Cara Cek Pengumuman PDSS SNMPTN 2019, Apakah Kamu Lolos Pemeringkatan SNMPTN?

Sebelum memutuskan untuk mendaftar jurusan SPAN PTKIN, ada baiknya cek pengumuman PDSS SNMPTN 2019 untuk mengetahui apakah Anda lolos pemeringkatan SNMPTN 2019.

Kapan pengumuman pemeringkatan SNMPTN 2019?

Cara melihat pengumuman pemeringkatan SNMPTN mulai bisa dilakukan mulai 4 Februari 2019 pukul 15:00 WIB. Jika memang Lolos PDSS SNMPTN, bisa langsung memilih jurusan dan kampus mulai 4 Februari 2019 jam 15:00 WIB sampai tanggal 14 Februari 2019. Bagi yang lolos, tidak perlu buru-buru mengisi formulir pendaftaran apalagi kondisi server penuh sering terjadi. Masih ada waktu sekitar 10 hari sejak pengumuman. Lengkapi pendaftaran dengan teliti dan hati-hati. Pikirkan kembali jurusan yang akan kamu ambil. Jangan sampai ada data yang salah dan foto yang bermasalah.
Yang akan diseleksi adalah nilai raport dan prestasi bukan kecepatan mendaftar atau finalisasi.
SNMPTN 2019 sangat tidak disarankan untuk lintas jurusan. Pertimbangkan dengan matang kesempatan ikut SNMPTN yang hanya sekali seumur hidup sebelum memutuskan memilih prodi lintas jurusan karena peluangnya sangat kecil. Tidak ada lagi yang spesial bagi anak IPA yang mengambil IPS dalam SNMPTN 2019. Tapi jika memang sudah bulat dan 'nekat' ingin SNMPTN lintas jurusan, silahkan saja. Keputusan ada di tangan kalian. Jangan sampai salah jurusan kuliah.

Kalau saya boleh saran, bisa ikut SBMPTN 2019 lintas jurusan saja jika ingin lintas jurusan karena peluang lulusnya ditentukan berdasarkan kemampuanmu dalam belajar materi lintas jurusan. Lulus tidaknya SBMPTN lintas jurusan bergantung seberapa bagus nilaimu saat ikut UTBK.
Buat yang anak IPA yang mau lintas jurusan, sudah berapa persen materi IPS yang Anda kuasai? 
Buat anak IPS yang mau lintas jurusan, sudah berapa persen belajar materi IPA?
Pemeringkatan siswa dilakukan  oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:
  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Pemeringkatan dan eligibilitas dilakukan sebagai berikut:
  • Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019.
  • Pemeringkatan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran yg tercantum di laman www.snmptn.ac.id.
  • Eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id
  • Hasil eligibilitas: jumlah siswa yang eligibel untuk mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 orang & jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.

Cara Cek Pengumuman PDSS SNMPTN 2019

Cara Cek Pengumuman PDSS SNMPTN 2019, Apakah Kamu Lolos Pemeringkatan PDSS SNMPTN?
Cara Cek Pengumuman PDSS SNMPTN 2019

  • Cara melihat pengumuman pemeringkatan SNMPTN 2019 dengan membuka website sbmptn resmi yakni https://web.snmptn.ac.id/ untuk login siswa SNMPTN 2019. 
  • Masukkan masukkan NISN dan password Anda. Password yang dimasukkan adalah password yang sama dengan password sistem PDSS. Bagi yang belum mendapatkan password silakan meminta kepada pihak sekolah.
cara melihat pengumuman cek pemeringkatan pdss snmptn 2019 apakah lulus PDSS SNMPTN 2019
Contoh Pengumuman Tidak Lolos dan Lolos Pemeringkatan PDSS SNMPTN 2019. Bagi yang lolos, silahkan melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN 2019 mulai tanggal 4 Februari sampai 14 Februari 2019. Tetap semangat ya bagi yang tidak lolos pdss.

Buat yang bertanya: kenapa hasil pengumuman pemeringkatan SNMPTN beda padahal sudah cek dengan web sama web.snmptn.ac.id?

Jika Anda mengecek pengumuman pada tanggal 4 Februari 2019 pagi hari kemungkinan Tim IT SNMPTN masih belum siap dalam data database yang lolos dan tidak lolos, sehingga banyak yang siswa dapat hijau bahkan satu sekolah dapat hijau semua. Tapi setelah cek lagi sekitar Pukul 12.00 WIB, website SNMPTN sudah selesai diperbaiki sehingga muncul pengumuman tidak lolos PDSS yang ditandai dengan tulisan merah bagi yang tidak lolos pemeringkatan.

Bagi yang ragu atau masih tidak percaya, bisa cek kembali pengumuman PDSS SNMPTN dengan membuka web.snmptn.ac.id saja.

Jika muncul tulisan merah "Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2019. Silakan mengitu SNMPTN 2019" itu tandanya Anda tidak Lulus PDSS SNMPTN 2019.
cara melihat pengumuman pemeringkatan snmptn, cara cek pengumuman pdss snmptn
Tampilan Lolos Pemeringkatan dan Tidak Lolos Pemeringkatan setelah dibuka pendaftaran SNMPTN 2019.

Sekadar mengingatkan jika ini masih pengumuman pemeringkatan SNMPTN di tingkat sekolah. Seleksi sesungguhnya baru akan dimulai karena sainganmu bukan lagi teman satu sekolah tapi se-Indonesia.

Jika nanti saat cek pengumuman SNMPTN 2019 pada tanggal 23 Maret 2019 ternyata dinyatakan lolos snmptn, baru Anda boleh senang. Siswa yang sudah Lulus SNMPTN otomatis tidak bisa ikut SBMPTN sehingga jangan sampai tidak diambil jika sudah lolos SNMPTN.


Proses Pendaftaran SNMPTN 2019:

  1. Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). 
  3. Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami “seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan”.
  4. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  5. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
pendaftaran snmptn setelah lolos pengumuman pemeringkatan pdss
Tampilan Pendaftaran SNMPTN 2019 setelah Lolos PDSS
Bagi yang sudah login tapi muncul tulisan "login siswa ditolak" mungkin karena pengumuman PDSS SNMPTN belum dibuka. Atau coba teliti periksa NISN dan passwordnya barangkali salah memasukkan password. Coba pakai password baru, jika tidak bisa ganti dengan password lama. Bukan berarti tidak lolos mungkin karena pengumuman belum dibuka. Pengumuman Pemeringkatan PDSS SNMPTN 2019 dibuka mulai 4 Februari 2019 mulai pukul 15:00 WIB.
Jika kesulitan membuka web.snmptn.ac.id karena server down, mohon bersabar dan cek secara berkala atau tengah malam. Harap maklum karena banyak yang akses secara bersamaan.
Jika tidak lulus pemeringkatan SNMPTN, berarti menandakan Anda harus berjuang di jalur lain, salah satunya SBMPTN. Untuk bisa mendaftar SBMPTN 2019, Anda harus ikut UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) agar punya nilai. Nilai hasil UTBK itulah yang akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2019. 

Jadi sistem SBMPTN tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya. SBMPTN 2019 terlebih dulu melakukan ujian (UTBK), memperoleh nilai, baru kemudian mendaftar ke kampus menggunakan nilai UTBK.
Baca juga=> Pengalaman Lolos SBMPTN Lintas Jurusan
Sebenarnya ada banyak jalur masuk kampus Selain SNMPTN yang bisa kamu coba, tidak hanya SBMPTN tapi juga ada jalur SPAN PTKIN, UM PTKIN, Sipenmaru Poltekkes, Sekolah Kedinasan, PMDK & UMPN, Jalur Mandiri dan jalur-jalur masuk kampus lainnya. Jadilah siswa yang aktif mencari informasi sendiri dengan tidak hanya bergantung pada sekolah.
Baca juga=> Bersyukur Tidak Lolos Pemeringkatan PDSS SNMPTN
Terus semangat apapun hasil pengumuman pemeringkatan SNMPTN 2019 yang Anda dapatkan. Bagi yang lulus pemeringkatan, jangan bangga karena masih akan diseleksi lagi. Bagi tidak lulus pemeringkatan, jangan bersedih karena "perang" melawan soal ujian tulis telah dimulai. Jangan lupa mulai mencari informasi jadwal pendaftaran jalur lain sebagai alternatif atau cadangan seandainya ditolak satu jalur.
Klik juga=> 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut UM PTKIN 2019? Apa saja...
Jika penasaran apa itu jalur UM PTKIN dan kapan jadwal pendaftaran UM PTKIN, silakan tonton video berikut ini:

Jangan lupa like facebook dibawah ini untuk dapat info terbaru:

SNMPTN bukan akhir segalanya.
Jangan takut gagal.
Takutlah untuk tidak mau mencoba jalur lain.

0 Response to "Cara Cek Pengumuman PDSS SNMPTN 2019, Apakah Kamu Lolos Pemeringkatan SNMPTN?"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel