Perhatikan Hal Ini Saat Ingin Beli dan Jual AC Bekas

Bagi masyarakat perkotaan, cuaca panas sangat lazim terjadi terlebih saat lingkungan sekitar tak memiliki ruang terbuka hijau yang cukup. Untuk mengatasi hal ini biasanya pemilik bangunan akan menyiasati dengan memasang Air Conditioner (AC). Tetapi karena harga AC yang mahal, tidak jarang orang lebih memilih membeli di tempat jual AC bekas. Tidak mengapa, namun ada beberapa dipertimbangkan agar kamu mendapatkan barang yang masih bagus dan berfungsi normal.


Tips Beli dan Jual AC Bekas


Perlu digarisbawahi poin-poin di bawah ini bukan hanya berlaku bagi pembeli saja, namun juga untuk penjual. Pasalnya, banyak spesifikasi AC yang masih belum terlalu dipahami oleh masyarakat awam. Oleh karena itu coba simak beberapa tips berikut ini.


1. Kondisi fisik AC

Pada saat kamu hendak jual atau beli AC, yang perlu dilakukan adalah memeriksa apakah ada bodi yang cacat atau tidak. Selain itu jika material yang digunakan adalah sejenis metal maka pastikan tidak berkarat. Hal ini patut menjadi pertimbangan utama karena sangat berpengaruh pada saat pemasangan nanti.


2. Kelengkapan komponen

Berikutnya, pastikan komponen-komponen AC masih lengkap pada saat kamu hendak membeli atau menjualnya. AC yang masih memiliki sirkuit lengkap akan nyaman dan tetap aman pada saat digunakan walaupun kondisinya bekas pakai.


3. Berfungsi normal

Pada saat membeli produk bekas, terutama AC, jangan sungkan untuk menguji produk tersebut apakah masih berfungsi normal atau tidak. Coba nyalakan dan matikan beberapa kali untuk memastikan apakah AC tersebut layak pakai atau harus dipensiunkan.


4. Suara tidak bising

Banyak AC bekas yang suaranya sudah mulai bising dan aneh. Biasanya penjual pun rela melepasnya dengan harga murah. Tetapi jangan mudah tergiur dengan produk murah tersebut. Ketahui dulu dari mana asal suara bising tersebut agar jika suatu saat terjadi kerusakan kamu bisa tahu sumbernya. Ditambah lagi AC yang suaranya bising justru akan bikin suasana ruangan jadi kurang nyaman.


5. Ketersediaan remote

Meski remote banyak dijual di toko-toko online tempat jual AC, namun tidak ada salahnya juga kamu memeriksa kelengkapan lainnya termasuk remote. Jajal juga fungsi remote apakah masih bisa berfungsi atau tidak. Coba naikkan dan turunkan suhu pada AC dengan remote dan sambil tanyakan tentang cara penggunaannya kepada si penjual apabila kamu masih bingung.


6. Periksa unit outdoor

Seperti kamu tahu AC memiliki unit outdoor yang dipasang di luar ruangan. Terkadang unit ini mengalami kerusakan karena berbagai faktor dan akhirnya diganti dengan unit lain yang mungkin saja tidak orisinal. Periksa apakah ada kebocoran pada kondensor atau tidak serta periksa juga sambungan listrik dari unit indoor ke outdoor.


7. Ada barang ada harga

Barang yang masih bagus harganya pasti juga tidak terlalu anjlok dari harga belinya. Sebaiknya pilih produk yang seperti ini karena artinya dari segi kualitas masih bagus. Jika kamu melihat ada penawaran jual AC dengan harga sangat murah, ajak temanmu yang paham tentang spesifikasi AC agar bisa membantu kamu memastikan kualitasnya. Meski demikian, jangan juga hanya terpaku dengan harga. Buatlah keputusan sesuai kebutuhan dan pengamatan kamu secara bijak.


8. Beli online atau offline

Kemudahan berbelanja sekarang ada di dalam genggaman. Dengan gadget yang terhubung ke internet, kamu bisa membeli barang apapun secara online. Namun jika kamu masih belum punya pengalaman membeli AC secara online, sebaiknya cari toko-toko offline yang ada di sekitarmu. Lagi pula bobot AC ini bukan hanya 1 atau 2 kilogram lho, jadi jika kamu membeli secara online kamu juga harus pertimbangkan ongkos kirim yang ditanggung.

Itu tadi sedikit tips buat kamu yang berencana untuk beli atau jual AC bekas pakai. Intinya membeli barang bekas apapun, terlebih barang-barang elektronik seperti AC, harus dilakukan pengamatan mendalam terlebih dahulu agar tidak tertipu dengan tampilan dan harganya. Nah, agar kamu mendapat referensi tentang harga ac 1/2 - 6 pk murah baru, kamu bisa cek di Bhinneka.com. Dapatkan pula penawaran lainnya untuk produk-produk berkualitas dan orisinal.

0 Response to "Perhatikan Hal Ini Saat Ingin Beli dan Jual AC Bekas"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel