SOAL UM-PTKIN 2019 IPS, IPA, IPC PEMBAHASAN/KUNCI JAWABAN & PREDIKSI

[Budayakan Membaca Sampai Selesai]

Mengerjakan SOAL UM PTKIN adalah salah satu jalur untuk bisa masuk perguruan tinggi keagamaan islam negeri seperti UIN (Universitas Islam Negeri), STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) dan IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Sebelum UMPTKIN biasanya ada SPAN PTKIN, kepanjangan SPAN PTKIN adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Meskipun demikian, jangan terlalu berharap pada jalur SPAN PKTIN karena dikhawatirkan saat pengumuman SPAN PKTIN dinyatakan tidak lolos dan saat itu baru mulai belajar materi UMPTKIN. Padahal jarak antara pengumuman SPAN PTKIN dan tes UMPTKIN sangat berdekatan. Kamu bakal minim persiapan. Bahkan, sainganmu udah banyak yang curi start belajar loh! 

Jurusan UM-PTKIN 2018 ada masuk kelompok tes soal IPS (SOSHUM) bila semua jurusan yang dipilih adalah IPS, kamu dapat soal IPA (SAINTEK) bila semua jurusan yang kamu pilih adalah IPA, sedangkan dikatakan dapat soal IPC (Campuran) bila memilih jurusan IPA & IPS.

Jadi, yang menentukan dapat soal tes IPA/IPS/IPC itu bukan dari asal jurusan SMA, tapi sesuai jenis jurusan yang akan DIPILIH di UIN/IAIN/STAIN nanti.

Misalnya atau hanya contoh:
  • Jika kamu ngambil jurusan Hukum Keluarga dan Komunikasi Penyiaran Islam, maka itu nanti masuk dalam UM PTKIN IPS. Karena semua jurusan-jurusan itu masuk dalam kategori IPS.
  • Jika ngambil Tadris Biologi dan Pendidikan Fisika maka masuk UM PTKIN IPA. Karena semua jurusan itu masuk kategori IPA.
  • Jika ngambil Sosiologi Islam (IPS), Politik Islam (IPS) dan Farmasi (IPA) maka masuk UM PTKIN IPC (Campuran IPA & IPS). Karena kamu ambilnya ada sebagian jurusan IPA dan sebagaian jurusan IPS. Bukan karena lintas jurusan dari IPA ke IPS.
Sudah paham?

Materi UM PTKIN sebenarnya hampir mirip dengan SBMPTN namun lebih ada unsur keagamaan Islam (Keislaman) dan (Kebahasaan) Bahasa Arab. Meskipun demikian, masih sulit dan langka ditemukan buku UMPTKIN berisi contoh soal UMPTKIN seperti contoh soal um ptkin ips, contoh soal um ptkin ips, contoh soal um ptkin ipa, dan contoh soal um ptkin ipc di TOKO BUKU.  

Nggak percaya?

buku UM-PTKIN IPS, IPA dan IPC 2018 kemarin

Buku UMPTKIN 2019 masih proses produksi. Tapi kamu sudah bisa PESAN dulu dengan mengisi formulir klik => disini . Hanya yang terdaftar sebagai pemesan yang akan DIHUBUNGI saat buku sudah terbit. PESAN aja dulu. BAYAR jika sudah TERBIT. Stok terbatas!


Jika tidak percaya silahkan datang ke toko buku kemudian cari buku UM PTKIN, bisa saya pastikan jarang atau bahkan tidak ada sama sekali. Kebanyakan hanya ada buku SBMPTN dan STAN. Perlu diketahui juga, tidak ada kisi-kisi UM PTKIN. Buku UM PTKIN memang langka dan hanya ada secara online lengkap dengan kata sandi (pasword). Apalagi UMPTKIN sudah menerapkan CBT dan PBT.

Perlu diketahui juga, biasanya prodi/jurusan banyak peminat itu Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah. Untuk jurusan lain relatif agak sepi peminat. Bukan berarti kamu nggak boleh milih jurusan itu, tapi buat gambaran aja agar kamu belajar umptkin lebih giat.

Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan daftar isi dari Soal UM-PTKIN dari tahun-tahun (soal UM PTKIN 2014, 2015, 2016, 2017) dan prediksi soal UMPTKIN 2018www.um-ptkin.ac.id 2018 Ujian Jalur Tulis, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) IPA IPS

Paket UM-PTKIN IPS/IPA/IPC 2018 berisi soal asli & pembahasan 5 tahun, yaitu =
PREDIKSI SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC 2018:
Soal & Pembahasan Prediksi TKD UM-PTKIN 2018
Soal & Pembahasan Prediksi TKB IPS/IPA/IPC UM-PTKIN 2018

DOWNLOAD SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC2017:

Soal & Pembahasan TKD UM-PTKIN 2017
Soal & Pembahasan TKB IPS/IPA/IPC UM-PTKIN 2017

DOWNLOAD SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC 2016:

Soal & Pembahasan TPA dan Academic Attitude 2016
Soal & Pembahasan Tes Kebahasaan 2016
Soal & Pembahasan Tes Keislaman 2016
Soal & Pembahasan Tes Bidang Studi IPS/IPA/IPC 2016

DOWNLOAD SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC 2015:

Soal & Pembahasan Tes Potensi dan Sikap Akademik (TPSA) 2015
Soal & Pembahasan Tes Kebahasaan 2015
Soal & Pembahasan Tes Keislaman 2015
Soal & Pembahasan Tes Bidang Studi IPS/IPA/IPC 2015                                                     

DOWNLOAD SOAL UM-PTAIN IPS/IPA/IPC 2014:

Soal & Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) 2014
Soal & Pembahasan Tes Bidang Studi Dasar (TBSD) 2014
Soal & Pembahasan Tes Wawasan Keislaman (TWK) 2014
Soal & Pembahasan Tes Bidang Studi IPS/IPA/IPC2014
---

Jumlah Soal UM-PTKIN

Soal UM-PTKIN berisi:

TKD 95 soal terdiri: TPA (Tes Potensi Akademik) = 45 soal, Bahasa Inggris = 10 soal, Bahasa Arab = 10 soal, Keislaman = 30 soal
dan
TKB IPS = 20 Soal (bagi siswa yang memilih jurusan IPS)
TKB IPA = 25 Soal (bagi siswa yang memilih jurusan IPA)
TKB IPC = 35 Soal (bagi siswa yang memilih jurusan IPC)


Kuatkan tekat dan bulatkan niat!
Bukti testimoni dan dapat dipercaya
asli tanpa tipu-tipu

Catatan:
Buku UMPTKIN 2019 masih proses produksi ya. 
Tapi kamu sudah bisa PESAN dulu dengan mengisi formulir klik => disini
Hanya yang terdaftar sebagai pemesan yang akan DIHUBUNGI saat buku sudah terbit.
PESAN aja dulu. BAYAR jika sudah TERBIT.



AWAS! Buku ini dapat menyebabkanmu Lolos UMPTKIN dengan izin Allah

TESTIMONI MEREKA YANG SUDAH BELI BUKU/ FILE PDF UM PTKIN





Testimoni lulus um ptkin lengkap bisa dibaca di sini

Tips lulus um ptkin saya dulu belajar dari soal-soal tersebut karena memang berisi kumpulan soal-soal UMPTKIN yang disertai pembahasan/kunci jawaban dari tahun ke tahun. Itu sangat membantu dalam mengerjakan UMPTKIN, dan Alhamdulillah saya Lolos UMPTKIN 2016. Dengan memiliki soal UMPTKIN berarti makin tau model soal yang sering muncul atau keluar. Dan seperti yang sudah saya bilang tadi bahwa sangat sulit mencari SOAL UMPTKIN di toko buku. Dari soal-soal tersebut kita jadi tau materi apa saja yang keluar di UM-PTKIN.

Itulah beberapa daftar soal yang bisa kalian pelajari. Semangat untuk adik-adik yang hendak mendaftar UM-PTKIN 2018. Ikhtiar, berdoa dan tawakal apapun hasilnya nanti, itulah yang terbaik menurut Allah. Sistem penilaian UM-PTKIN tahun lalu adalah salah 0, benar +1, tidak dijawab 0. Untuk tahun ini, saya belum mendapatkan informasi terbaru.

Seharusnya kita belajar soal UM-PTKIN mulai dari sekarang sebelum jauh tertinggal dari para sainganmu. Semakin matang persiapan, semakin besar untuk Lolos UMPTKIN 2019!


Jadwal tes UM-PTKIN 2019 sudah di depan mata!
Sudah berapa persen persiapanmu?

Namanya juga SELEKSI, jadi nggak mungkin semua yang daftar lolos.
Hanya mereka-mereka yang terbaik yang bisa LOLOS.

Kuatkan tekat dan bulatkan niat!
Bukti testimoni dan dapat dipercaya
asli tanpa tipu-tipu

AWAS! Buku ini dapat menyebabkanmu Lolos UMPTKIN dengan izin Allah

Proses packing
semoga cepat sampai dirumah pemesan


Beberapa PTKIN yang dapat kamu pilih:
UIN Alauddin, Makassar (Sulawesi Selatan)
UIN Antasari, Banjarmasin (Kalimantan Selatan)
UIN Ar-Raniry, Banda Aceh (Aceh)
UIN Imam Bonjol, Padang (Sumatera Barat)
UIN Mataram, Mataram (Nusa Tenggara Barat)
UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang (Jawa Timur)
UIN Raden Fatah, Palembang (Sumatera Selatan)
UIN Raden Intan, Bandar Lampung (Lampung)
UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Serang (Banten)
UIN Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru (Riau)
UIN Sultan Thaha Saifuddin, Muaro Jambi (Jambi)
UIN Sumatera Utara, Medan (Sumatera Utara)
UIN Sunan Ampel, Surabaya (Jawa Timur)
UIN Sunan Gunung Djati, Bandung (Jawa Barat)
UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta (D.I. Yogyakarta)
UIN Syarif Hidayatullah - UIN Jakarta
UIN Walisongo, Semarang (Jawa Tengah)
IAIN Tulungagung, Tulungagung (Jawa Timur)
STAIN Pamekasan, Pamekasan (Jawa Timur)
IAIN Palangka Raya, Palangka Raya (Kalimantan Tengah)
IAIN Ternate, Ternate (Maluku Utara)
IAIN Purwokerto
IAIN Surakarta
IAIN Sultan Syarif Kasim Riau

IAIN Bukittinggi Sumatera Barat
dan masih banyak lagi

Jangan lupa like facebook dibawah ini:

Selamat berjuang mendapatkan kursi di universitas favoritmu.
Tiada hasil yang mengkhianati usaha.
Semoga dilancarkan dalam mengerjakan tes tulis UMPTKIN 2019!

49 Responses to "SOAL UM-PTKIN 2019 IPS, IPA, IPC PEMBAHASAN/KUNCI JAWABAN & PREDIKSI"

  1. Begitu sangat membantu ujian saya nanti pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lancar dalam mengerjakan soal umptkin ya

      Hapus
  2. Balasan
    1. mirip, bedanya ada soal-soal seperti sejarah, bahasa arab, fikih/fiqih, akhlak, dan alquran hadist

      Hapus
  3. Maaf kak.. kalau mau download masih bisa nggak ya? Kok link buat download soal" udah nggak ada?

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. download soal umptkin sudah bisa ya, silahkan di coba

      Hapus
  5. kak kalau masuknya tadris bahasa inggris masuknya UM IPC ?

    BalasHapus
  6. kak mau nanya sistem penilaian um ptkin yang tahun ini kayak gimana ya?

    BalasHapus
  7. Tahun lalu, sistem penilaian um-ptkin benar 1,salah 0,tidak dijawab/kosong 0

    BalasHapus
  8. Kak, kalo saya mau ambil jurusan PAI ujian nya pake IPS atau IPC kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAI itu IPS. setiap siswa kan milih 3jurusan.. kalau kamu milih PAI (IPS) sama jurusan lain misalnya farmasi (IPA) nanti bakal dpet IPC.

      kalau kamu milih PAI (IPS) sama misal jurusan ekonomi (IPS) berarti ya dapat ujian IPS..

      Hapus
  9. Kak kalo masuk jurusan Syari'ah ngambilnya IPS atau IPC ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. IPS lah,
      IPC kalau dari 3 jurusan yang km ambil itu campuran IPA dan IPS

      Hapus
  10. Permisi ka..Apa ada group wa khusus mahasiswa yang mengambil jalur um-ptkin..
    Biar berkonsultasinya lebih mudah
    Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dilihat di atas ya, ada nomornya kok

      Hapus
  11. Permisi kA
    Apa ada group Wa yang meliputi um-ptkin?
    Terimakasih

    BalasHapus
  12. Kak, kalo PAI (Pendidikan Agama Islam)
    ambil IPS ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAI masuk IPS

      tapi kalau kamu ngambil PAI dan jurusan yang IPA, maka dapatnya IPC

      Hapus
  13. Kk kalo mau ambil tadris b.inggris sama komunikasi penyiaran islam soalx ipc atau ips??

    BalasHapus
    Balasan
    1. IPS

      pokoknya yang IPA itu kayak farmasi, kedokteran, sistem informasi

      Hapus
  14. Klo daftar umptkin, boleh pilih jurusan berapa??, misal maks. pilih 3 jurusan, nah itu boleh ga pilih 3 jurusan tp di UIN yg beda2

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebas ya, beda univ bisa, univ sama juga boleh

      Hapus
  15. pdf ips msih ada gak??

    BalasHapus
  16. Kak mau tny, kmren waktu ngisi data nisn itu ada yg salah dan udah gak bisa diubah gmana ya kak pdh waktu ngisi sih udah bener eh waktu mau cetak kartu ujian kok ternyata salah beda gitu

    BalasHapus
  17. Iya kak gak ada 000 nya trs belakangnya beda apa emang gitu ya
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya angka 000 didepan tidak terbaca dek oleh sistem...kayaknya semua yang NISN berawal 000 jadinya gitu

      Hapus
  18. Maaf ka saya pengen nanya. Sistem penilaiannya gimana yah ka?

    BalasHapus
  19. Ka mau nanya. Sistem penilaiannya gimana yah?

    BalasHapus
  20. Kak tadi pagi jam 9 lewat udah survey ruangan tapi kok gak nemu ya apa belum di tempel?

    BalasHapus
  21. Mau beli buku, ko di wa gapernah dibales ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. WA ulang aja ya, jangan sms/telpon karena nomor sedang eror

      Hapus
  22. Kalo pariwisata syriah itu ips ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya masuk jurusan IPS (soshum)

      Hapus
  23. Kak mau nanya kalo mau pesen kira kira sampe rumah berapa hari yah? Alamat saya di cilacap

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau buku, sekitar 3-6 harian ya...

      Hapus
  24. Ka ada grup buat jalur mandiri ngga yah makasih

    BalasHapus
  25. Kaka buku yang tahun 2019 ready kapan yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ngisi data dulu, nanti akan dihubungi jika buku umptkin 2019 sudah ada...

      Hapus
  26. Ka ada grup yg ngebahas soal2 umptkin ga? Kalau ada aku mau masuk

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum kak,,misalnya kalu mau ambil jurusan Pendidikan agama islam itu masuknya di saintek atau soshum??

    BalasHapus
  28. kak kalau tadris matematika itu masuk saintek atau soshum

    BalasHapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel