Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger

Apakah anda sedang ingin membuat website tapi kebingungan memilih antara WordPress atau Blogger? Sebenarnya lebih bagus WordPress atau Blogger sih? Sebelum diulas secara lebih detail, ada baiknya menyamakan persepsi alias definisinya dulu ya.

WordPress terdiri dari dua platform yakni WordPress.com dan WordPress.org. Lalu, apa bedanya WordPress.com dengan WordPress.com? 

  • WordPress.com adalah platfrom yang dapat digunakan untuk membuat blog atau membuat website dengan cara mendaftar di WordPress.com. Hasilnya, website yang telah dibuat akan memiliki domain seperti namaweb.wordpress.com dan bisa dirubah menjadi namaweb.com jika beli domain. 
  • WordPress.org adalah platfrom open source yang populer, gratis dan mudah digunakan.

Sedangkan Blogger adalah sebuah platfrom yang berada dibawah naungan Google. Cukup punya akun Gmail, maka bisa langsung bisa daftar di Blogger.com.
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger
Nah, berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger:


Kelebihan dan Kekurangan WordPress.com

Kelebihan dan Kekurangan WordPress.com
Untuk seorang pemula yang baru belajar cara membuat website, maka bisa memanfaatkan WordPress.com ini. Pasalnya, kelebihan WordPress.com adalah dapat digunakan secara gratis hingga 3 GB. Selain itu, urusan update akan ditangani pihak WordPress.com langsung.

Sedangkan kekurangan WordPress.com dapat dikatakan cukup banyak, seperti akan muncul iklan, hanya muncul iklan WordAds, tidak bisa upload plugin, template terbatas, bisa dihapus tiba-tiba oleh pihak WordPress jika melanggar, dan tidak bisa menambahkan fitur eCommerce. 

Kesimpulannya, WordPress.com cocok untuk pemula yang ingin punya website sederhana secara gratis. 


Kelebihan dan Kekurangan WordPress.org

Kelebihan dan Kekurangan WordPress.org
WordPress.org tidak sekaku WordPress.com. Pengguna WordPress.org atau WordPress self hosted punya hak untuk mengatur website baik dari segi tempilan dan fitur sesuai dengan keinginan. Ada banyak kelebihan WordPress.com diantara terdapat kontrol penuh, bisa upload template atau menambah plugin, support toko online, dan boleh menayangkan iklan (ads) sehingga blog bisa menghasilkan uang.

Sedangkan kekurangan WordPress.org yang paling utama adalah harus mengeluarkan biaya. Menggunakan WordPress.com harus membeli hosting dan domain, sekitar 300.000 hingga jutaan rupiah pertahun tergantung disk space, ekstensi domain dan fitur pendukung lainnya. Banyak web hosting Indonesia yang menyediakan jasa web hosting terjangkau mulai 10.000-an perbulan seperti di Niagahoster.

Kesimpulannya, jika menggunakan WordPress.com akan lebih leluasa untuk mengakses beragam fitur dan bebas berkreasi sesuai kebutuhan meskipun memang harus mengeluarkan biaya. Hasilnya pun terlihat profesional sehingga saya rasa worth itu untuk bayar jika performanya maksimal.


Kelebihan dan Kekurangan Blogger

Kelebihan dan Kekurangan Blogger
Ada banyak orang menggunakan blogger karena kelebihan blogger yakni tak perlu membeli hosting. Beda dengan WordPress.org yang harus beli wordpress hosting Indonesia, hosting Blogger sudah disediakan oleh pihak Google. Hal ini pula yang menjadikan Blogspot relatif aman dari gangguan karena dibawah Google-nya langsung. 

Sedangkan kekurangan blogger terletak pada kontrol yang tak penuh terhadap website karena sewaktu-waktu bisa websitenya bisa dihapus oleh Google jika terbukti melanggar. Namun, hal itu dapat diantisipasi dengan backup berkala. Jika merasa tak melanggar aturan blogspot, saya rasa website akan tetap aman.

Dari segi tampilan, blogspot ini juga relatif terbatas meskipun sudah banyak bertebaran template blogspot gratis dan berbayar. Sebenarnya seseorang dapat dengan mudah membedakan apakah sebuah website itu menggunakan Blogger merujuk pada link artikel. Pengguna Blogger biasanya ada tahun/bulan dibelakang nama situsnya, contoh namaweb.com/2019/08/cara-membuat-website. Berbeda dengan WordPress.com dan WordPress.org yang permalinknya bisa kustom.


Kesimpulan

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger
sumber infografis: https://www.niagahoster.co.id
Sekarang, pilihan ada di tangan Anda: bisa menggunakan WordPress.com, WordPress.org atau Blogger. Semua tergantung kebutuhan, tujuan dan website macam apa yang ingin dibuat. Pada dasarnya, semua punya kekurangan dan kelebihan yang dapat dijadikan bahan pertimbanganmu.  

Kalau Anda team apa nih? 
#TeamWordPress.com
#TeamWordPress.org
#TeamBlogger

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel