Tugas Pekerjaan Lowongan Supply Chain

Lowongan supply chain adalah salah satu lowongan yang banyak diincar saat ini. Alasannya adalah karena posisi pekerjaan ini di perusahaan memiliki gaji yang cukup menggiurkan. Alasan lainnya adalah lowongan ini cukup banyak ditawarkan di banyak situs pencarian kerja seperti salah satunya yang merupakan situs pencarian kerja yang khusus menyediakan lowongan pekerjaan di bidang tersebut yakni logistikjobs.id.
Tugas Pekerjaan Lowongan Supply Chain

Namun sebelum anda mendaftarkan diri anda pada lowongan supply chain yang ada, baik melalui logistikjobs.id maupun situs lainnya, anda perlu memahami dulu apa pekerjaan dan tugas dari supply chain. Berikut informasi awal mengenai pekerjaan di bagian supply chain:

Pengertian dari supply yang menjadi bagian dari lowongan supply chain tersebut adalah bahan atau material yang disimpan dan dirawat di gudang perusahaan secara sistematis atau menurut aturan tertentu menurut barang dan material yang disimpan. Penyimpanan dan perawatan tersebut dicatat baik secara manual di buku perusahaan maupun digital sehingga dapat terpantau dengan baik.

Sedangkan untuk pengertian supply chain adalah proses baik bisnis maupun informasi yang berulang (chain: rantai) yang menyediakan produk ataupun jasa dari pemasok melalui proses pembuatan dan distribusi kepada pembeli atau konsumen. Pengertian tersebut dikuatkan dengan pengertian yang disampaikan oleh Indrajit dan juga Djokopranoto yang menjelaskan bahwa supply chain adalah suatu tempat sistem organisasi menyalurkan barang produksi dan jasa kepada para pelanggan.

Dari pengertian tersebut, kita bisa memahami apa tugas dan tanggung jawab untuk pekerjaan yang ditawarkan melalui lowongan supply chain. Mengapa demikian? Tentu saja anda harus memahami tentang pekerjaan yang anda lamar. Bisa jadi HRD juga akan menanyakan hal tersebut, terutama untuk mereka yang merupakan fresh graduate atau belum memiliki pengalaman kerja khususnya dalam pekerjaan di bidang supply chain dan juga logistik.

Berikut tugas-tugas yang nantinya anda akan anda lakukan ketika melamar di lowongan supply chain suatu perusahaan:

1. Memantau Proses Pergerakan Barang

Tugas pertama dari pekerjaan di bidang supply chain adalah memantau pergerakan barang dari waktu tertentu. Pergerakan barang ini adalah pergerakan barang hasil produksi yang masuk melalui gudang yang mana nantinya akan dikeluarkan untuk didistribusikan kepada konsumen atau pelanggan. Tujuan dari pemantauan ini adalah agar barang yang masuk awal nantinya juga akan keluar awal. Apabila tidak barang dapat rusak atau tidak dapat dijual lagi. Oleh karena itulah lowongan supply chain membutuhkan individu yang teliti.

2. Mengatur Pergerakan Material Mentah

Selain bahan jadi atau barang hasil produksi, supply chain juga mengatur bahan mentah yang masuk yang akan dijadikan bahan dasar untuk produksi. Tugas yang akan dikerjakan oleh para pelamar lowongan supply chain ini juga tidak kalah penting dengan poin pertama dan bahkan juga pekerjaan ini akan dilakukan bersamaan sehingga ketelitian sangat dibutuhkan.

3. Mengawasi Rekan Kerja Supply Chain Lainnya

Untuk tugas dari supply chain ini adalah tugas untuk posisi manajer supply chain yang juga banyak ditawarkan di lowongan supply chain logistikjobs.id. mengingat poin pertama dan poin kedua memerlukan koordinasi yang baik, maka dibutuhkan manajer yang mengatur.

4. Planning

Barang yang disimpan di gudang, baik bahan jadi maupun bahan mentah pasti memiliki batas waktu penyimpanan. Oleh karena itulah penting bagi admin supply chain maupun manajer supply chain untuk melakukan planning keluarnya barang tak terkecuali juga masuknya barang.

5. Koordinasi

Selanjutnya yang menjadi tugas dari admin dan juga manajer supply chain adalah melakukan koordinasi. Koordinasi ini penting untuk pelaksanaan tugas poin pertama hingga poin ke lima. Tanpa adanya koordinasi yang baik, maka tugas lainnya tersebut takkan berjalan dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel