KIvd339BgUeQ2GjwEjpirF0jbhwRuWMnxJPYkraz

Info PTDI-STTD dan Tahap Seleksi

STTD telah berubah menjadi PTDI STTD yaitu Politeknik Transportasi Darat Indonesia. Program studi PTDI - STTD meliputi D4 Transportasi Darat, D3 Manajemen Transportasi Jalan, D3 Manajemen Transportasi Perkeretapian. Siap ikut sipencatar STTD 2021?

Apa itu PTDI STTD?

Sejarah PTDI STTD (sumber: https://www.ptdisttd.ac.id/)
Sejarah PTDI STTD (sumber: https://www.ptdisttd.ac.id/)

Ada kegiatan ekstra kurikuler wajib minimal ikut 1 (satu) kegiatan yang diprogramkan. 

Kegiatan ektra kurikuler yang diprogramkan, meliputi :

1. Drumband

2. PBB

Pada saat menjadi peserta seleksi STTD atau calon taruna, Anda tidak hanya mengerjakan soal sipencatar PTDI - STTD saja tetapi juga diberikan beberapa tes yang harus dijalani hingga bisa lolos seleksi STTD. 

Melalui tes tersebut maka pihak pemerintah bisa menemukan kandidat yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Untuk beberapa tes tersebut bisa ditemukan melalui buku STTD 2020.

KLIK => Latihan Soal Sipencatar Kemenhub

Berikut adalah alur seleksi Pola Pembibitan PTDI STTD

Tahap 1 - Pendaftaran


Tahap 2 - Seleksi Administrasi


Tahap 3 - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tes ini terdiri dari tes intelegensi umum (TIU), tes karakteristik pribadi (TKP_, tes wawasan kebangsaan (TWK). 


Tahap 4 - Tes Kesehatan dan Kesamaptaan

Tes kesamaptaan PTDI STTD bisa tonton video ini:


Tahap 5 - Psikotes dan Wawancara

Untuk melalui tahap tes psikotes ini, ada biaya STTD yang harus dikeluarkan, yaitu kurang lebih sebesar 300-600 ribu. Bisa berubah tiap tahun. Soal psikotes ini sama seperti jenis tes psikotes yang lainnya, sehingga Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin supaya bisa mengerjakan tes psikotes dengan sebaik mungkin.

Semoga kamu dapat menjawab soal PTDI STTD dengan baik dan melewati seluruh tahapan seleksi STTD hingga akhir. Semoga.

Baca: Pendaftaran Sekolah Kedinasan


Contoh Soal

Supaya lebih memudahkan Anda dalam mengerjakan soal, berikut ini contoh soal STTD yang bisa dijadikan sebagai bahan belajar: 

1. Seorang  tentara ABRI sedang melakukan terjun payung di hutan. Melalui payung yang digunakan tersebut tentara bisa meluncur dengan kecepatan 7,2 m.s v-2 (pangkat minus dua). Sayangnya payung mendapatkan hambatan pada udara sebesar 350 n. Dengan kecepatan gravitasi 10 m.s-2, berapa massa tubuh tentara apabila massa peralatan payung 45 kg?
A. 60 kg.
B. 80 kg.
C. 70 kg.
D. 75 kg.
E. 78 kg.

2. Supaya bisa membersihkan bagian bawah mobil, maka sebuah tempat pencucian mobil membutuhkan pompa hidrolik dengan pembangkit mobil yang mempunyai diameter penghisap besar dan kecil yaitu 1:40. Supaya penghisap pompa kecil bisa mengangkat mobil bermassa 2,4 ton, berapa gaya yang dibutuhkan?
A. 24  N
B. 9   N.
C. 15  N.
D. .6   N.
E. 1,5 N.
 
3. Bola karet sengaja dilepaskan tanpa kecepatan awal pada ketinggian 36 cm. Setelah bola karet tersebut menumbuk lantai, maka bola memantul dan mempunyai ketinggian hingga 16 cm. Berapa tinggi pantulan bola pada pantulan yang ketiga?
A. 5,42 cm.
B. 6,51 cm.
C. 6,00 cm.
D. 7,11 cm.
E. 8,25 cm.

4. Seorang pemanjat tebing memiliki massa 75 kg dan membutuhkan waktu kisaran 10 menit untuk bisa mencapai puncak tebing dengan tinggi 44 meter. Berapa daya yang dibutuhkan orang tersebut?
A. 75 watt.
B. 64 watt.
C. 50 watt.
D. 55 watt.
E. 42 watt.

5. Petugas pom bensin melakukan pengisian tangki pada bahan bakar mobil bus sebanyak 180 liter bensin dan besar debit aliran bensin pada pipa sebesar 0,0004 m3.s-1. Berapa waktu yang dibutuhkan supaya tangki bensin bus tersebut penuh?
A. 6,0 menit.
B. 8,0 menit.
C. 7,5 menit.
D. 10 menit.
E. 8,5 menit.

Itulah contoh latihan soal STTD. Anda pun juga bisa menggunakan cara lain supaya pengetahuan Anda semakin luas. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pembelian buku Sipencatar 2020

Semakin banyak soal yang Anda baca dan dipelajari maka akan berpeluang besar pula bagi Anda supaya bisa lolos seleksi Sekolah Kedinasan Kemenhub 2020.

Baca juga tulisan lain di bawah ini: