Link Pendaftaran Online um-ptkin.ac.id 2019 dan Cara Daftarnya


Sudah tau jadwal pendaftaran UM PTKIN 2019? Jika kamu berminat daftar UM PTKIN 2019, maka silahkan dicatat tanggal penting pendaftarannya. Jangan sampai terlewatkan karena UM PTKIN ini menjadi salah satu jalur masuk yang peluang lulus cukup besar asalkan memiliki persiapan yang cukup, misalnya belajar materi um ptkin, soal um ptkin hingga prediksi um ptkin 2019. Dan simak juga cara daftar umptkin 2019 agar tidak salah mengisi data.

Pendaftaran UMPTKIN 2019

PENDAFTARAN UMPTKIN Diperpanjang!
- Pengisian biodata diperpanjang hingga Kamis, 9 Mei 2019 | 16:00 WIB
- Pembayaran diperpanjang hingga Kamis, 09 Mei 2019 | 24:00 WIB 
- Finalisasi (mendapat kartu ujian) diperpanjang hingga Jumat, 10 Mei 2019 | 16:00 WIB

Baca juga: Soal Bahasa Arab UM PTKIN, apakah ada?

Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN

  • Lulusan tahun 2017, 2018, dan akan 2019 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah  Lulusan tahun 2019 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah / Sekolah / Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah / Sekolah / Pesantren Muadalah. Ijazah / Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian. Jadi saat pelaksanaan UMPTKIN silahkan dibawah ijazah asli/fotokopi yang sudah dilegalisir atau surat keterangan lulus yang telah dilegalisir dari pihak sekolah bagi lulusan 2019.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Cara Pendaftaran UM-PTKIN

  • Silahkan buka link online um-ptkin.ac.id untuk regristasi dan mengisi biodata online
  • Jika sudah mengisi biodata dengan BENAR, klik BAYAR SEKARANG. Anda akan mendapatkan kode pembayaran/SIP (Slip Instruksi Bayar), PIN dan informasi biaya pendaftaran UM PTKIN sebesar Rp 200.000. Kode pembayaran bisa diprint atau discreenshot untuk ditunjukkan ke petugas bank. Tulisan bayar sekarang hanya sebatas tombol saja, karena pembayaran maksimal 30 April 2019. Jadi bayarnya tidak harus sekarang. Jadi daftar sekali saja dan batas terakhir bayar 30 April 2019.
  • Pembayaran UM PTKIN melalui Bank BNI. Jika tidak punya rekening BNI atau tidak punya ATM bisa langsung datang ke bank BNI terdekat nanti akan dibantu teller untuk proses pembayarannya. 
  • Setelah pembayaran berhasil, Anda dapat melanjutkan pendaftaran online UM PTKIN 2019 dengan login kembali di um-ptkin.ac.id 2019 dengan memasukkan nomor SIP dan PIN. 
  • Selanjutnya Anda dapat memilih prodi um ptkin, lokasi ujian, tipe ujian (kertas atau komputer) sampai cetak kartu ujian um ptkin 2019.
  • Alhamdulillah, Anda sudah berhasil menjadi CALON mahasiswa PTKIN 2019. Silahkan disimpan dan dicatat baik-baik nomor SIP dan PIN karena akan berguna untuk melihat pengumuman UM PTKIN 2019
Angka 0 NISN hilang saat daftar UMPTKIN. Berkaitan dengan misteri hilangnya angka nol di depan NISN, panitia umptkin mengatakan jika itu karena angka 0 di depan NISN memang otomatis terhapus oleh sistem. Jadi tidak perlu khawatir bagi yang sudah merasa menulis NISN misalnya 00002182829 tiba-tiba menjadi 2182829 setelah disimpan. 

Dan bagi yang belum mendaftar, sangat dianjurkan mendaftar melalui laptop/komputer agar lebih mudah. Pastikan mengisi data dengan teliti karena data umptkin yang salah tidak bisa dirubah kalau sudah finalisasi. Upload foto umptkin yang resmi dan formal. Background bisa merah, biru, atau hijau. 

Klik play video dibawah ini untuk melihat cara pembayaran umptkin 2019 baik melalui bank BNI atau selain bank BNI.

Pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN

  • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
  • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
  • Program studi pertama wajib diisi, sedangkan program studi pilihan kedua dan ketiga tidak wajib.
  • Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang sangat anda minati.
1 PTKIN sama dengan 3 jurusan beda, contohnya:
UIN Sunan Kalijaga - PAI
UIN Sunan Kalijaga - Perbankan Syariah
UIN Sunan Kalijaga - Komunikasi Penyiaran Islam

3 PTKIN masing-masing 1 jurusan
UIN Sunan Kalijaga - PAI
UIN Jakarta - PAI
UIN Malang - PAI
*atau juga bisa tidak PAI, diganti jurusan lain yang paling kamu minati.

MINIMAL 1 prodi dan MAKSIMAL 3 Prodi. Jadi kalau minatnya cuma 1 prodi/kampus ya cuma isi 1 saja jangan dipaksakan harus 3 jika tidak minat. Jangan sampai nanti pas sudah diterima malah tidak diambil.

Kesimpulan: intinya adalah maksimal 3 prodi yang bisa dipilih. bebas bisa semua prodinya sama atau prodinya beda semua. bebas juga universitas sama atau beda-beda universitas.




Kelompok Ujian UM-PTKIN 

Kelompok ujian UM-PTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu :
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan IPA
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan IPS
  • Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan Campuran (IPA dan IPS)
Baca juga: Contoh Soal UMPTKIN

Jenis Ujian UM-PTKIN

Peserta dapat memilih tipe ujian yang disukai dengan syarat kuota ruangan masih tersedia. Terdapat 2 (dua) macam tipe ujian yaitu :
  • Paper Based Test (PBT) , adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).
  • Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. 

Tipe ujian CBT hanya ada pada PTKIN tertentu dengan kuota peserta terbatas. Kalau mau pakai komputer usahakan daftar diawal-awal pendaftaran.
Baca juga: Buku UM PTKIN

Jadwal Pendaftaran UM PTKIN 2019

Pendaftaran UM PTKIN: 2 - 30 April 2019
Pelaksanaan Tes UM PTKIN: 28 Mei 2019 (satu kali saja dan serentak seluruh Indonesia)Pengumuman UM PTKIN: 1 Juli 2019
Daftar Ulang UM PTKIN: tergantung masing-masing PTKIN

buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Buku UMPTKIN 2020
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:


Jangan lupa belajar mengerjakan contoh soal um ptkin agar tahu model soal soal UM PTKIN yang sering keluar. Persiapkan juga hal yang dibawa saat UM PTKIN sejak sekarang agar tidak mendadak. 
Baca juga: Pengalaman Lulus UM PTKIN 

Simak video tentang UM PTKIN 2019 dibawah ini (play):

Semoga sukses UM PTKIN 2019.

Jika ingin soal UM PTKIN PDF 2019 klik=> UM PTKIN PDF 2019

0 Response to "Link Pendaftaran Online um-ptkin.ac.id 2019 dan Cara Daftarnya"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel