Cara Pendaftaran STIS 2021 Lengkap - PAGUNPOST -->

Cara Pendaftaran STIS 2021 Lengkap

Cara Pendaftaran STIS Lengkap - Salah satu perguruan tinggi kedinasan yang menjadi impian banyak siswa adalah sekolah kedinasan seperti STIS.

Sehingga bagi anda yang juga ingin masuk kedalam nya, maka harus tau mengenai cara pendaftaran STIS 2021 atau USM Polstat STIS 2021. Apalagi jumlah pendaftar STIS 2020 sebanyak 28.942 orang dan yang diterima HANYA 600 orang saja.


Dengan begitu ketika untuk dapat bersekolah di STIS, maka anda harus menyingkirkan ribuan peserta lainnya. Sehingga sangat penting untuk mempelajari materi tes STIS, dengan begitu maka saat ujian ana sudah mengusai materi stis yang diujikan. 

Cara Pendaftaran STIS 2021 Lengkap


Apa Itu STIS? 

Sekolah tinggi ilmu statistik (STIS) merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan progam diploma IV (D-IV). Badan penyelenggara dari perguruan tinggi ini adalah BPS Republik Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 1958. Sebelum memiliki nama sekolah tinggi ilmu memiliki, perguruan ini memiliki nama akademi ilmu statistik. Nama STIS berganti lagi pada tahun 2017 mejadi politeknik statistika STIS (POLSTAT STIS). 

STIS umumnya akan membuka pendaftaran berdasarkan, Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi STIS. Banyaknya mahasiswa yang akan diterima juga berdasarkan kebutuhan yang ada, sehingga dapat berbeda-beda setiap tahunnya. 

Jurusan di Politeknik Statistika STIS

Sama halnya seperti menempuh pendidikan di tempat lain, jika di STIS anda juga dapat memilih jurusan yang diinginkan. Jurusan STIS yang dapat anda pilih adalah, Program Studi Statistika Program Diploma III, Program Studi Statistika Program Diploma IV, dan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV. 

Jurusan statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan yaitu, statistika ekonomi yang mempelajari statistik terapan bidang ekonomi. Seperti analisis data statistik harga-harga, produk domestik regional bruto, dan sebagainya. Kedua yaitu statistika sosial kependudukan, yang bertujuan mempelajari statistik bidang statistik sosial, kependudukan, dan demografi.

Sedangkan jika anda berminat untuk mengambil jurusan komputasi statistik maka didalamnya tidak dibagi lagi menjadi beberapa peminatan. Jurusan ini akan mempelajari tenang teknik pengolahan data, membuat program, dan analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik. 

Lulusan STIS yang berasal dari Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan harus siap ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. 

Sedangkan Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon ASN golongan III/a yang akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lain di seluruh wilayah Indonesia. 

Kuliah saat ini bisa ditempuh oleh semua kalangan, asalkan mau berusaha keras untuk memperolehnya. Hal tersebut seperti di STIS, sebab selama menempuh masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan. Dengan kata lain, biaya kuliah STIS gratis, namun tidak mendapatkan uang saku. 

Info Pendaftaran STIS 2021

Jika anda ingin mendaftar di STIS atau USM STIS maka penting mengetahui jadwal pendaftaran STIS 2021, sehingga tidak sampai terlewat dari jadwal yang telah ada. 

Jadwal pendaftaran STIS 2021 yaitu mulai 9 - 30 April 2021.

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dengan mendaftar melalui https://dikdin.bkn.go.id/. 
pendaftaran stis 2021
Pendaftara STIS dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

SYARAT PENDAFTARAN SPMB STIS 2021

Untuk dapat mengikuti proses seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, pendaftar memenuhi syarat-syarat berikut:

A. Persyaratan Umum STIS

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba;
  2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri;
  3. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS atau SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika;
  4. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;
  5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2021;
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;

B. Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III

Domisili (sesuai kartu keluarga) di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.


Cara Pendaftaran USM STIS 2020

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:
  1. Peserta dapat mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id lalu pilih menu Sekolah Kedinasan, atau Peserta dapat mendaftar melalui portal https://dikdin.bkn.go.id. Peserta membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  2. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  3. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan melengkapi biodata diri.
  4. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
  5. Pendaftar menerima konfirmasi hasil verifikasi administrasi di portal SSCASN.
  6. Setelah dinyatakan lulus verifikasi administrasi, pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
  7. Pendaftar melengkapi data/dokumen yang diperlukan instansi, serta memverifikasi email untuk mendapatkan Kode Pembayaran.
  8. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditetapkan.
  9. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
  10. Pendaftar kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.
  11. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

Biaya Seleksi STIS 2021

  1. Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Pusat Statistik. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  2. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller atau melalui mesin ATM Bank BRI setelah pendaftar menyelesaikan pendaftaran di portal SSCASN dan di portal SPMB Politeknik Statistika STIS.
  3. Pembayaran melalui teller bank dilakukan dengan menunjukkan Kode Pembayaran ke teller bank.
  4. Langkah-langkah pembayaran melalui ATM dapat dilihat pada bagian akhir petunjuk ini.
  5. Pembayaran hanya dapat dilakukan sampai dengan batas waktu yang tertera di portal SPMB Politeknik Statistika STIS.
  6. Biaya administrasi bank ditanggung peserta.
  7. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Itulah alur pendaftaran yang harus dilakukan jika ingin mengikuti ujian masuk di politeknik statistika STIS. Jadi selain mempelajari prediksi soal STIS, anda juga sudah paham mengenai hal yang harus dilakukan untuk mendaftar. hal terpenting adalah anda sudah membayar sebelum batas waktu yang ditentukan berakhir agar, nantinya dapat mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian sesuai jadwal STIS 2021.

Jadi persiapkan bekal tes masuk STIS seawal dan sebaik mungkin. Bisa dimulai dengan belajar contoh Soal STIS agar tidak kaget dengan tipe soal yang diujikan. 

KLIK => Latihan SOAL STIS 2021 <=

Pesan Buku STIS 2021 (edisi baru)
Bisa lewat whatsapp ke 085785087038
atau klik di bawah ini:


Memasuki perguruan tinggi kedinasan memang menjadi impian banyak orang karena mendapatkan keuntungan lebih jika dibanding memasuki perguruan tinggi pada umumnya. 

Hal tersebut karena setelah lulus maka bisa langsung diterima sebagai aparatur sipil negara dan bekerja di instansi pemerintah. Tentunya hal tersebut tidaklah mudah karena persaingan ketat sehingga anda harus sering download soal STIS dan berlatih mengerjakan soal-soal tersebut.

KLIK => Soal STIS

0 Response to "Cara Pendaftaran STIS 2021 Lengkap"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel