Hal yang sering ditanyakan ketika SPAN PTKIN 2024 - PAGUNPOST -->

Hal yang sering ditanyakan ketika SPAN PTKIN 2024

Bagi yang mempunyai kebingungan tentang SPAN PTKIN 2024, ada baiknya menyimak beberapa pertanyaan yang sering ditayakan dan jawabannya. Semoga bisa menjawab kebingunganmu dengan tuntas.

Bagaimana Peluang Lulus SPAN PTKIN? Ada banyak faktor yang menentukan kelulusan. 

Nilai rapor kan sudah tidak bisa diubah. Sehingga tidak perlu bingung mencari rata-rata nilai rapor span-ptkin yang minimal diterima.

Yang paling penting adalah sudah yakin dengan jurusan dan kampus.

Mau gabung grup wa?

Sebelum finalisasi span-ptkin pastikan sudah benar jurusan dan urutannya.

Masalah lulus atau tidak lulus span ptkin, panitia/kampus yang akan menyeleksi. 

Sambil menunggu pengumuman hasil span ptkin, persiapan jalur lain sebagai cadangan jika tidak lolos SPAN PTKIN & SNBP. 

Kamu bisa ikut SNBT, UMPTKIN, Ujian Mandiri dan sebagainya. 

Jangan berharap satu jalur saja. Karena kemungkinan ditolak itu ada

Jangan hanya diam nunggu pengumuman SPAN PTKIN, persiapkan jalur lain seperti SNBT / UMPTKIN dari sekarang.


Kampus yang bisa dipilih ada UIN, IAIN, STAIN dan UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang).

Beberapa UIN juga membuka pendaftaran jalur SNBP dan SNBT untuk jurusan yang bersifat umum seperti Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, dan lainnya.

Sedangkan untuk SPAN PTKIN dan UMPTKIN mayoritas untuk jurusan bersifat Keislaman/Keguruan dan beberapa ada juga jurusan IPA meskipun tidak banyak.

Jadwal SPAN PTKIN 2024

  • Pengisian PDSS (sekolah) : 22 Januari - 5 Feb 2024
  • Verifikasi PDSS (sekolah) : 22 Januari - 5 Feb 2024
  • Pendaftaran (siswa) : 12 Februari - 15 Maret 2024
  • Pengumuman SPAN PTKIN : 02 April 2024
  • Pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi ditetapkan di masing-masing PTKIN

Maksud dari Pengisian dan Verifikasi PDSS adalah pihak sekolah memasukkan data sekolah dan data siswa yang akan ikut span-ptkin.

Setelah itu, maka siswa bisa melakukan pendaftaran.

Jadi sekolah harus mengisi dan verifikasi PDSS dahulu. Ingatkan pihak sekolah agar mengisi dan verifikasi PDSS SPAN-PTKIN sebelum lewat batas. 

PDSS SNBP beda dengan PDSS SPAN-PTKIN sehingga pihak sekolah perlu mengisi lagi.

Mau gabung grup wa?


SPAN PTKIN bukan untuk beasiswa tapi hanya jalur masuk kuliahnya

Jika ingin dapat beasiswa silahkan coba daftar beasiswa seperti KIP Kuliah, beasiswa baznas, beasiswa tahfidz, dan sebagainya. Rajin-rajin nyari informasi beasiswa di website kampus, media sosial atau di google. 

Isi pendaftaran SPAN PTKIN dengan teliti. 

Jangan sampai salah data, salah jurusan, ketahui betul prospek kerja, akreditasi, mata kuliahnya, tugasnya, atau aspek lainnya.
foto span ptkin tidak tampil
  • Kenapa kartu peserta SPAN PTKIN tidak bisa dibuka/download? Jawabannya: Pastikan di hp/ laptop terdapat aplikasi PDF atau semacamnya. Atau jika di hp kartu ujian tidak muncul, bisa coba dari laptop.
  • Kenapa foto kartu span ptkin tidak muncul? Jawaban : jika kartu span ptkin tidak muncul foto kemungkinan salah format foto harusnya format JPG dan pastikan rasio fotonya 3 x 4. Silahkan ubah PNG ke JPG dulu setelah itu bisa diupload lagi fotonya. Tetap bisa ganti foto kok meski sudah finalisasi. Ukuran foto dibawah 500kb ya.
  • Latar belakang atau background foto merah. Kalau telanjur biru? Foto bisa diganti dan upload ulang. Bisa diganti walaupun sudah finalisasi.
  • Jika sudah terlanjur finalisasi, tapi file rapor lupa/salah diupload? Setelah finalisasi masih dapat diubah/diupload foto rapor. Pastikan format rapor pdf dengan ukuran dibawah 500kb. Silakan login dan upload ulang.
  • Saya sudah ikut SNBP, apakah boleh ikut SPAN-PTKIN juga? Jawabannya: Boleh ikut SNBP dan span ptkin selama diizinkan sekolah, silakan mendaftar SNBP dan SPAN PTKIN sekaligus. Namun, tergantung kebijakan masing-masing sekolah. Cek Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN.
Mau gabung grup wa?

  • Apakah HANYA siswa yang eligible yang boleh mendaftar SPAN-PTKIN? Jawabannya: semua siswa dalam satu sekolah boleh mendaftar semua. Tidak dibatasi kuotanya. Yang penting bijak dan bertanggungjawab dalam mendaftar serta memilih jurusan. Bagi yang mau daftar, tolong pikirkan dengan matang jurusan yang mau diambil. Jangan sampai sudah diterima tapi tidak diambil hanya karena tidak suka dengan jurusan yang dipilihnya sendiri. Jika memang benar-benar tidak minat dengan jurusan SPAN PTKIN ya mungkin tidak perlu ikut daftar sekalian dari awal.

  • Jika saya ikut SNBP dan SPAN-PTKIN bersamaan, bagaimana jika lolos kedua jalur tersebut? Jawabannya: Mau tidak mau harus pilih salah satu, kan? # Jika ambil SNBP dan tidak daftar ulang span-ptkin maka sanksi untuk pihak sekolah tergatung kebijakan PTKIN (bisa ada/tidak).  # Jika ambil SPAN-PTKIN dan tidak daftar ulang SNBP maka tidak bisa ikut SNBT (karena jika lulus SNBP tidak bisa ikut SNBT) dan kemungkinan juga berdampak ke adik kelas untuk jalur SNBP. Menurut saya, pilih SNBP jika lulus dua-duanya selama kamu cocok dengan jurusan dan kampusnya. atau jika antara SNBP dan SPAN-PTKIN kamu lebih condong ke SPAN-PTKIN maka mending dari awal tidak ikut SNBP.

  • Apakah jika lulus SPAN PTKIN bisa ikut SNBT? Bisa jika pendaftaran SNBT masih dibuka. 
  • Apa SPAN-PTKIN ada sistem blacklist jika lulus tapi tidak diambil/daftar ulang? Jawabannya: Sanksi untuk pihak sekolah tergantung masing-masing PTKIN. Pihak kampus yang menentukan apakah memberikan sanksi blacklist atau tidak. Saran saya, jika dari awal memang tidak berniat ikut SPAN PTKIN yaa lebih baik tidak perlu ikut saja, berikan kesempatan untuk peserta lain yang serius ikut SPAN PTKIN. Bukan asal coba-coba.

Mau gabung grup wa?

  • Apakah kartu peserta SPAN PTKIN wajib dicetak? Jawabannya: Wajib sebagai bukti peserta dan ditunjukkan saat daftar ulang jika lolos nantinya. Ukuran kertasnya bebas, bisa memakai kertas yg umum dipakai yaitu kertas A4. Tidak perlu dilaminating apalagi dikasih pigora. 
  • Lulusan tahun 2023 (alumni/gapyear) apa bisa ikut SPAN-PTKIN? Jawabannya: Tidak bisa, SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi kelas 12. Untuk alumni 2022 & 2023 masih bisa ikut UM PTKIN 2024.
  • Ketika finalisasi disuruh mengisi semacam survei salah satunya tentang "informasi apa yang siswa butuhkan dari span ptkin", nah beberapa siswa mungkin bingung mau ngisi apa, kan? itu sebenarnya tergantung masing-masing siswa mau butuh informasi apa dari span ptkin. Misal data jumlah pendaftar  / peminat span-ptkin tiap jurusan, atau tingkat keketatan span ptkin (jumlah yang diterima dibanding jumlah pendaftar) atau informasi lain yang sekiranya kamu butuhkan dalam mendaftar span-ptkin. Intinya panitia minta semacam saran dari kamu.
  • Selanjutnya survei tentang "saran perbaikan untuk span ptkin" nah kadang siswa juga bingung mau diisi apa, kan? Kembali lagi ke pengalaman masing-masing peserta ketika kamu mendaftar span-ptkin. Misalnya, saran tentang website, saran tentang admin WA span-ptkin/helpdesk umptkin, atau saran lain untuk evaluasi panitia span ptkin. Harapannya panitia span-ptkin tahun berikutnya lebih baik lagi dan maksimal. 
  • Nomor KTP (NIK) diisi apa padahal belum punya KTP? Jawabannya: Jika tidak punya KTP maka bisa cek NIK di Kartu Keluarga disamping persis namamu. Yang dibutuhkan hanya NIK-nya saja jadi meskipun belum punya KTP, masih sudah punya NIK yang ada di KARTU KELUARGA.

  • Bagaimana peluang lulus span-ptkin? Jawaban: Peluang lulus span-ptkin sebenarnya ada banyak faktor. Yang penting, kamu nilai rapormu benar dan upload sertifikat/juara jika ada. Finalisasi dan cetak kartu span ptkin. Setelah itu, berdoa dan biarkan panitia/kampus yang menyeleksi. Jangan hanya berharap satu jalur span-ptkin saja ya. Persiapkan jalur lain agar sudah siap ikut tes jalur lain jika ditolak span seperti snbt, umptkin atau jalur lain. klik --> Gratis Latihan Soal UMPTKIN

  • Kenapa jurusan umum (kedokteran, psikologi dan sebagainya) UIN tidak ada di SPAN PTKIN? Jawabannya: jurusan umum UIN biasanya dibuka di jalur SNMPTN (SNBP), SBMPTN (SNBT), Mandiri. Sedangkan Jurusan SPAN PTKIN & Jurusan UM PTKIN mayoritas berbau keagamaan, pendidikan dan kombinasi dengan umum. Namun, ada beberapa UIN yang membuka jurusan umum di SPAN PTKIN dan UM PTKIN, seperti UIN Alauddin Makassar dan beberapa PTKIN lainnya.
  • Apakah SPAN PTKIN harus lulus pemeringkatan SPAN PTKIN? Jawaban: Tidak ada, SPAN PTKIN tidak pembatasan/tidak ada eligible. Semua boleh mendaftar dan langsung memilih jurusan dan kampus asalkan pihak sekolah sudah mengisi PDSS. Jadi dari sekolah harus isi PDSS dulu, kemudian siswa login untuk melanjutkan pendaftaran.
  • Berapa rata-rata nilai rapor SPAN-PTKIN? Jawaban: Panitia tidak mengumumkan nilai rapot yang lulus span-ptkin. Pendaftar tiap tahun beda sehingga nilai rapor saingannya juga beda. Intinya, yang lolos span-ptkin adalah yang punya penilaian lebih bagus dibanding peserta yang memilih jurusan dan kampus sama. Jadi sainganmu adalah orang yang pilih jurusan dan kampus yang sama denganmu. 

Kenapa ada yang nilai raportnya bagus belum tentu lulus span-ptkin?

Mau gabung grup wa?

Nilai raport bukan satu-satunya penilaian span-ptkin.

Ada faktor lain dalam penialian span-ptkin.

Jadi, saran saya tidak usah berharap banyak dengan jalur raport alias SPAN PTKIN ini.

Anggap saja bonus atau bahkan tidak lulus sekalian agar fokus ke persiapan jalur lain sebagai cadangan sehingga sudah siap ketika memang benar tidak lulus. 


  • Bagaimana cara melihat pengumuman SPAN PTKIN? Bisa cek di web https://pengumuman.span-ptkin.ac.id/ sesuai jadwal pengumuman.
  • Bisakah Prodi SPAN PTKIN hanya memilih 1 PTKIN saja? Jawabannya: pada website, peserta wajib memilih 2 PTKIN dan masing-masing PTKIN 2 prodi. Jadi, total ada 4 prodi yang akan kamu pilih. 
  • Apakah bisa lintas jurusan SPAN PTKIN? Jawaban: boleh.
  • Nilai rapot SPAN PTKIN yang digunakan pengetahuan atau keterampilan? Jawaban: Nilai yang diinput adalah nilai pengetahuan saja.

  • Saya sudah LULUS SPAN-PTKIN, apa masih boleh daftar UM-PTKIN? Jawabannya: Boleh, silakan mendaftar UM PTKIN karena tidak ada larangan. Seharusnya meskipun sudah LULUS SPAN-PTKIN tetap bisa ikut UMPTKIN. Tapi pertanyaannya, kenapa kamu tidak ambil SPAN PTKIN? Tidak minat dengan jurusannya? Bagi yang belum finalisasi span-ptkin, ada baiknya yakin dengan prodi span ptkin sebelum finalisasi. Perlu diketahui jika jurusan SPAN PTKIN sama dengan jurusan di UMPTKIN. Pilihan prodinya sama. Rata-rata berbau Keislaman dan beberapa pendidikan. Hanya beda kuota yang diterima.

Jangan hanya nunggu pengumuman SPAN PTKIN, persiapkan jalur lain seperti SBMPTN / UMPTKIN dari sekarang.




Demikian Hal yang sering ditanyakan tentang SPAN PTKIN dan Jawabannya. Semoga bermanfaat.

Info diatas bisa berubah-ubah dan bisa saja salah. Silahkan hubungi panitia saja agar mendapatkan jawaban yang lebih jelas dan pasti.
span-ptkin.ac.id/

Tanya Jawab tentang SPAN PTKIN

Mau gabung grup wa?

204 Responses to "Hal yang sering ditanyakan ketika SPAN PTKIN 2024"

  1. Bagaimana cetak kartu peserta tetapi sudah melakukan finalisasi sebelumnya,,soalnya pas sayaa mau cetak lagi kartu peserta dinyatakan tidak memuat berkas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kartu apa? coba download di laptop mungkin hpmu tidak ada apalikasi pdf

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum.sya sudah mencetak kartu pendaftaran sebelumnya, namun saya kehilangan kartu tersebut. Padahal saya telah dinyatakan lolos span ptkin. Dan kartu pendaftaran tersebut merupakan salah satu syarat pendaftaran ulang. Apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  3. Bisa tidak mengajukan KJMU jika sudah dinyatakan diterima di IAIN misalnya IAIN PURWOKERTO?

    BalasHapus
  4. Saya sudah mendaftar umptkin, namun saya kehilangan kartu ujian dan bukti pendaftarannya. Lalu apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
  5. Kalo misal lupa kata sandi bagaimana ya? Izin arahan

    BalasHapus
  6. Apakah bisa ikut SBMPTN tapi sudah lulus SPAN PTKIN? Dan jika lulus SBMPTN dan ingin mengambil SBM saja bagaimana?

    BalasHapus
  7. Saya lulus span ptkin, tapi saya tidak dafar ulang, karna jurusan yang saya ambil salah, apakah bisa dafar mandiri nya?

    BalasHapus
  8. Apakah sertifikat lomba olimpiade masuk semifinal bisa membantu?

    BalasHapus
    Balasan

    1. kecil pengaruhnya, kalau ada juara lebih baik. dan saran saya, mending tidak berharap jalur span ptkin atau snmptn. jalur rapot itu misterius. LEBIH BAIK mulai persiapan jalur ujian tulis kayak sbmptn atau UMPTKIN. belajarlah dari sekarang... anggap aja udah tidak lulus SPAN atau SNM

      Hapus
  9. kecil pengaruhnya, kalau ada juara lebih baik.

    dan saran saya, mending tidak berharap jalur span ptkin atau snmptn. jalur rapot itu misterius.

    LEBIH BAIK mulai persiapan jalur ujian tulis kayak sbmptn atau UMPTKIN. belajarlah dari sekarang... anggap aja udah tidak lulus SPAN atau SNM

    BalasHapus
  10. Aku gak punya sertifikat. Apa bisa lulus span kak?

    BalasHapus
  11. Kak apa Bidikmisi cuma bisa diperoleh jika kita lulus SPAN PTKIN saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus bidikmisinya buat apa kalau tidak lulus kuliah?

      Hapus
    2. Kak teman saya sudah melakukan finalisasi, dan ternyata nilai raport nya slaah kak, apakah bisa diubah kam??

      Hapus
    3. kalau sudah finalisasi setahu saya tidak bisa diubah, lain kali lebih hati-hati yaa

      Hapus
  12. Assalamualaikum kak, kapan dibuka server pendaftarannya???
    Sekalian boleh minta no wa nya kk,mksh kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sudah mulai pengisian PDSS SPAN PTKIN 2020...

      untuk pendaftaran pilih jurusan baru 3 februari.. tapi wajib isi PDSS dulu ya

      Hapus
  13. Kenapa nggak boleh ambil 1 ptkin saja?
    Saya dapat izin dari ortu hanya di 1 ptkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari panitia span ptkin memang wajib 2 ptkin dg 2 jurusan..jadi total 4 pilihan..

      coba aja nanti pas pendaftaran pilih 1 ptkin bisa tidak? kalau bisa ya Alhamdulillah

      Hapus
  14. Balasan
    1. Span ptkin tidak melarang lintas jurusan, tapi peluangnya mungkin sedikit lebih kecil... tapi coba saja kalau memang minatnya lintas jurusan span ptkin

      Hapus
  15. Kalau rekam jejak sekolah di PTKIN tidak ada alumni sama sekali bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah, coba saja... rekam jejak sekolah seperti tidak terlalu signifikan

      Hapus
  16. Apakah peluang lulus siswa SMA dengan MA itu sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kok peluangnya,, ada juga ada SMA yang lulus SPAN PTKIN. tergantung nilai dan rekam jejak sekolah... tapi mungkin panitia punya penilaian sendiri tetang SMA atau MA. Yang jelas, kalau minat DAFTAR saja tanpa perlu membandingkan peluang SMA dan MA yaa

      Hapus
  17. bagaimana solusinya, siswa kami melebihi kuota?
    bagaimana menambah kuotanya, karena kami sudah selesai input data dan nilai siswa tinggal finalisasi? mohon bantuannya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuota siswa yang mendaftar span ptkin? hubungi panitia span ptkin kalau itu (Hanya Untuk Telepon)
      IM3: 0857 9416 8758
      Simpati: 0813 9527 5578
      XL: 0819 0659 6668
      3: 0896 8160 7848

      (Untuk SMS dan Whatsapp)
      0813 9504 0592
      0813 9504 0593
      0813 9504 0594

      Hapus
  18. Saya anak ipa apakah di span ptkin saya bisa mengambil jurusan pai

    BalasHapus
  19. Disekolah saya ada 2 org yg sama sama ngambil jalur span-ptkin kebetulan ambil Ptkin dan prodi yang sama, mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prodi yg saya ambil pendidikan bahasa Arab di uin Suska Riau kebetulan teman saya juga ngambil pendidikan bahasa arab di uin Suska Riau,kami berasal dari sekolah yg sama, apakah jalur span-ptkin ini peluang lolos hanya satu org dri kami atau kedua duanya memiliki peluang lolos ?

      Hapus
    2. wah kurang tau kalau peluang lulus... insyaAllah semua berpeluang lulus.. tapi bisa saja lulus salah satu... atau tidak lulus semuanya..

      Hapus
  20. Ada ketentuan anak ipa harus mengambil jurusan yang berhubungan (cth: tadris ipa) atau bebas bisa ambil soshum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti bebas, bisa lintas jurusan.. tapi peluangnya tentu agak lebih kecil dibanding mereka yang mengambil jurusan sama dengan jurusan SMA.

      Hapus
  21. Nama saya kurang satu huruf dalam span ptkin. Kalau dilanjutkan apa ada dampaknya kak? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi panitia span ptkin

      (Hanya Untuk Telepon)
      IM3: 0857 9416 8758
      Simpati: 0813 9527 5578
      XL: 0819 0659 6668
      3: 0896 8160 7848

      (Untuk SMS dan Whatsapp)
      0813 9504 0592
      0813 9504 0593
      0813 9504 0594

      Hapus
    2. Jika ada pertanyaan seputar Span PTKIN 2020 bisa hubungi panitia span ptkin 2020:



      Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd. (WA 081322288706) atau Asep Indra Syahyadi, M.Kom (WA:081390593520) bisa juga lewat email info@span-ptkin.ac.id atau info-umptkin.ac.id

      Hapus
  22. Saya sudah mendownload kartu peserta tapi kenapa setelah pemberitahuan bahwa download selesai filenya tidak bisa dibuka?? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. bisa kakk, yang lain bisa unggah foto span ptkin
      sebaiknya daftar span ptkin pakai laptop saja.. kadang di HP agak lemot

      Hapus
  24. Bagaimana jika ayah sudah meninggal dan ibu tidak ada penghasilan, dalam form isian diisi apa ya?

    BalasHapus
  25. Kak saya sudah mendownload kartune, sudah berhasil. Tapi kalo dibuka di wps office kenapa ngga bisa ya? Harus menggunakan aplikasi apa kak?

    BalasHapus
  26. Saya bingung karna hanya diperbolehkan memilih 1 ptkin saja . Takutnya klo milih 2 . Terus keterimanya di ptkin yang jauh terus tidak di ambil itu sanksinya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bikin surat pengunduran diri saja kak... kalau memang terpaksa jauh..

      Hapus
  27. Misalkan saya lulus di kampus yang domisilinya jauh dari tempat saya tinggal apakah saya bisa membatalkan pendaftaran di kampus tersebut....

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah yang dekat cuma satu?
      yang deket taruh di pilihan 1 aja kalau begitu, karena biar kemungkinan bisa lulusnya di pilihan 1.. urutan yang diseleksi dari PTKIN 1 dulu

      Hapus
  28. Maaf kak sebelumnya mau tanya seputar span-ptkin. Saya daftar melalui jalur bidikmisi ada persyaratan surat keterangan lulus dari kepsek sama FC ijasah &nilai ujian Nasional yang dilegalisir oleh kepsek sedangkan saya belum lulus mah proses mau ujian, itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bidikmisi kampus mana? apakah pendaftaran bidikmisi sudah dibuka?

      Hapus
  29. kalau sekolah salah memasukan nama siswa bagaimana cara memperbaikinya sementara data siswa telah di finalisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah finalisasi sepertinya tidak bisa diubah, silahkan hubungi admin span ptkin coba span-ptkin.ac.id

      Hapus
    2. Jika ada pertanyaan seputar Span PTKIN 2020 bisa hubungi panitia span ptkin 2020:



      Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd. (WA 081322288706) atau Asep Indra Syahyadi, M.Kom (WA:081390593520) bisa juga lewat email info@span-ptkin.ac.id atau info-umptkin.ac.id

      Hapus
  30. ka, kalau sudah ketterima di salah satu univ. saya boleh pindah jurusan ga, dari yg sebelumnya saya pilih di jurusan yang ada di SPAN PTKIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak bisa ya, tapi tergantung kebijakan kampus..

      mumpung belum daftar, kenapa ga milih jurusan yang diinginkan ? daripada nunggu diterima baru pindah jurusan

      Hapus
  31. Kak ini nilainya yg dicantumke rata" nilai pengetahuan dan keterampilan?soalnya sekolah saya menginput nilai pengetahuan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan ya

      bisa diinfokan ke pihak sekolah.. di sistemnya tertera rata2 nilai pengetahuan dan keterampilan.. sehingga bukan pengetahuan sajaa

      Hapus
  32. Gimana kalo salah menyimpan foto, tapi ingin dihapus, cara nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah tahap cetak kartu? hubungi panitia span ptkin bagian TIK (no whatapp ada di atas)

      Hapus
  33. Bagaimana jika ingin menghapus foto karena salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi panitia span ptkin aja... no hp ada di atas

      Hapus
    2. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

      Hapus
    3. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

      Hapus
    4. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

      Hapus
  34. Jika sekolah sudah melakukan finalisasi,tapi masih ada jangka waktu pendaftaran,dan ada siswa yang ingin mendaftar,apa masih data pdss bisa di ubah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanyakan ke guru bk atau (Untuk SMS dan Whatsapp)
      0813 9504 0592
      0813 9504 0593
      0813 9504 0594

      panitia

      Hapus
  35. Bagaimana jadinya jika sudah diberi username dan juga password untuk login span ptkin tapi tidak digunakan untuk login?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tidak apa-apa.. artinya tidak terdaftar span ptkin kalau tidak login dan memilih jurusan

      Hapus
  36. Kak, misalkan saya mau lampirin piagam/sertifikat, tapi bukan sebagai juara itu gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ada opsi "peserta" di kolom web span ptkin? kalau hanya tersedia juara, ya berarti hanya bisa memasukkan sertifikat juara..

      kalau tidak ada sertifikat juara, tidak usah dipaksakan

      Hapus
  37. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

    BalasHapus
  38. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak terdaftar span ptkin kalau tidak melanjutkan pendaftaran span

      Hapus
  39. Udah daftar span ptkin tapi gak ada nilai rapot nya bagaimana itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan gurunya belum memasukkan nilai tapi terlanjur finalisasi.. coba tanyakan ke guru BK untuk cek data

      Hapus
  40. semisal ,saya mndftar di span dengan jurusan yang sama dan tempat kuliah yang sama dengan teman 1 sekolah saya,apakah berdampak bahwa kami berdua akan di eliminasi(langsung gagal),ataukh ada dampak buruknya yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja lulus dua-duanya, lulus salah satu, atau tidak lulus semua...
      biar panitia yang menentukan

      Hapus
  41. apakah dampak jika kita memilih jurusan yang sama dan tempat kuliah yg sma jga dan kita 1 sekolahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja lulus dua-duanya, lulus salah satu, atau tidak lulus semua...
      biar panitia yang menentukan

      Hapus
  42. Permisi kak...
    Kemarin aku daftar spanptkin trus saat aku ngisi NIK aku keliru ngisi No KK nya..apa itu dapat bermasalah/mempengaruhi atau gimna gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak mempengaruhi seleksi, hanya saja jika lulus span ptkin nanti usahakan dibetulkan.. atau coba hubungi panitia sekarang barangkali bisa diganti

      Hapus
  43. Assalamualaikum KK
    Misalnya ngak masuk PDSS bisa daftar spanptkin ngak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanyakan pihak sekolah dulu.. siapa tau sekolah daftarkan PDSS... PDSS sudah ditutup tgl 10 febaruari kmren.. tapi kalau sudah daftar pdss dapat login untuk melanjutkan pendaftaran...

      kalau nggak ikut PDSS berarti ngga bisa ikut Span ptkin, silahkan ikut jalur lain

      Hapus
  44. Apakah tidak masalah dengan perbedaan penggunaan nama dengan tanda baca petik pada sertifikat sedangkan nama pendaftar SPAN-PTKIN tidak terdapat tanda petik

    Semisal

    Nama Siswa :
    Muhammad Syafii

    Nama yang tertera di sertifikat :
    Muhammad Syafi'i

    BalasHapus
  45. Saya sudah melakukan finalisasi tetapi foto saya tidak resmi apakah itu berpengaruh besar dalam penilaiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdoa saja... itu sudah urusan panitia.. semoga hasilnya yg terbaik

      Hapus
  46. Kak temen aku ada yg udah finalisasi span ptkin dan ternyata nilai raportnya salah, masih bisa dibenerin gak kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah finalisasi setahu saya tidak bisa diubah, lain kali lebih hati-hati yaa

      Hapus
  47. Kak dalam pengisian prestasi saya memasukan sertifikat,ke situ,tetapi saya tidak juara bagaimana itu kak?tapi di keterangan nya sdh saya buat kak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bukan sertifikat juara, tidak perlu dimasukkan..

      kan harus memilih juara 1, juara 2 dan juara 3...

      Hapus
  48. Kalau misalnya salah satu mata pelajaran ada yang gk tuntas gimana ya kak?
    Contoh:b.inggris=66
    Soalnya aku udah tuntasin di sklh,tapi udah gk bisa diperbaiki lagi karena lafor aku udah dicetak asli kak...

    Apa masih bisa lanjut daftar kak? Soalnya aku udah login(finalisasi) nilai loh kak

    Apa itu peluangnya kecil buat lulus kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdoa saja semoga bisa lulus.. kalau peluang saya ngga bisa jawab...
      masukkan nilai sesuai di raport saja

      Hapus
  49. Gimana kalau nilai yg dimasukin nilai pengetahuan kak?
    Soalnya di sklh aku nilai pengetahuan semua kak yg dimasukinnya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. panitia bilangnya rata-rata pengetahuan dan keterampilan harusnya

      Hapus
  50. Kak temen ku ada yang salah masukin tempat lahirnya. Itu kayak mana? Kira kira itu bisa bermasalah gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibenerin pas daftar ulang aja seandainya diterima span ptkin...
      kalau sudah finalisasi, tidak bisa diubah

      Hapus
  51. Bang. Bisa minta contoh surat penolakan kepada rektor untuk universitas yang tidak jadi kita ambil karena lulus di dua universitas.

    BalasHapus
  52. Kak piagam saya mapel biologi saya ambil prodi pendidikan bahasa arab sama bahasa dan sastra arab apa bisa nambah nilai ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarkan panitia yang akan menyeleksi itu ehehehe..

      Hapus
  53. Kak saya mau nanya kalau ngambil span luar daerah peluangnya besar kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua berpeluang... saya gg bisa jawab peluang karena panitia yang menentukan peluang lulus span ptkin

      Hapus
  54. min kenapa ga bisa mengunggah foto padahal sudah memenuhi persyaratan

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan upload pake laptop aja biar lancar...

      klik upload dulu, trus simpan..

      Hapus
  55. Min,saya milih dua pilihan,yaitu uin iman bonjol padang dan uin suska,berarti dari kedua nya saya pilih masing masing dua prodi ya min???

    BalasHapus
  56. Saya sudah terdaftar di span-ptkin 2020, apakah boleh saya daftar um-ptkin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu pengumuman span ptkin aja dulu, kalau sudah lulus span ptkin kenapa ikut umptkin? kecuali kalau mau ganti jurusan.. tapi ingat juga ya, kalau misal kamu melepas span ptkin belum tentu lulus umptkin..

      Hapus
  57. Assalamualaikum kak.
    Kak data teman saya sudah di finalisasi,tapi lupa masukkan nilai rapot.
    Itukak apa sudah jelas gak lulus kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..

      nilai raport dimasukkan pihak sekolah sepertinya,
      siswa cuma tinggal ngecek aja apakah sudah sesuai...

      Hapus
  58. Kalau sudah finalisasi data namun ada kesalahan,apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah finalisasi TIDAK BISA DIUBAH...

      kalau kesalahan pada biodata bisa diubah saat daftar ulang.. infokan ke pihak kampus...

      kalau kesalahan raport mungkin agak ribet :) berdoa aja

      Hapus
  59. kalo ambil 3 prodi 1 universitas boleh kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau UMPTKIN kayaknya bisa.... UMPTKIN antara 2 atau 3 maksimal..

      kalau SPAN PTKIN harus 2 PTKIN, dan masing2 PTKIN 2 jurusan sehingga total 4

      Hapus
  60. kak kalau sudah daftar tapi belum difinalisasi sementara pendaaftaran sudah ditutup, apakah tetap bisa terdaftar atau tidak?

    BalasHapus
  61. kak, span ptkin 2021 kapan dibuka ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek aja jadwal span ptkin 2021.. sudah ada

      Hapus
  62. Kak kalau mendaftar UIN pakai jalur SNMPN apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.. untuk jurusan UMUM di UIN memang lewat SNMPTN, SBMPTN dan mandiri.
      seperti Psikologi, Kedokteran itu UIN lewat jalur SNMPTN, SBMPTN dan mandiri

      Hapus
  63. kak
    jalur span itu apa?
    dan jika lolos apakah biaya kuliah tidak dipikirkan lagi
    apakah jalur span itu salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa

    BalasHapus
  64. kak
    jalur span itu apa?
    dan jika lolos apakah biaya kuliah tidak dipikirkan lagi
    apakah jalur span itu salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPAN PTKIN itu jalur masuknya saja..
      kalau mau beasiswa kuliah ngurus lagi, bisa kip kuliah atau beasiswa lain.

      Hapus
  65. Kak. Apakah jika satu kampus ada 2 siswa dari sekolah yang sama tapi beda ambil fakultas dan di antara 2 anak tersebut adalah juara 1 dan 2 di sekolahnya. Apa yang juara 2 bisa nggak lolos karna yang satu lebih unggul? Meskipun beda fakultas&prodi

    BalasHapus
    Balasan
    1. meski kampus sama tapi kalau beda jurusan ya berarti tidak apa-apa..
      yang jadi saingan kalau kampus dan jurusan sama.

      Hapus
  66. Assalamu'alaikum.
    Kak, izin bertanya.
    Kalau kita sudah dinyatakan lulus seleksi umptkin tahun lalu, tetapi di tahun itu kita mengundurkan diti tanpa sk rektor, yang lebih jelasnya mengundurkan diri.

    Tapi misalnya di tahun sekarang mau daftar kembali, apakah bisa

    BalasHapus
  67. Kak apakah lulus SPAN PTKIN masih bayar kuliah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPAN-PTKIN hanya untuk jalur masuknya..bukan beasiswa..

      kalau mau beasiswa kuliah bisa nyari beasiswa seperti kip kuliah, beasiswa baznas dan lain-lain..nyari beasiswa sendiri.

      Hapus
  68. bagaiamana cara menghapus data jurusan yang sudah di verivkasi karena salah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kirim ke email info@span-ptkin.ac.id

      atau Call Center
      (Hanya Untuk Telepon dan Whatsapp)
      0815 8537 6557
      0815 8537 6559
      0815 8537 6569
      0815 8537 6570
      0815 8537 6585

      atau https://sapa.span-ptkin.ac.id/

      Hapus
  69. Kak untuk asal sekolah NU/Muhammadiyah berpengaruh atau tidak terhadap peluang kelolosan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau peluang saya tidak tahu, biarkan kampusnya yang menilai

      Hapus
  70. kak kalo lolos span ptkin bisa daftar kjmu ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tau tentang kjmu, tapi kalau pendaftaran KIP Kuliah SPAN-PTKIN itu kebanyakan setelah lolos span ptkin,,, kecuali UIN malang yang daftar kip kuliah bersamaan dengan daftar span-ptkin

      Hapus
  71. Kak kalau lolos di span ptkin bisa ndk daftar beasiswa tahfiz?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa... coba cek aja kapan pendaftaran beasiswa tahfidz biasa dibuka

      Hapus
  72. Kak,jika mengikuti SNMPTN dan lolos,apakah boleh mengambil falkutas keagamaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang SNMPTN ngambil jurusan apa? kalau lolos SNMPTN ya sesuai jurusan yang dipilih saat daftar snmptn.

      kalau fakultas keagamaan lewatnya jalur spanptkin, umptkin atau mandiri

      Hapus
  73. Assalamualaikum kak, "misal" sudah lolos SPAN PTKIN apakah boleh ikut SBMPTN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, apa pertimbangan ikut SBMPTN lagi?

      Hapus
  74. Jika ingin mendaftar spanptkin, lalu ada teman satu angkatan yang memilih prodi dan univnya sama, apakah yang dipilih untuk mengikuti spanptkin adalah siswa yang memiliki nilai yang tinggi seperti snmptn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya itu dipilih untuk DAFTAR atau dipilih untuk LULUS SPAN PTKIN?

      kalau untuk daftar boleh boleh aja sama, tapi kalau hasil lulusnya pihak panitia atau kampus yang menentukan.

      Mungkin saja lulus dua-duanya, lulus salah satu atau tidak lulus semua :))

      Hapus
  75. Ka mau nanya misal kita lolos spanptkin boleh ikut sbm ngga? Trus kalo misal spannya ga diambil sekolah asal kena blacklist ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa pertimbangan ikut sbm padahal udah lolos spanptkin? kalau memang dari awal tidak minat span-ptkin, kalau menurut saya, tidak perlu daftar spanptkin... tapi terserah kamu juga..

      kalau blacklist mungkin tidak, tapi kemungkinan tetap ada dampaknya. itu wewenang panitia atau pihak kampus

      Hapus
  76. Kak jika lulus SPAN, apakah masih bisa ikut UTBK ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah lulus span ptkin biasanya ada regritasi dan daftar ulang. nah pertanyaannya, apakah kamu tdk regristasi atau daftar ulang bayar ukt? nanti dianggap mundur jika tidak regristasi ulang/daftar ulang..

      karena jarak antara pengumuman span ptkin dan pengumuman utbk sbmptn itu jauhh.. kalau menunda daftar ulang span, ya bisa bisa dianggap mundur..

      kalau tidak daftar ulang span, juga belum tentu lulus utbk..

      kalau daftar ulang bayar ukt span ptkin, terus tidak lolos sbmptn berarti masih ada span ptkin.

      tapi kalau daftar ulang span ptkin dan lolos sbmptn, ya pilih salah satu (lanjut span dg daftar ulang yang tidak bisa diambil atau pilih sbmptn nanti bayar ukt lagi)

      semoga menjawab.. koreksi jika saya salah

      Hapus
  77. Saya kan terlanjur simpan biodata. Tetapi saya belum aplod foto pribadi. Apakah saya biasa aplod foto pribadi saya99

    BalasHapus
  78. Saya sudah finalisasi namun NISN masih salah, apakah itu dapat di perbaiki?

    BalasHapus
  79. Terlanjur finalisasi, apakah bisa memasukkan foto raport?

    BalasHapus
  80. Yang linjur span ptkin peluang lulus nya berapa persen?

    BalasHapus
  81. kak jika dinyatakan lulus, saat daftar ulang apakah dicek pakai rapot asli juga?

    BalasHapus
  82. Hai kak perkenalkan nama saya ananda puji pratama saya ikut span Ptkin tahun 2021 ini saya lolos di kampus IAIN Salatiga jurusan hukum keluarga Islam . Namun saya ingin Gati ke hukum tata negara apa kah masih bisa ya terima kasih atas jawabannya nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bisa ganti dek,, itu sudah hasil keputusan panitia..

      kalau mau ganti ikut pendaftaran lagi jalur umptkin atau mandiri..

      Hapus
  83. Selamat Pagi kk,
    Saya Dira, Kk kalau udh lulus/diterima di Span Ptkin langkah selanjutnya ngapaiin lagi kk, Apakah ikut ujian Mandiri/Tes gitu kk, atau Apakah langsung pembayaran beli baju,dan kos, Bagaimana caranya pandaftaran ulangnya kk kapan mulai daftar ulangnya itu kk🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat kamu cek peengumuman lulus disitu ada info ttg website kampusnya, kammu buka itu... pendaftaran ulang span-ptkin ada di website masing-masing kampus..

      coba kamu buka lagi pengumuman span ptkin trus baca informasi yang tertulis disitu

      Hapus
  84. Apakah span ptkin bisa daftar kip meskipun tidak punya kip atau kartu tidak mampu lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek syarat pengajuin kip uin/iain/stain karena bisa beda-beda tergantung kebijakan masing2 kampusnya..

      segera cari info sebelum terlambat

      Hapus
  85. Kak saya mau daftar ulang spanptkin, tapih ngk tau pin nya lagi, kak gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanyakan ke guru BK dek yg dulu ngasih id dan pin...

      atau lapor panitia span-ptkin nomornya ada di website bagian bawah..

      Hapus
  86. Assalamualaikum
    Kak gmn klo udah keterima span ptkin tpi gak di ambil???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam,

      jika sudah yakin tidak ambil spanptkin, ya tidak apa-apa...

      saya kurang tau ada sanksi untuk sekolah atau tdk..

      Hapus
  87. Assalammualaikum
    Kak gmna kalo ke terima span ptkin tapi tidak diambil tapi diberikan ke orang lain.apakah bisa?
    Kalo bisa gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam...

      tidak bisa diberikan ke orang lain...

      Hapus
  88. halo kak...mau tanya

    Apakah daftar um ptkin harus memiliki akun span ptkin ?

    Soalnya saya blum ada daftar akun span ptkin tapi ingin mencoba um ptkin

    Mohon jawabannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung daftar umptkin linknya um-ptkin.ac.id

      Hapus
  89. Assalamualaikum Wr. Wb. saya orang tua calon mahasiswa Universitas Negeri Islam Riau hasil dari SBNPTN anak saya lulus tapi lupa tanggal daftar ulang harusnya tanggal 23 juni terakhir kalau nggak salah anak saya daftar ulang di tanggal 25 juni teryata untuk daftar ulang sudah ditutup apakah memang tidak ada teloransi bagi anak saya karena kondisi dan keadaan anak saya kurang informasi mohon petunjuk dan penjelasanya bapak/ibu trimks

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam,, langsung tanya ke kontak panitia ajaa

      Hapus
  90. Kak mau nnya dong kalo kita dari jurusan IPA pengen ambil sastra Arab atau pendidikan Bahasa Arab bisa gk kak? Trus mata pelajaran apa ajh kak yang diambil, apa jika didatanya tidak ada nilai basrab peminatannya jadi gk bisa ambil sastra Arab sama pendidikan arabnya yh kak? Mohon kak dijawab😊🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kak.. nilai raport span ptkin biasanya dimasukkan oleh guru bk. coba tanyakan ke guru bk ya

      Hapus
  91. bagaimana jika nilai raport lebih dari satu lembar hal yg kita lakukan dalam mengapload foto raport gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika rapornya terdiri dari beberapa lembar, halaman mana yang harus di upload?

      Untuk rapor tetap semuanya atau nilai pengetahuannya yang diuploadkan. Silahkan untuk menggabungkan datanya menjadi 1 file.

      Hapus
  92. mau tanya kak, bagaimana kalau sudah daftar span, tape email yang kita pakai daftar,itu email yang salah, apakah bisa daftar ulang.? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajukan pada Helpdesk
      melalu kontak WA (chat), https://sapa.span-ptkin.ac.id, atau
      email ke info@span-ptkin.ac.id dengan subjek Permohonan
      Pengantian Email Sekolah.

      kirim data berikut: NPSN/NPSS, Nama Sekolah, Email lama, dan Email yang aktif.

      Hapus
  93. Min tolong jawab! Kenapa saya tidak bisa melakukan finalisasi padahal saya sudah memilih prodi semuanya.Tetapi pas saya tekan finalisasi ada perintah disuruh cek prodi kembali sedangkan saya sudah melakukannya berulang kali.Tolinf dijawab 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan sudah pilih 2 kampus dan masing-masing 2jurusan.
      sudah terisi semua datanya..

      atau coba whatsapp admin span ptkin. nomornya ada di website span-ptkin.ac.id bagian bawah

      Hapus
  94. Apakah jika sudah finalisasi akan tetapi foto raport belum terinput, apakah bisa diinput kembali ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan coba whatsapp admin span ptkin. nomornya ada di website span-ptkin.ac.id bagian bawah

      Hapus
  95. Assalamualaikum, izin bertanya kak
    Saya kan daftar span ptkin itu pakek aplikasi pendaftaran span ptkin terus sebelum saya melakukan finalisasi itu saya sudah melakukan upload foto rapot dan setelah saya melakukan finalisasi itu saya mencoba cek di web span ptkin dan ternyata itu foto rapotnya blur terus saya melakukan upload foto rapotnya lagi di web span ptkin. Apakah foto rapotnya itu bisa masuk ke panitia pendaftaran kak?soalnya yang di aplikasi itu kalau sudah finalisasi bisa upload foto rapot dan prestasi tapi tidak bisa melakukan perubahan data. Saya takut kak kalau foto rapotnya itu tidak masuk ke panitia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, silahkan coba whatsapp admin span ptkin. nomornya ada di website span-ptkin.ac.id bagian bawah

      Hapus
    2. Izin nanya, jika sudah lulus span ptkin, tapi mau daftar um-ptkin/mau ganti jurusan, apakah otomatis span itu hangus atau masih berlaku? (Jika um-ptkin tidak lulus)

      Hapus
    3. kalau kamu daftar ulang span-ptkin dan bayar ukt, maka tidak hangus. sepertinya begitu

      Hapus
  96. Saya sudah daftar umptkin tapi pas isi biodata pas masuknx tahun lulusnya salah ,saya lulus 2022 TPI di sna tertera 20212 itu gmna cara ngubahnya ya
    Apakah berdampak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ini otomatis dari sistem.

      20212 itu = 2022

      Hapus
  97. Kak , izin bertanya . Saya sudah lulus spanptkin dan itu jurusan pertama . Namun, karena ada masalah keluarga yang tiba - tiba saya tidak diizinkan untuk mendaftar ulang oleh orang tua saya . Apakah ada resiko kelulusan jika saya mengikuti UMPTKIN tapi sudah lulus dijalur spanptkin dan itu adalah jurusan pertama , mohon bantu dijawab ya kak 🙏

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel