Soal UM-PTKIN 2019 Lengkap IPS, IPA, IPC Pembahasan/Kunci Jawaban & Prediksi

[Budayakan Membaca Sampai Selesai]

Mengerjakan SOAL UM PTKIN adalah salah satu jalur untuk bisa masuk perguruan tinggi keagamaan islam negeri seperti UIN (Universitas Islam Negeri), STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) dan IAIN (Institut Agama Islam Negeri). UMPTKIN adalah salah satu jalur masuk PTKIN yang berbasis tes tulis yang peluang lolosnya sangat besar karena kuota um ptkin yang akan diterima sebesar 40% dari total keseluruhan daya tampung dibanding peluang lulus span ptkin yang hanya akan diambil 20% saja kuotanya.

Pelaksanaan tes UM PTKIN 2019 dilakukan setelah jadwal pengumuman SPAN PTKIN. Kepanjangan SPAN PTKIN adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang hanya bisa diikuti siswa kelas 12 sekarang dan pendaftarannya harus melalui pihak sekolah agar siswa mendapatkan ID pendaftaran dan password SPAN PTKIN.

Jadwal SPAN PTKIN 2019
Pengisian PDSS SPAN PTKIN 2019: 23 Januari - 28 Februari 2019.
Pendaftaran SPAN PTKIN 2019: 23 Januari - 28 Februari 2019.
Pengumuman SPAN PTKIN 2019: 1 April 2019

Sedangkan Jadwal UM PTKIN 2019
Jadwal Pendaftaran UM PTKIN 2019: 2-30 April 2019
Jadwal tes UM PTKIN 2019: 28 Mei 2019
Pengumuman UM PTKIN 2019: 1 Juli 2019.

Meskipun demikian, jangan terlalu berharap pada jalur SPAN PKTIN karena dikhawatirkan saat pengumuman SPAN PKTIN Anda dinyatakan tidak lolos dan baru mulai belajar materi UM PTKIN pada saat itu.

Padahal perlu diketahui jarak antara pengumuman SPAN PTKIN dan tes UM PTKIN sangat berdekatan. Dari pada minim persiapan, lebih baik mulai sekarang mulai belajar mencari contoh soal um ptkin ips, contoh soal um ptkin ipa, atau contoh soal um ptkin ipc agar punya gambaran seperti apa tipe soal umptkin yang sering muncul. Bahkan, para pesaingmu ada yang sudah menyicil belajar soal um ptkin 2018 tahun lalu sejak jauh-jauh hari.
Pelaksanaan tes ujian UMPTKIN bisa dilakukan dengan Computer Based Test (CBT) atau Paper Based Test (PBT). Anda dapat memilih menggunakan ujian komputer atau menggunakan kertas. Kuota ujian komputernya terbatas jumlah dan tempat tesnya. Tidak semua tempat tes um ptkin menyediakan opsi ujian komputer.
Oleh karena itu, yuk persiapkan UM PTKIN 2019 jauh-jauh hari agar persiapanmu maksimal.
buku umptkin 2019 persiapan um ptkin 2019 contoh soal um ptkin ips ipa ipc pembahasan
Buku UMPTKIN 2019
Tertarik pesan buku atau tanya jurusan?
Bisa klik gambar dibawah ini:


Jurusan UM PTKIN 2019 yang akan kamu pilih menentukan kelompok tes yang akan kamu peroleh. Maksimal prodi yang bisa dipilih di UM PTKIN adalah 2 prodi pilihan (1 PTKIN atau 2 PTKIN).
  • Kelompok tes soal UM PTKIN IPS (SOSHUM) bila semua jurusan yang dipilih adalah IPS
  • Kelompok tes soal UM PTKIN IPA (SAINTEK) bila semua jurusan yang kamu pilih adalah IPA
  • Kelompok tes soal UM PTKIN IPC (CAMPURAN) bila dari 2 jurusan yang kamu pilih terdiri dari 1 jurusan IPA &  1 jurusan IPS.
Jadi, yang menentukan dapat soal kelompok tes IPA/IPS/IPC itu bukan dari asal jurusan SMA, tapi sesuai jenis jurusan yang akan kamu ambil di UIN/IAIN/STAIN nanti.
Misalnya:
  • Jika memilih prodi um ptkin 2019 contohnya jurusan Pendidikan Agama Islam (IPS) dan Komunikasi Penyiaran Islam (IPS), maka itu nanti masuk dalam UM PTKIN IPS. Karena semua jurusan-jurusan itu masuk dalam kategori rumpun IPS (Soshum).
  • Jika memilih prodi um ptkin 2019 contohnya Tadris Biologi dan Pendidikan Fisika maka masuk UM PTKIN IPA. Karena semua jurusan itu masuk kategori IPA.
  • Jika memilih porodi um ptkin 2019 contohnya Sosiologi Islam (IPS), Ekonomi Syariah (IPS) dan Farmasi (IPA) maka masuk UM PTKIN IPC (Campuran IPA & IPS). Karena prodi yang diambil ada yang satu yang jurusan IPA (Farmasi) dan dua jurusan IPS (Sosiologi Islam & Ekonomi Syariah). Sudah jelas sekali jika IPC bukan karena lintas jurusan dari IPA ke IPS. 

Materi UM PTKIN 2019

Kelompok Ujian UM PTKIN IPS (Peminat Program Studi  bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan). Soal UM PTKIN IPS 2019 terdiri dari: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa, (3) Keislaman, dan (4) Kemampuan IPS.

Kelompok Ujian UM PTKIN IPA (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi). Soal UM PTKIN IPA 2019 terdiri dari: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa, (3) Keislaman, dan (4) Kemampuan IPA.

Kelompok Ujian UM PTKIN Campuran atau IPC (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan). Soal UM PTKIN IPC 2019 terdiri dari: (1) Tes Potensi Akademik (2) Bahasa (3) Keislaman (4) Kemampuan IPS dan (5) Kemampuan IPA.

Sekadar informasi biasanya jurusan banyak peminat atau bisa dibilang prodi favorit pada UM PTKIN maupun SPAN PTKIN 2018 lalu yang rata-rata banyak dipilih adalah Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah dan Komunikasi Penyiaran Islam. Jurusan lain juga cukup ketat dan banyak peminat baik daftar melalui SPAN PTKIN maupun UM PTKIN. Oleh karena itu, persaingan masuk PTKIN tidak bisa dianggap remeh. Mari mulai rajin belajar mempersiapkan bekal ujian tes um ptkin 2019.

Apakah UMPTKIN 2019 seperti SBMPTN yang harus ikut UTBK terlebih dahulu? Tidak. Sistem UMPTKIN yaitu daftar dulu - pilih jurusan - tes ujian - pengumuman. 

Materi UM PTKIN sebenarnya tidak juga mirip dengan SBMPTN karena lebih ada unsur keagamaan Islam (Soal Keislaman UM PTKIN) dan (Soal Kebahasaan UM PTKIN) Bahasa Arab. Jika kamu bisa mengerjakan soal keislaman dan kebahasaan dengan baik, maka akan menjadi lumbung nilai cukup banyak dibanding temanmu yang hanya belajar SBM tanpa belajar UM PTKIN.

Sayangnya, masih sulit dan langka ditemukan buku UMPTKIN berisi contoh soal UMPTKIN seperti contoh soal um ptkin ips, contoh soal um ptkin ips, contoh soal um ptkin ipa, dan contoh soal um ptkin ipc di toko buku atau pun file download soal um ptkin pdf. Jika soal um ptkin 2018 pdf biasanya terdapat kata sandi (password) tidak lengkap karena memang tidak gratis.

Jika tidak percaya silahkan datang ke gramedia atau toko buku lainnya untuk mencari buku UM PTKIN. Bisa saya pastikan jika buku um ptkin di gramedia tidak tersedia. Kebanyakan hanya ada buku SBMPTN, CPNS dan STAN. Apalagi tidak ada kisi-kisi UM PTKIN yang diberikan oleh pihak panitia. Sehingga, mau belajar soal um ptkin darimana jika tidak dari soal umptkin dan pembahasan?

Jangan khawatir karena saya menyediakan kumpulan Soal UMPTKIN 2019 disertai pembahasan lengkap edisi 5 tahun. Sudah banyak testimoni mereka yang menggunakan buku edisi sebelumnya dan berhasil lulus UMPTKIN. Lengkap dengan materi um ptkin 2019.
buku um ptkin ips 2019, jual buku soal um ptkin ipa 2019, jual buku um ptkin ipc 2019
Buku UM PTKIN 2019 tersebut berisi kumpulan paket soal UM PTKIN dan pembahasan edisi 5 tahun mulai soal um ptkin 2018, 2017, 2016, 2015 dan prediksi soal um ptkin 2019. tersedia Buku UM PTKIN IPS, Buku UM PTKIN IPA dan Buku UM PTKIN IPC yang menyesuaikan dengan jurusan yang akan diambil.


Pesan Buku buku? hubungi
SMS/WhatsApp 085785087038 atau klik=> pesan di sini
BONUS masuk grup WhatsApp Pejuang UM-PTKIN 2019
Buku langka, banyak dicari, stok terbatas!
Pesan soal klik gambar chat dibawah ini:

AWAS! Buku ini dapat menyebabkanmu Lolos UMPTKIN dengan izin Allah

PREDIKSI SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC 2019:
Soal & Pembahasan Prediksi TKD UM-PTKIN 2019
Soal & Pembahasan Prediksi TKB IPS/IPA/IPC UM-PTKIN 2019

DOWNLOAD SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC 2018:
Soal & Pembahasan Prediksi TKD UM-PTKIN 2018
Soal & Pembahasan Prediksi TKB IPS/IPA/IPC UM-PTKIN 2018

DOWNLOAD SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC2017:
Soal & Pembahasan TKD UM-PTKIN 2017
Soal & Pembahasan TKB IPS/IPA/IPC UM-PTKIN 2017

DOWNLOAD SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC 2016:
Soal & Pembahasan TPA dan Academic Attitude 2016
Soal & Pembahasan Tes Kebahasaan 2016
Soal & Pembahasan Tes Keislaman 2016
Soal & Pembahasan Tes Bidang Studi IPS/IPA/IPC 2016

DOWNLOAD SOAL UM-PTKIN IPS/IPA/IPC 2015:
Soal & Pembahasan Tes Potensi dan Sikap Akademik (TPSA) 2015
Soal & Pembahasan Tes Kebahasaan 2015
Soal & Pembahasan Tes Keislaman 2015
Soal & Pembahasan Tes Bidang Studi IPS/IPA/IPC 2015

Jumlah Soal UM-PTKIN

Soal UM-PTKIN berisi: 
TKD sebanyak 95 soal dengan rincian TPA (Tes Potensi Akademik) = 45 soal, Bahasa Inggris = 10 soal, Bahasa Arab = 10 soal, Keislaman = 30 soal. 
ditambah
TKB IPS = 20 Soal (bagi siswa yang memilih jurusan IPS)
TKB IPA = 25 Soal (bagi siswa yang memilih jurusan IPA)
TKB IPC = 35 Soal (bagi siswa yang memilih jurusan IPC)

Testimoni Mereka yang Lulus UM-PTKIN 2018





dan masih banyak testimoni lainnya....


Sistem penilaian UM-PTKIN 2018 adalah salah 0, benar +1, tidak dijawab 0. Untuk sistem penilaian 2019, saya belum mendapatkan informasi terbaru.

Tips lulus um ptkin adalah belajar dari soal-soal tahun sebelumnya karena memang berisi kumpulan soal-soal UMPTKIN dan pembahasan/kunci jawaban dari tahun ke tahun. Itu sangat membantu dalam mengerjakan UMPTKIN karena menjadi bahan latihan atau simulasi sebelum berperang melawan "soal umptkin 2019".

Saya sendiri pernah pengalaman ikut um ptkin dan alhamdulillah saya Lolos UMPTKIN 2016. Dengan memiliki soal UMPTKIN berarti makin tau model soal um ptkin yang sering muncul atau keluar. Dari soal-soal tersebut kita jadi tahu materi UM-PTKIN itu tentang apa saja. Kabar buruknya, stok buku ini terbatas dan sekali lagi sangat sulit bahka tidak ada SOAL UMPTKIN di toko buku. Tim kami hanya menjual secara online saja. Jika tertarik, silahkan pesan buku umptkin 2019 berikut ini:

Soal UM-PTKIN IPS 2019, SOAL UM PTKIN IPA 2019, SOAL UMPTKIN IPC 2019 DOWNLOAD
Pesan Buku UM PTKIN IPS, IPA, & IPC hubungi
SMS/WhatsApp 085785087038 atau klik=> pesan di sini
BONUS masuk grup WhatsApp Pejuang UM-PTKIN 2019
Buku langka, banyak dicari, stok terbatas!
Pesan cepat klik gambar chat dibawah ini:

Semoga daftar isi soal umptkin yang ada di buku um ptkin bisa kalian pelajari. Semangat untuk adik-adik yang hendak mendaftar UM-PTKIN 2019. Ikhtiar, berdoa dan tawakal apapun hasilnya nanti, itulah yang terbaik menurut Allah.

Belajarlah soal UM-PTKIN mulai dari sekarang sebelum jauh tertinggal dari para sainganmu. Semakin matang persiapan, semakin besar untuk Lolos UMPTKIN 2019!

Jadwal pelaksanaan tes UM-PTKIN 2019 sudah di depan mata (28 Mei 2019), sudah berapa persen persiapanmu?

Nggak mungkin semua yang daftar akan lolos, hanya mereka-mereka yang terbaik yang bisa LOLOS.
Proses packing buku um-ptkin
semoga cepat sampai dirumah pemesan
Alhamdulillah, selamat belajar um-ptkin


Beberapa PTKIN yang dapat kamu pilih:
UIN Alauddin, Makassar (UIN Makassar)
UIN Antasari, Banjarmasin (UIN Banjarmasin)
UIN Ar-Raniry, Banda Aceh (UIN Aceh)
UIN Imam Bonjol, Padang (UIN Padang)
UIN Mataram, Mataram (UIN Mataram)
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang)
UIN Raden Fatah, Palembang (UIN Palembang)
UIN Raden Intan, Bandar Lampung (UIN Lampung)
UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Serang (UIN Banten)
UIN Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru (UIN Suska Riau)
UIN Sultan Thaha Saifuddin, Muaro Jambi (UIN Jambi)
UIN Sumatera Utara, Medan (UIN Sumatera Utara)
UIN Sunan Ampel, Surabaya (UINSA)
UIN Sunan Gunung Djati, Bandung (UIN Bandung)
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka)
UIN Syarif Hidayatullah - (UIN Jakarta)
UIN Walisongo, Semarang (UIN Semarang)
IAIN Tulungagung, Tulungagung (Jawa Timur)
IAIN Kediri (Jawa Timur)
IAIN Madura (dulu STAIN Pamekasan)
IAIN Palangka Raya, Palangka Raya (Kalimantan Tengah)
IAIN Ternate, Ternate (Maluku Utara)
IAIN Purwokerto
IAIN Surakarta
IAIN Samarinda
IAIN Dato Karama Palu
IAIN Parepare
IAIN Bone
IAIN Palopo
IAIN Kendari
IAIN Ternate
IAIN Bukittinggi Sumatera Barat
dan masih banyak lagi PTKIN lainnya.

Jangan lupa like facebook dibawah ini untuk update info terbaru tentang UM-PTKIN:
Selamat berjuang mendapatkan kursi di universitas favoritmu. Tiada hasil yang mengkhianati usaha. Semoga dilancarkan dalam mengerjakan tes UMPTKIN 2019 dan mendapatkan hasil terbaik saat pengumuman UM-PTKIN 2019 pada 1 Juli 2019 nanti.
Pesan Buku UM PTKIN IPS, IPA, & IPC hubungi
SMS/WhatsApp 085785087038 atau klik=> pesan di sini
BONUS masuk grup WhatsApp Pejuang UM-PTKIN 2019
Buku langka, banyak dicari, stok terbatas!
Sudah ada materi tes UM PTKIN plus 
motivasi sukses UM-PTKIN
Pesan cepat klik gambar chat dibawah ini:


Jika ingin download soal um ptkin pdf bisa klik => um ptkin pdf

"Tidak penting seberapa lambat kamu paham, asalkan kamu tidak pernah berhenti untuk belajar."
"Usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah sia-sia."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel