Jenis Gangguan Pendengaran hingga Alat Bantu Dengar yang Cocok

Gejala yang menandai gangguan pada pendengaran sendiri ada banyak macamnya. Beberapa gejala yang menunjukkan gangguan pendengaran adalah sulitnya untuk mendengar pembicaran secara jelas dengan orang lain. 

Untuk mengatasi gangguan pendengaran ini bisa dilakukan dengan terapi gangguan pendengaran. Ada banyak terapi yang bisa dilakukan. Terapi ini sendiri akan bergantung kepada penyebab gangguan pendengaran yang dialami hingga tingkat keparahannya. 


Jenis Gangguan Pendengaran 

Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan pendengaran yang sering menyerang orang, antara lain:

1. Tuli Sensorineural

Gangguan pertama pada pendengaran bisa disebabkan oleh tuli Sensorineural. Tuli ini merupakan gangguan yang terjadi di dalam sel saraf dalam telinga. Gangguan ini kemudian dapat merambah hingga ke dalam sistem saraf dan menyebabkan gangguan pada pendengaran seseorang

2. Tuli konduktif

Gangguan telinga konduktif merupakan gangguan telinga yang disebabkan oleh adanya sumbatan di dalam telinga sehingga telinga tidak mampu bekerja dengan optimal. Sumbatan ini berbagai macam, ada karena disebabkan oleh kotoran telinga hingga infeksi. Apabila penyakit disebabkan oleh infeksi, maka infeksi ini dapat menyebar dari telinga bagian luar hingga ke dalam.

3. Kombinasi

Gangguan telinga juga dapat disebabkan oleh kombinasi antara tuli konduktif dan tuli Sensorineural.


Jenis Alat Bantu Dengar

Salah satu cara mengatasi gangguan pendengaran yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendengaran adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Terdapat dua jenis alat bantu dengar, yaitu yang bisa dilepas hingga tidak dapat dilepas.  Hal yang tidak dapat dilepas memerlukan prosedur bedah untuk pemasangannya.

Untuk alat bantu dapat dilepas terdiri dari dua macam, yaitu:

  • Sistem analog yang lebih sederhana. Cara kerja piranti ini adalah dengan mengubah gelombang listrik menjadi gelombang suara yang dihasilkan oleh speaker 
  • Sistem digital yang lebih kompleks. Cara kerjanya menggunakan kode unik untuk menerjemahkan sinyal menjadi suara.

Sayangnya, gangguan berupa tuna rungu total hingga kini belum dapat dibantu dengan alat bantu dengar eksternal. Diperlukan piranti canggih untuk membantu mereka yang menderita kondisi ini agar dapat mendengar walau sedikit. Untuk memperoleh piranti alat bantu dengar, anda bisa mencarinya lewat pusatalatbantudengarmelawai.com. 

0 Response to "Jenis Gangguan Pendengaran hingga Alat Bantu Dengar yang Cocok"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel