Tips Ampuh Cara Mudah Menghafal Cepat Pelajaran dengan Otak Kanan

Tips Ampuh Cara Mudah Menghafal Cepat Pelajaran dengan Otak Kanan - Apakah Anda adalah orang yang sangat sulit menghafal? Bagi sebagian orang menghafal adalah sebuah pekerjaan yang menjenuhkan dan membosankan, terlebih lagi jika ia tidak suka terhadap apa yang akan ia hafal. Terkadang di sekolah maupun perguruan tinggi kita disuruh untuk menghafal sebuah pelajaran untuk mengukur sejauhmana tingkat pengetahuan kita. Apa yang akan kita hafal semua memori itu akan tersimpan dan tersusun rapi dalam sebuah hardware yaitu otak. Otak manusia memiliki kemampuan yang sanggup menyimpan berjuta file daya ingat.


Tahukah Anda, cara kerja memori otak kita adalah menyimpan setiap memori di tempatnya masing-masing dan saling berhubungan. Tinggal bagaimana kita mampu mencari dan mengelolanya. Nah, berbicara cara mengelola biasanya terkait erat dengan istilah akal fikiran. Akal fikiran  menurut Roger Walcott Sperry, otak manusia ada dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kiri cenderung lebih bersifat analisis, logis, matematis, sistematis, objektif, dan rasional. Sedangkan otak kanan lebih bersifat intuitif, kreatif, inovatif, imajinatif, subjektif, dan hilistik.

Dalam menghafal ada dua jenis otak, otak sisi kiri dan otak sisi kanan. Jika kita menghafal dengan otak sisi kiri tentunya akan memakan waktu lebih lama, karena otak kiri hanya mampu menerima memori yang bersifat logis dan sistematis, semuanya harus tersusun. Namun jika menghafal dengan menggunakan otak kanan tentunya akan lebih mudah dan cepat, kenapa? Karena menghafal dengan otak kanan lebih menggunakan imajinasi dan holistik dengan membangunkan alam bawah sadar yang kebanyak orang tidak menyadarinya. Baiklah, tanpa panjang lebar lagi, Pagunpost.Com akan berbagi Tips Ampuh Cara Mudah Menghafal Cepat Pelajaran dengan Otak Kanan.

Ilustrasi Memori Otak Manusia


Fokuskan Diri Anda dan Berkonsentrasilah

Agar Anda dapat menghafal dengan mudah dan cepat, fokuskan diri Anda dan berkonsentrasilah. Ketika Anda ingin menghafal namun fikiran Anda ada yang mengganggu atau pun stres maka untuk dapat menghafal dengan mudah dan cepat tidak akan dapat terjadi. Maka dari itu, tenangkan diri Anda, relaksasikan otak Anda dengan melakukan apa yang Anda sukai dan senangi. Pada saat konsentrasi Anda sudah pulih maka menghafallah, kata demi kata hingga terangkai sebuah kalimat, dari kalimat akan terangkai sebuah paragraf, dari paragraf akan terangkai menjadi sebuah halaman yang utuh. Lakukan hal itu secara terus-menerus hingga hafalan Anda benar-benar sudah masuk pada file memori otak kanan Anda.


Menghafal Menggunakan Media Menulis

Menulis adalah perbuatan yang sedari dulu sering dilakukan oleh setiap orang. Menulis merupakan media pembelajaran yang mampu mengaktifkan otak kanan. Dengan menulis secara tidak langsung kita membaca, dengan membaca kita akan mencoba memahami, dan ketika Anda telah memahami apa yang Anda tulis dan Anda baca otomatis Anda sudah hafal dengan sendirinya. Inilah metode klasik yang terkadang sering di spelekan oleh kita. Menulis merupakan wahana penyerapan ilmu sekaligus membaca. Jadi, jangan malas-malas untuk terus berlatih menulis. Selain menulis Anda juga membaca dan manfaat lainya dari menulis adalah tulisan Anda pun semakin indah.

Baca Juga : Pendidikan Karakter Berbasis Hipnoparenting




Menghafal Menggunakan Media Gambar


Menghafal menggunakan gambar juga mampu merangsang aktifnya otak kanan. Menghafal melalui media gambar ternyata lebih mudah dalam memahami sebuah pelajaran. Karena sensori motorik mata yang tertuju pada gambar akan masuk pada otak kanan, sehingga anak akan lebih mudah dalam menghafal. Hal ini dapat Anda buktikan sendiri kepada anak-anak Anda di rumah. Apakah anak lebih suka membaca atau kah melihat gambar. Tentunya anak-anak akan memilih melihat gambar dan membacanya serta mengingatnya. Media ini juga dapat Anda gunakan untuk merangsang minat belajar anak Anda di rumah.

Menghafal Menggunakan Media Musik

Musik adalah media yang mampu mengaktifkan otak kanan dan alam bawah sadar. Coba Anda simak ketika perayaan 17 Agustus yang di isi dengan musik kemerdekaan. Setiap siapa yang mendengarkan dan melantunkannya ia akan bersemangat dan seolah-olah masuk dalam irama musik tersebut seolah-olah melihat perjuangan para pahlawan bangsa. Atau kah pada pertandingan sepak bola dunia, yang mana setiap negara melantunkan lagu kebangsaannya dengan penuh kebanggaan. Coba Anda lihat kebiasan anak-anak sekarang yang suka menyanyikan lagu yang ia senangi, tanpa melihat tulisannya dan liriknya secara cepat ia sudah hafal lagunya. Seandainya metode ini dapat kita terapkan dalam belajar why not, kita pasti akan lebih mudah dalam menghafal pelajaran. Namun, dalam Islam ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa musik itu haram, untuk lebih aman mungkin bisa diganti dengan nasyid, sholawat atau murottal al quran.


Menghafal Menggunakan Mind Map

contoh mind mapping sederhana

Mind map adalah media yang sering digunakan untuk membuat alur tulisan menjadi lebih simple dan sederhana yang nterdiri dari poin-point besar. Mind map ternyata juga mampu untuk membantu dalam menghafal. Akan terasa lebih mudah menghafal buku yang tebal halamannya dengan membuatkan mind map sederhana dan sesuai keinginan dan selera kita. Terserah bagaimana metode belajarnya yang jelas itu membuat Anda nyaman. Sehingga Anda tidak merasa terbebani dan terpaksa dalam belajar.




Itulah beberapa Tips Ampuh Cara Mudah Menghafal Cepat Pelajaran dengan Otak Kanan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi rujukan referensi Anda dalam belajar menggunakan otak kanan yang sering terlupakan kedahsyatannya. Dan jangan lupa membaca artikel-artikel lainnya. Terimakasih.

0 Response to "Tips Ampuh Cara Mudah Menghafal Cepat Pelajaran dengan Otak Kanan"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !