Soal Bahasa Arab UM PTKIN 2019 Masih DIPERTIMBANGKAN

Buat Anda yang berasal dari sekolah umum seperti SMA atau SMK mungkin awalnya minder dan ragu untuk daftar UM PTKIN 2020. Padahal semuanya punya kesempatan yang sama selama ada persiapan untuk masuk UIN, IAIN atau STAIN lewat jalur UM PTKIN.

Kabar gembiranya adalah soal bahasa arab UM PTKIN ditiadakan. Namun, sekarang statusnya diubah menjadi Dipertimbangkan. Artinya belum pasti ada atau tidak soal bahasa arab. 


Jika soal soal um ptkin tahun sebelumnya, seperti soal um ptkin 2018 masih terdapat soal kebahasaan arab maka soal um ptkin 2020 nanti dipastikan soal bahasa arab tidak ada. Hal ini sudah dikonfirmasi panitia um ptkin 2019 melalui instagram stories akun instagram @umptkin.
Klik juga=> contoh soal um ptkin
Ternyata, alasan kenapa soal bahasa arab tidak ada karena peserta UM-PTKIN 2019 tidak hanya dari madrasah tapi sekolah umum juga. Artinya, panitia um ptkin membuka pintu selebar-lebarnya kepada seluruh siswa atau alumni 2018 dan 2017 yang ingin masuk UIN, IAIN atau STAIN melalui jalur UM PTKIN.  
Mungkin Anda juga bertanya: apa saja materi tes um ptkin 2019? 

Secara umum materi um ptkin terdiri dari tes potensi akademik, tes kelompok saintek/soshum dan tes wawasan keislaman. 

Buat yang masih bingung prodi atau jurusan ini masuk saintek, soshum atau campuran (IPC) silahkan lihat jurusan um ptkin. Yang menentukan dapat kelompok um ptkin soshum, saintek dan campuran adalah jurusan yang akan kamu ambil di UM PTKIN 2019 nanti.

Sudah berapa persen persiapan UM PTKIN 2019? 


Jangan datang ke lokasi ujian dengan tanpa persiapan. Meski pendaftaran UM PTKIN akan dibuka 2 - 30 April 2019, kamu bisa mulai mencuri start belajar mulai sekarang. Semakin matang persiapan, semakin baik dan semakin besar peluang lulus UM PTKIN 2019. Tes UM PTKIN dilakukan satu kali yakni tanggal 28 Mei 2019.

Klik juga: buku um ptkin 2020


Selamat belajar wahai pejuang UM PTKIN 2019!

Update Info per 23 Maret 2019 pukul 15.13 WIB:

Panitia UM PTKIN 2019 ternyata menghapus instastory sebelumnya yang menginformasikan dihapusnya bahasa arab. Sekarang, kabar terbarunya soal bahasa arab MASIH DIPERTIMBANGKAN untuk dimasukkan dalam soal UM PTKIN atau tidak. Mengingat hasil umptkin 2018 lalu kurang dari 50% yang menjawab benar soal bahasa arab.

Dalam UM PTKIN semua peserta PUNYA PELUANG LULUS UM PTKIN yang SAMA. Tidak dibedakan sekolah UMUM seperti SMA/SMK dengan MA/Pesantren. Semua sama. Yang menentukan lulus tidaknya adalah MURNI KEMAMPUAN PESERTA dalam MENGERJAKAN SOAL UM PTKIN.

0 Response to "Soal Bahasa Arab UM PTKIN 2019 Masih DIPERTIMBANGKAN"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel