Soal Ujian Mandiri UIN SUKA (Sunan Kalijaga) Jogja Persiapan 2020

Soal Ujian Mandiri UIN SUKA 2020 - Meskipun Anda sudah pernah tidak lulus SNMPTN bukan berarti kesempatan untuk mengenyam bangku perkuliahan pupus. Masih ada kesempatan terakhir yang bisa dimaksimalkan yakni melalui ujian mandiri atau juga sering disebut SPMB Mandiri UIN Sunan Kalijaga 2020.

Setiap universitas atau kampus memiliki jadwal seleksi ujian mandiri 2020 yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pada artikel ini hanya fokus pada jadwal pendaftaran mandiri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2020.

Pada dasarnya jalur masuk UIN itu ada 5 jalur yaitu:
  1. SNMPTN
  2. SBMPTN
  3. SPAN PTKIN
  4. UM PTKIN
  5. Ujian Mandiri
Ujian mandiri bisa dibilang jalur terakhir yang bisa ditempuh jika sampai saat ini belum dinyatakan lulus tes jalur sebelumnya.

Baca juga: Jurusan UM PTKIN 2020

JALUR UJIAN MANDIRI UIN SUKA

Kebijakan seleksi ujian mandiri tiap kampus berbeda-beda. Seleksi Mandiri merupakan pola seleksi yang diselenggarakan langsung oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk semua program studi baik umum maupun agama. Pada ujian mandiri UIN SUKA dibagi 4 (empat) jenis seleksi, yaitu:

Computer-Based Test (CBT)

Jalur Mandiri CBT merupakan seleksi dengan pola ujian menggunakan komputer. Calon mahasiswa datang langsung ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan melakukan tes dengan komputer yang telah disediakan. Pengumuman hasil tes diumumkan secara online sesuai jadwal seleksi CBT.


Paper-Based Test (PBT)

Jalur Mandiri PBT merupakan seleksi dengan pola ujian tertulis. Pada jalur Mandiri PBT ini terdapat program Mandiri Khusus Difabel untuk calon mahasiswa baru difabel. calon mahasiswa normal juga bisa ikut seleksi jalur mandiri PBT ini.


Prestasi

Jalur Mandiri Prestasi diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mempunyai keahlian dan prestasi hafal Alquran minimal 26 juz, juara qari (juara 1-5 nasional, juara 1-3 provinsi, juara 1 kabupaten), juara 1, 2, dan 3  Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dan  Prestasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh kementerian melalui verifikasi langsung.


Portofolio

Jalur Mandiri Portofolio merupakan seleksi berkas akademik dan pendukung akademik untuk calon mahasiswa baru luar negeri yang telah lulus setara dengan pendidikan menengah.

Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Suka 2020 dilakukan secara online http://admisi.uin-suka.ac.id


Kelompok Ujian Mandiri UIN SUKA (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Program studi dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok Sains dan kelompok Isoshum (Islam, Sosial dan Humaniora).

  • Peserta seleksi PBT, Prestasi, dan Portofolio dapat memilih 2 (dua) pilihan program studi dalam satu fakultas atau 2 (dua) program studi pada fakultas yang berbeda.
  • Peserta Seleksi CBT hanya dapat memilih 1 (satu) pilihan program studi prioritas.
  • Jika program studi yang dipilih dari kelompok Sains, peserta mengikuti kelompok ujian CBT/PBT IPA.
  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Isoshum, peserta mengikuti kelompok ujian CBT/PBT IPS
  • Peserta dari jurusan sekolah IPA dapat memilih program studi kelompok Sains dan Isoshum (bisa lintas jurusan ke Isoshum), sedangkan jurusan sekolah non IPA hanya dapat memilih program studi kelompok Isoshum.
  • Calon mahasiswa baru difabel dapat menghubungi Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk konsultasi  pilihan program studi.



Materi Ujian Mandiri UIN SUKA (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Panitia memberikan gambaran materi ujian mandiri uin sunan kalijaga yogyakarta sebagai berikut:

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Dirasah Islamiyah (DI) terdiri atas Al-Quran dan Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tauhid, Akhlak, Fikih.
  • Tes Bahasa terdiri atas bahasa Arab dan bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar IPA (TKD IPA) terdiri atas Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar IPS (TKD IPS) terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.
soal ujian mandiri UIN SUKA jogja (Sunan Kalijaga Yogyakarta) Soal Seleksi Mandiri UIN SUKA (Sunan Kalijaga) Yogyakarta  soal ujian mandiri uin suka jogja tes mandiri uin suka jogja soal mandiri uin suka jogja seleksi mandiri uin suka yogyakarta jalur mandiri uin sunan kalijaga yogyakarta daftar mandiri uin sunan kalijaga soal mandiri uin sunan kalijaga yogyakarta contoh soal spmb mandiri download soal ujian mandiri uin suka biaya jalur mandiri uin suka
Soal Seleksi Mandiri UIN SUKA (Sunan Kalijaga) Yogyakarta

Soal Ujian Mandiri UIN, IAIN, STAIN 2020 terbaru klik => soal 2020



JADWAL PENDAFTARAN UJIAN MANDIRI UIN SUKA 2020

Jadwal pendaftaran ujian UIN sunan kalijaga 2020 sebagai berikut:

Pendaftaran Jalur Mandiri secara online http://admisi.uin-suka.ac.id

Dalam menghadapi seleksi jalur mandiri UIN Sunan Kalijaga 2020 tidak mungkin tanpa persiapan.  Ingat, ini jalur masuk UIN yang terakhir. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ikut ujian mandiri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2020.

Buat kamu yang bingung harus belajar dari mana karena tidak tersedia kisi kisi ujian mandiri UIN SUKA secara resmi dari panitia bisa mulai belajar contoh soal ujian mandiri uin, soal ujian mandiri iain, soal ujian mandiri stain.

Sebenarnya jika mengikuti ujian mandiri UIN SUKA akan mendapatkan empat naskah soal meliputi Tes Dirasah Islamiyah, Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Arab dan Inggris, dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) bisa IPS, IPA atau Campuran. Berikut ini Anda bisa download soal ujian mandiri UIN SUKA 2018 pdf (contoh soal pbt uin suka) bagian naskah tes soal dirasat islamiyah sebagai tambahan bahan belajar meskipun tidak disertai pembahasan: contoh soal ujian mandiri uin suka pbt.


Mohon maaf hanya bisa share soal ujian mandiri UIN SUKA 2018 pdf saja meskipun tanpa pembahasan. Untuk Soal Ujian Mandiri UIN Jakarta, Soal Ujian Mandiri UIN Alauddin Makkasar, Soal Ujian Mandiri UIN Malang, Soal Ujian Mandiri UINSA Surabaya, Soal Ujian Mandiri UIN Sunan Gunung Djati, Soal Ujian Mandiri UIN Walisongo, jalur mandiri iain surakarta, iain bukittinggi, iain tulungagung, iain kediri dan PTKIN lain saya belum menemukan berkas aslinya.


Buku Mandiri UIN, IAIN, STAIN 2019 untuk jalur Mandiri PTKIN se-Indonesia
Silahkan klik gambar whatsapp dibawah ini:


Namun, tidak perlu khawatir karena telah ada buku ujian mandiri UIN / IAIN / STAIN se-Indonesia yang isinya kumpulan soal-soal mandiri terdiri dari contoh soal ujian mandiri tahu sebelumnya dan prediksi 2020 dilengkapi pembahasan yang sudah disusun berdasarkan kisi kisi ujian mandiri. Cocok sekali untuk persiapan seleksi mandiri seluruh PTKIN di Indonesia.

Klik juga: Buku Soal Ujian Mandiri UIN / IAIN / STAIN

ujian mandiri uin iain stain ips ipa ipc 2019 pendaftaran soal pembahasan download
Buku Ujian Mandiri UIN / IAIN / STAIN 2019

Mau Punya Buku Ujian Mandiri UIN / IAIN / STAIN?
Pesan Sekarang juga!
STOK Terbatas & PROMO Gratis Ongkir
Silahkan klik gambar whatsapp dibawah ini:

Soal Mandiri UIN, IAIN, STAIN 2020 terbaru klik => soal 2020


Sekian artikel download soal ujian mandiri UIN SUKA 2018 pdf. Meskipun tidak lengkap semoga sedikit bisa membantu persiapan tes mandiri UIN SUKA 2020. Ingat, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha dan jangan lupa berdoa karena usaha tanpa doa adalah sia-sia. Sukses selalu untuk ikut daftar mandiri uin sunan kalijaga 2020 semoga menjadi mahasiswa baru UIN JOGJA 2020!

1 Response to "Soal Ujian Mandiri UIN SUKA (Sunan Kalijaga) Jogja Persiapan 2020"

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel