Kue Imlek : Persiapan yang Dilakukan Untuk Merayakan Imlek

Tahun baru Imlek merupakan perayaan yang sakral bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Karena di tahun baru ini adalah momen dimana para sanak saudara akan berkumpul bersama menikmati lezatnya kue Imlek. Tak hanya kue saja, di momen ini semua anggota keluarga akan berbagi kado sebagai bentuk rasa terima kasih dan rasa syukur.

Selain hadiah dan makanan, tentu ada hal lain yang harus dipersiapkan. Sebelum hari H tiba, biasanya pemilik rumah akan melakukan berbagai persiapan untuk menyambut datangnya Imlek. Seperti membeli baju baru, mendekorasi rumah dan lainnya. Persiapan ini bertujuan agar ketika hari H tiba, seluruh anggota keluarga bisa menikmati malam Imlek dengan tenang dan intim bersama sanak saudara. 

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Merayakan Imlek

Sederet persiapan pasti dilakukan untuk menyambut datangnya tahun baru Imlek. Bagi Anda yang hendak merayakan Imlek, berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan.

1. Bersih Bersih Rumah

Rumah yang kotor dan berdebu tentu bukanlah kondisi yang bagus untuk menyambut datangnya Imlek. Dua hari sebelum hari H, pastikan Anda membersihkan setiap sudut rumah. Terutama ruang tamu dan teras, karena bagian ini sering dikunjungi oleh tamu. Membersihkan rumah sebelum perayaan Imlek bisa membawa nasib baik, namun jika Anda membersihkan rumah setelah Imlek, maka akan membuang keberuntungan.

2. Mendekorasi Ruangan

Mendekorasi dan mempercantik ruangan ketika Imlek merupakan bentuk semangat dan antusias menyambut tahun yang baru.  Hiaslah berbagai sudut ruangan Anda dengan nuansa merah merona. Warna merah ini merupakan lambang keberuntungan. 
Agar lebih lucu, gantungkan juga bunga sakura di pintu rumah. Untuk menambah kesan Imleknya, pasang pohon angpao di rumah dan ganti sarung bantal sofa dengan warna merah.

3. Makanan Imlek

Kue Imlek dan berbagai jenis makanan harus selalu hadir di meja makan. Bagi masyarakat Tionghoa sendiri, setiap makanan yang disantap memiliki makna filosofis tersendiri. Bahkan cara makannya pun juga ada cara khusus. Beberapa makanan khas Imlek yang harus Anda persiapkan diantaranya:

siu mie | foto: foody.id

  • Mie panjang atau siu mie bisa menjadi menu favorit. Mie ini melambangkan panjang umur dan memakannya harus secara utuh dari satu ujung ke ujung lainya. 
  • Jiaozi adalah sejenis pangsit yang isinya sayuran, babi, dan udang cincang. Makanan ini menyimbolkan kerukunan.
  • Yusheng adalah salah sayuran segar yang terdiri dari lobak, wortel dan juga ikan tuna/salmon. Ada sebuah tradisi, yaitu sebelum makan yusheng, Anda wajib mengaduknya dulu lali diangkat tinggi-tinggi dengan sumpit. Mengangkat sumpit ini menyimbolkan keberuntungan.
  • Kue Keranjang ini adalah kue Imlek yang dibuat setahun sekali ketika perayaan Imlek tiba. Kue ini menyimbolkan kegembiraan dan keuletan dalam bekerja. Teksturnya yang lengket juga menyimbolkan persaudaraan yang erat.

4. Menyiapkan Angpao

Angpao adalah bagian yang paling identik ketika Imlek. Amplop merah ini selalu dinantikan oleh anak-anak karena berisi sejumlah uang. Oleh karena itu, cepatlah berburu angpao dan isi dengan uang. Angpao ini merupakan lambang berbagi rezeki dan orang yang Anda beri angpao akan memberi keberuntungan.

Memang ada banyak yang harus dipersiapkan sebelum menyambut perayaan Imlek. Mulai dari mendekorasi rumah, menyiapkan angpao hingga menyiapkan kue Imlek. Untuk Anda yang ingin membeli perlengkapan untuk Imlek, berbelanja di Bukalapak bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain harganya yang murah, transaksi di Bukalapak juga terjamin mudah dan aman.

0 Response to "Kue Imlek : Persiapan yang Dilakukan Untuk Merayakan Imlek"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel