Prodi SPAN PTKIN 2020 dan Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2020

Kepanjangan SPAN PTKIN 2020 adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN dan STAIN berdasarkan nilai raport dan prestasi akademik (bila ada).

SPAN PTKIN 2020 bisa dikuti oleh Siswa Kelas 12 atau yang akan lulus 2020.

Untuk alumni tidak bisa mendaftar SPAN PTKIN 2020.

SPAN PTKIN 2020 terbuka untuk semua sekolah baik SMA - SMK - MA - MAK - Pesantren Mu'adalah. Semua punya peluang lulus SPAN PTKIN yang sama.

SPAN PTKIN 2020 tidak ada sistem pemeringkatan seperti SNMPTN sehingga semua siswa bisa mendaftar jika memang berniat kuliah di UIN, IAIN atau STAIN. Pendaftaran SPAN-PTKIN dikoordinir oleh guru BK/kepala sekolah. Selanjutnya siswa akan diberikan ID pendaftaran dan pasword untuk login melanjutkan pendaftaran SPAN PTKIN dan memilih jurusan span ptkin 2020.

Sebaiknya jangan coba-coba daftar jika memang dari awal tidak niat ikut SPAN-PTKIN 2020. Apalagi jika dari awal sudah kurang suka dengan prodi SPAN PTKIN 2020. Silahkan disimak baik-baik SPAN PTKIN prodi. Apalagi jika anda mendaftar SNMPTN dan SPAN PTKIN sekaligus bisa lulus dua-duanya.
  • Jika memang tertarik dan serius SPAN PTKIN, silahkan mendaftar. 
  • Jika memang dari awal kurang suka SPAN PTKIN, sebaiknya tidak perlu mendaftar. 
InsyaAllah penilaian SPAN PTKIN adil karena sistem seleksi span ptkin berdasarkan pertimbangan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik seperti sertifikat akademik lainya. Ditambah dengan penilaian rekam jejak kinerja sekolah.

SPAN PTKIN 2020 tidak membuka pendaftaran Bidikmisi SPAN PTKIN. Namun, sistem pendaftaran Bidikmisi PTKIN baru akan dibuka setelah Anda sudah dinyatakan lulus SPAN PTKIN

Jadi seleksi SPAN PTKIN BIDIKMISI terpisah dengan website span-ptkin.ac.id.

Mayoritas Pendaftaran Bidikmisi SPAN PTKIN akan dibuka ketika sudah ada pengumuman SPAN PTKIN atau lebih jelasnya bisa langsung membuka website kampusmu masing-masing untuk informasi regristasi ulang/daftar ulang serta panduan pendaftaran bidikmisi SPAN PTKIN. 

Karena pendaftaran bidikmisi PTKIN ini diatur berbeda-beda tiap kampus. Kebanyakan PTKIN membuka pendaftaran bidikmisi ketika semester 1. Sehingga sebaiknya ketika semester 1 rajin mencari informasi di kampus anda berkuliah nanti.

Namun, ada juga beberapa PTKIN lain yang membuka pendaftaran bidikmisi SPAN PTKIN 2019 bersamaan dengan jadwal pendaftaran SPAN PTKIN 2020 yaitu Bidikmisi UIN Malang dan IAIN Pekalongan. Sehingga setelah kamu punya kartu peserta (kartu SPAN PTKIN yang isinya memilih kampus UIN Malang atau IAIN Pekalangan) maka bisa langsung mendaftar bidikmisi dan mengirimkan berkas ke UIN Malang atau IAIN Pekalongan jika kamu memilih prodi/jurusan di sana. Bukan setelah diterima seperti PTKIN lain. Ini khusus dua kampus tersebut sepengetahuan saya. Selengkapnya silahkan baca di website resmi kampus yang kamu incar dan cek di media sosial. Sering bertanya jika kurang jelas. 

Kabarnya, bidikmisi rencana diubah menjadi KIP Kuliah. 

Prodi SPAN PTKIN 2020 

Khusus untuk UIN sendiri memang ada yang membuka jurusan umum pada SPAN PTKIN & UM PTKIN. Sebagaimana UIN Raden Fatah Palembang yang membuka prodi umum di SPAN PTKIN dan  UM PTKIN yaitu jurusan Jurnalistik (IPS/SOSHUM) & Sistem Informasi (IPA/SAINTEK), sedangkan pada UIN Alauddin Makasar membuka jurusan Biologi, Fisika, Teknik Informatika, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Perpustakaan, Farmasi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika. Kebijakan tiap UIN memang berbeda beda karena biasanya jurusan UMUM ditawarkan di jalur SNMPTN, SBMPTN dan MANDIRI.

Meskipun demikian tidak semua STAIN, IAIN, UIN membuka prodi IPA atau IPS secara murni. Kebanyakan mengkombinasikan dengan Islam itu sendiri seperti Politik Islam, Akuntansi Syariah, Manajemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, Psikologi Islam, Sosiologi Islam, dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam.

Apakah span ptkin bisa lintas jurusan (dari IPA ke IPS atau IPS ke IPA)?

Sebenarnya diperbolehkan SPAN PTKIN lintas jurusan karena tidak ada aturan resmi yang melarang lintas jurusan. Namun untuk peluang lintas jurusan SPAN PTKIN 2020 mungkin sedikit lebih kecil mengingat ini adalah SPAN PTKIN yang proses seleksinya berdasarkan raport. 

Jika misalnya lintas jurusan dari IPA ambil prodi IPS, pertanyaan: apakah ada nilai raportmu yang IPS? Lagi lagi ini adalah jalur seleksi raport sehingga nilai raport yang menjadi salah satu pertimbangan utama panitia. Jika tidak ada nilai IPS, berarti siswa IPA yang memilih prodi IPS akan diseleksi dengan nilai IPA. Hasilnya? Panitia yang menentukan. Jadi sekali lagi Pertimbangkan kembali jika memang ikut SPAN-PTKIN lintas jurusan.

Peluang lulus SPAN PTKIN lebih besar jika kamu mengambil jurusan span ptkin yang linier dengan jurusan SMA. Misalnya dari jurusan IPS dan mengambil prodi yang linier dengan jurusanmu seperti Ekonomi syariah, Perbankan Syariah dan sebagainya. Untuk prodi-prodi keagamaan seperti Pendidikan Agama Islam (PAI), Hukum Keluarga, Manajemen Pendidikan Islam, Ilmu Hadist, Ilmu Alquran dan Tafsir, itu sebenarnya terbuka untuk Anda yang SMA IPS atau pun IPA..

Pun juga yang dari IPA (SAINTEK) pilih prodi span ptkin IPA seperti farmasi, teknik informatika pendidikan biologi, pendidikan kimia, pendidikan matematika dan sebagainya. Jadi, pikir yang matang apakah benar mau sepenuh hati lintas jurusan atau tidak. Pikirkan baik-baik. Saya tidak melarang lintas jurusan. Apalagi kadang ada PTKIN yang semua prodi SPAN PTKIN Soshum. Keputusan sepenuhnya ada di tangan kalian.

Harus diakui jika prodi SPAN PTKIN IPA (saintek) cukup terbatas sehingga wajar jika akhirnya banyak yang memilih span ptkin lintas jurusan dari IPA ke IPS.

Jadi jangan kaget jika kebanyakan prodi SPAN PTKIN & prodi UM PTKIN berbau keagamaan karena memang demikian adanya.

Jika minatnya prodi UIN yang UMUM maka masuknya lewat jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Informasi Prodi SPAN PTKIN 2020 bisa dilihat di => Jurusan SPAN PTKIN 2020

Apakah ada daftar UIN / IAIN / STAIN yang tidak mau dijadikan pilihan kedua? Tidak ada.
Apakah ada universitas yang tidak mau dinomorduakan dalam SPAN PTKIN ? Tidak ada.
Pada dasarnya setiap siswa bebas memilih pilihan ke-dua tanpa perlu takut dengan kampus yang tidak mau dinomorduakan. Tidak perlu pusing memikirkan universitas mana yang tidak mau jadi pilihan kedua karena mungkin tidak ada ketentuan urutan prodi secara khusu dalam SPAN PTKIN. Selama pilihan kedua kampus dan jurusan yang diambil cocok, tidak perlu khawatir dengan istilah tidak mau dinomorduakan. Urutan prodi berdasarkan priotas peserta.

Apa gunanya diberikan jatah memilih lebih dari satu jurusan jika tidak ada yang dinomorduakan? Jika ada universitas yang tidak mau dinomorduakan, sebaiknya ada kebijakan panitia bahwa peserta hanya pilih 1 jurusan dan 1 kampus saja.

Mungkin ada pertanyyan, kenapa yang lulus kebanyakan jurusan pilihan pertama? Wajar saja karena setiap pilihan pertama adalah prioritas utama siswa. Dan yang diseleksi pertama kali adalah pilihan pertama. Jika dari pilihan pertama sudah memenuhi (lulus) maka tidak diseleksi lagi dipiihan kedua. Sungguh aneh jika merasa menyesal diterima di pilihan pertama. Tarulah prodi dan kampus yang paling diminati pada pilihan pertama.

Idealnya memang UIN berada di pilihan pertama, tapi jika kamu lebih memilih masuk IAIN ya taruh IAIN dipilihan pertama. Kalian bebas memilih jurusan span ptkin uinsa, jurusan span ptkin uin jakarta, jurusan span ptkin uin jakarta, jurusan span ptkin uin bandung atau jurusan ptkin lain.

Kesimpulannya, pilihan pertama adalah prioritas paling utama, sedangkan pilihan kedua adalah prioritas yang kurang begitu utama namun juga juga kamu minati. Diterima di pilihan pertama atau kedua, harus siap untuk diambil jangan sampai tidak diambil. Jika niatnya tidak diambil, lebih baik tidak usah mendaftar saja. Bijaklah dalam melakukan pendaftaran span ptkin 2020.

Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2020

Sudah yakin dengan prodi yang akan kamu ambil di span ptkin? Selanjutnya silahkan dicatat jadwal pendaftaran SPAN PTKIN 2020.
Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2020
Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2020
Jika Anda ingin tahu Cara Mendaftar SPAN PTKIN 2020 bisa klik => Panduan Pendaftaran SPAN PTKIN 2020.

Baca juga prospek jurusan lain dibawah ini:
***
Mau belajar Materi UMPTKIN atau latihan Soal UMPTKIN 2020?

klik => UMPTKIN 2020


Soal UMPTKIN 2020 klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:


Jurusan SPAN PTKIN IAIN Malikussaleh Lhokseumawe
=> klik di sini<=

0 Response to "Prodi SPAN PTKIN 2020 dan Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2020"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel