hijaunya saya rendam semalamam. Begitu ga ya? Apa cukup direndam hanya 1 jam? hehehe Enak nih pakai daun pandan jadi harum.

    BalasHapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel