Begini Alur Pendaftaran dan Jadwal Pendaftaran SPAN-PTKIN (Jalur Raport) 2020

Jalur SPAN-PTKIN 2020 adalah jalur seleksi secara nasional yang bisa diikuti Siswa Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Muadalah untuk bisa masuk PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) seperti STAIN, IAIN dan UIN serentak seluruh Indonesia. Jalur SPAN-PTKIN bisa dibilang mirip dengan jalur SNMPTN karena menggunakan nilai raport, piagam/sertifikat (bila ada) sehingga tanpa ujian tulis. 

Prodi SPAN PTKIN yang tersedia biasanya memang kebanyakan berbau keagamaan seperti Hukum Keluarga Islam, Pendidikan Agama Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Ilmu Hadist, Ilmu al-Quran dan Tafsir dan sebagainya. Namun, beberapa UIN juga membuka jurusan umum di jalur SPAN PTKIN seperti di UIN Raden Fatah Palembang yang membuka jurusan Jurnalistik dan Sistem Informasi pada jalur SPAN PTKIN 2020. Selain UIN Raden Fatah Palembang, UIN Alauddin Makassar juga membuka jurusan umum seperti Keperawatan, Teknik Informatika, Farmasi, Kesehamatan Masyrakat, Fisika dan Biologi di SPAN PTKIN. Sekali lagi, hanya beberapa UIN saja yang membuka jurusan umum murni di SPAN PTKIN maupun UMPTKIN.

Karena khusus UIN memang punya keistimewaan karena memiliki jalur masuk yang banyak (SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UMPTKIN dan Mandiri). Namun masing-masing jalur biasanya memiliki perbedaan jurusan yang ditawarkan. SNMPTN dan SBMPTN lebih untuk jurusan yang sifatnya UMUM, sedangkan SPAN PTKIN dan UMPTKIN untuk jurusan yang mayoritas keagamaan.
Baca juga => Persamaan dan Perbedaan SPAN-PTKIN dengan UM-PTKIN
Dalam pendaftaran SPAN PTKIN 2020 harus melalui pihak sekolah alias rekomendasi dari Kepala Sekolah atau biasanya guru BK agar siswa bisa mendaftar SPAN PTKIN 2020. Nantinya, siswa akan diberikan ID pendaftaran dan pasword. Oleh karena itu, alumni tidak bisa ikut jalur SPAN-PTKIN. Jika alumni ingin masuk PTKIN (IAIN, STAIN dan UIN) bisa melalui jalur seleksi lain yakni Jalur UMPTKIN.

Sistem seleksi SPAN PTKIN 2020 sama misteriusnya dengan jalur SNMPTN. Mengapa? Karena sistem penilaiannya yang tidak jelas. Terkadang ada yang siswa nilainya tinggi tapi justru tidak lulus SPAN PTKIN sedangkan ada siswa yang nilainya biasanya saja justru lolos SPAN PTKIN. Penuh ketidakpastian. Oleh karena itu, saran saya tidak usah berharap banyak dengan jalur raport alias SPAN PTKIN ini.



Alur Pendaftaran SPAN PTKIN 2020

Pihak Sekolah

Begini Alur Pendaftaran dan Jadwal Pendaftaran SPAN-PTKIN (Jalur Raport) 2019Sekolah (biasanya guru BK) harus mendaftarkan sekolahnya agar bisa mengikuti SPAN PTKIN. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah sekolah/madrasah memiliki ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah yang sah. Biasanya sekolah memiliki NPSN.
  • Selanjutnya dilakukan entry data sekolah di pdss.span-ptkin.ac.id
  • Setelah mendapatkan validasi pendaftaran via email, bisa melakukan login sekolah yang dilanjutkan entry data siswa. 
  • Siswa akan mendapatkan akses login siswa dari Guru BK berisi ID PENDAFTARAN & pasword.
  • Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2020: 3 - 28 Februari 2020.
Begini Alur Pendaftaran dan Jadwal Pendaftaran SPAN-PTKIN (Jalur Raport) 2019


Melalui sistem, Panitia Nasional membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2020, mulai semester 1 (satu) hingga semester 5 (lima). Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan Panitia Nasional dan sesuai dengan ketentuan akreditasi sekolah, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SPAN-PTKIN 2020.
  1. Pendaftaran Sekolah/Madrasah melalui pdss.span-ptkin.ac.id input data lembaga dan daftar nama siswa yang akan diajukan.
  2. Pendaftaran Siswa. Siswa login dengan id dan password yang didapatkan dari laman pdss dan mengisi borang pendaftaran serta memilih prodi span ptkin.
  3. Cetak Kartu Peserta SPAN-PTKIN yang berisikan nomor pendaftaran peserta dan pilihan prodi span ptkin yang dipilih.
  4. Seleksi dilakukan oleh panitia SPAN-PTKIN berdasarkan data nilai dan prestasi masing-masing siswa.
  5. Pengumuman SPAN-PTKIN dapat diakses di laman span-ptkin.ac.id pada 10 April 2020.

Pendaftaran SPAN-PTKIN tidak dipungut biaya apapun alias gratis karena biaya pendaftaran SPAN-PTKIN ditanggung pemerintah. SPAN PTKIN tidak menggunakan AKUN LTMPT ya.

Program Studi dan Jumlah Pilihan

1. Siswa pelamar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati.
2. Siswa pelamar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan (tidak usah bingung dengan passing grade SPAN PTKIN)
4. Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN

Contoh Cetak Kartu SPAN-PTKIN

Penilaian SPAN PTKIN 2020

Bisa dikatakan jika penilaian SPANPTKIN 2020 akan begitu kompleks. Tidak hanya berdasarkan nilai raport semata.

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  • Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasiprestasi akademik lainya.
  • Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah.
  • Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN secara adil, akuntabel, dan transparan.


Jadwal SPAN PTKIN 2020


Baca juga=> Jurusan atau program studi (prodi) SPAN PTKIN
Buat kamu yang tidak didaftarkan pihak sekolah jalur SPAN-PTKIN atau sudah minta sekolah untuk daftarin SPAN-PTKIN tapi tidak ada respon dari sekolah, jangan berkecil hati. Masih ada jalur masuk UIN, IAIN atau STAIN yang bisa kamu ikuti selain SPAN PTKIN. Pun juga jika nantinya tidak lolos SPAN PTKIN 2020, tidak usah bersedih terlalu lama karena masih ada jalur lain yakni UM PTKIN 2020. Mari menjadi #PejuangUMPTKIN2020.

Jurusan UM PTKIN sebenarnya relatif sama dengan SPAN PTKIN. Namun jalur UM PTKIN ini adalah jalur ujian tulis (bukan raport) yang dilakukan dengan mengerjakan soal umptkin. Mulai sekarang bisa mulai mencari penjual buku umptkin 2020 karena soal umptkin memang sangat langka di pasaran.

Jangan cuma berharap pada satu jalur saja, namun juga jalur lain seperti UM PTKIN tersebut sehingga ada cadangan jika seandainya ditolak atau tidak lulus SNMPTN dan SPAN PTKIN. Ingat, jangan berharap SPAN PTKIN, bersiaplah jalur UM PTKIN

Untuk jadwal pendaftaran um ptkin 2020 dibuka setelah pengumuman SPAN PTKIN yakni mulai tanggal 15 April - 1 Juni 2020.
Baca juga=> Soal UMPTKIN 2020
buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Buku UMPTKIN 2020
Mau punya Buku UMPTKIN 2020 dan pembahasan?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:


Selamat Berjuang untuk mendapatkan bangku kuliah di kampus idamanmu!

Semoga bisa tembus salah satu PTKIN, Aamiin...

Semoga bermanfaat dan silahkan di share ke teman-teman kalian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel