Apa Saja Materi UMPTKIN?

Kumpulan Materi UMPTKIN - Memasuki perguruan tinggi negeri menjadi cita-cita hampir seluruh pelajar yang ada di indonesia. Meski untuk masuk kedalamnya bukan hal yang mudah dan membutuhkan perjuangan ekstra. Apa saja materi UMPTKIN? Sehingga anda dapat menembus perguruan tinggi negeri keagamaan islam di Indonesia. 

Terlebih saat ini perguruan tinggi negeri keagamaan islam di Indonesia, juga tak kalah bagusnya dengan perguruan tinggi negeri. Sehingga tidak heran jika banyak yang mengincar jurusan tertentu di UIN, IAIN maupun STAIN. Berikut merupakan beberapa bahasan mengenai tips dan materi UMPTKIN sehingga bisa dipelajari lebih dalam agar bisa menguasainya. 


Apa Saja Materi UM-PTKIN? 

Sebelum mengetahui materi ujian, maka perlu diketahui mengenai pendaftaran ujian. Jadwal pelaksanaan UMPTKIN cenderung terjadi perubahan tiap tahunnya. Namun informasi tersebut bisa diakses melalui website resmi UMPTKIN 2020. Dengan begitu, tidak perlu khawatir dengan berita yang simpang siur dan terkadang meresahkan.

Namun yang jelas, pendaftaran UM-PTKIN ini akan dilaksanakan setelah pengumuman SPAN-PTKIN. Pendaftaran biasanya berkisar antar bulan april-mei, sedangkan pelaksanaan ujian biasanya berkisar antara bulan mei-juni. Sehingga bagi anda yang belum mempersiapkan ujian dengan mengerjakan Soal Soal UM-PTKIN, maka bisa segera mempersiapkannya. 

Berikut merupakan beberapa cara yang harus dilakukan jika ingin mengikuti seleksi UM-PTKIN, 
  1. Mendaftar pada website resmi UM-PTKIN.AC.ID untuk mendapatkan mendapatkan nomor slip instruksi pembayaran (SIP)
  2. Kemudian melakukan pembayaran pada bank BNI maupun bank lain yang yang telah mendukung transfer antar bank. 
  3. Setelah itu, maka anda akan mendapatkan nomor slip instruksi pembayaran dan PIN, keduanya digunakan untuk login di www.um-ptkin.ac.id. 
  4. Jika sudah maka pilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian, dan tipe ujian sesuai keinginan
  5. Baru setelah itu, dapat mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian sesuai degan jadwal yang telah ditentukan. 

Memilih Program Studi

Langkah yang tidak kalah penting saat melakukan pendaftaran UMPTKIN adalah, memilih program studi yang ingin diambil. Umumnya akan diperkenankan memilih tiga PTKIN berbeda, dengan tiga program studi yang berbeda pula atau boleh prodi sama namun beda universitas. Urutan yang dipilih akan menunjukkan prioritas yang ingin anda masuki, sehingga harus diperhatikan baik-baik. 

Jurusan yang dipilih akan menentukan jenis TES. Ada UMPTKIN IPS, UMPTKIN IPA dan UMPTKIN IPC (campuran)

Dalam melakukan tahapan ini pada dasarnya memiliki ketentuan tersendiri. Sebab jika tidak jeli dalam memilih program studi, maka akan berakibat pada hasil ujian dalam seleksi ini. Sehingga jika ingin masuk ke jurusan dan perguruan tinggi negeri yang diinginkan, maka harus sering mengerjakan contoh soal UMPTKIN

Anda harus dapat mengukur kemampuan yang dimiliki dan disesuaikan dengan passing grade yang ada di jurusan tersebut. Sehingga, dengan nilai sekolah yang saat ini dimiliki, kira-kira akan lebih diterima di jurusan apa?. Untuk hal ini, anda harus pandai menilai diri sendiri, serta jangan terlalu memaksakan kehendak. 

Selain sering mengerjakan kumpulan soal UMPTKIN, penting juga untuk mengukur terlebih dahulu kemampuan yang dimiliki. Hal ini untuk menghindari agar anda tidak sampai masuk ke dalam golongan orang-orang yang merasa “salah jurusan.”


Cara Mengurutkan Pilihan Jurusan

Hal penting yang perlu dilakukan saat pendaftaran selain download soal dan pembahasan um-ptkin untuk dipelajari, adalah mengurutkan pilihan jurusan sesuai prioritas keinginan. Tentukan terlebih dahulu jurusan prioritas yang diinginkan, jika sudah urutkanlah secara berhati-hati.

Pada urutan pertama, sebagian besar orang memilih jurusan favorit yang memiliki peminat tinggi di perguruan tinggi tersebut. Baru nanti di urutan kedua dan seterusnya, memilih jurusan yang diinginkan dengan peminat yang lebih sedikit. Dengan begitu maka masih ada peluang untuk diterima di pilihan kedua dan ketiga. Meski begitu, anda tidak harus memilih jurusan menggunakan metode tersebut. 


Materi Ujian

Seleksi UM-PTKIN merupakan sebuah ujian tertulis yang setara dengan ujian SBMPTN, hanya saja yang dapat dipilih adalah UIN, IAIN,dan STAIN saja. Adapun materi ujian tertulis meliputi Tes Potensi dan Academic Attitude, Tes Kebahasaan, Tes Keislaman dan Kemampuan berdasarkan peminatan.

Sehingga untuk mengikuti ujian ini, tidak hanya diperlukan mempelajari wawasan secara umum saja. Namun juga harus mempelajari kumpulan soal wawasan keislaman, sehingga nantinya bisa mengerjakan soal dengan baik. 

Bagi anda yang memilih kelompok ujian IPA, maka hanya mengikuti Tes IPA sehingga penting mempelajari soal umptkin ipa pdf. Jika memilih kelompok ujian IPS, maka hanya mengikuti ujian IPS, dan perlu mempelajari soal umptkin ips pdf. Sedangkan jika memilih dan kelompok ujian IPC maka harus mengikuti semua tes IPA dan IPS sehingga amat perlu belajar soal umptkin ipc pdf.

Tes Kemampuan Dasar  (TKD) biasanya terdiri dari Tes Potensi Akademik, Bahasa, dan Keislaman. Untuk Tes Kemampuan Bidang IPA  meliputi mata pelajaran Fisika, Kimia, Biologi, Matematika. Sedangkan Tes Kemampuan Bidang IPS  meliputi mata pelajaran Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah. 

Materi Keislaman yang akan keluar dalam ujian UM-PTKIN ini seperti Fikih, Alquran hadis, Sejarah Kebudayaan Islam dan Akidah Akhlak. Sedangkan bahasa yang akan diujikan seperti, bahasa inggris, bahasa indonesia dan ada tambahan bahasa arab. Oleh karena itu, persiapan harus dilakukan secara matang dengan cara banyak mengerjakan soal bahasa arab UM-PTKIN.  

Jika ingin mudah bisa membeli BUKU UMPTKIN karena didalamnya sudah ada contoh soal umptkin, pembahasan dan materi. 


Tips Belajar UM-PTKIN 

Sebenarnya apa sih tips lulus umptkin? UM-PTKIN merupakan ujian dengan metode seleksi berbasis ujian tulis, maka tidak ada cara lain selain belajar materi UM-PTKIN termasuk soal bahasa arab UM-PTKIN yang masih asing bagi beberapa orang. Simak beberapa tips berikut ini agar lebih percaya diri menghadapi ujian UM-PTKIN

1. Mempelajari Kumpulan Soal UMPTKIN

Kumpulan soal umptkin dapat dipelajari melalui berbagai sumber, mulai dari buku kumpulan soal. Umumnya kumpulan soal UMPTKIN telah dilengkapi dengan ringkasan materi yang mengacu pada kisi-kisi UMPTKIN. Soal-soal tahun sebelumnya, juga dapat dijadikan bahan belajar agar nantinya bisa memprediksi tipe soal yang sering muncul.

Baca juga: Buku UMPTKIN 2020

2. Mengetahui Jenis Soal yang Diujikan 

Soal-soal dapat diperoleh melalui berbagai buku yang membahas dan mengulas secara lengkap soal-soal UMPTKIN maupun download soal dan pembahasan um ptkin secara online. Meskipun tidak akan sama persis, setidaknya sudah memiliki gambaran bagaimana jenis soal yang hendak diujikan. Cek kartu ujianmu apakah kamu KELOMPOK UJIAN IPS, IPA atau IPC. Jangan salah belajar!

3. Bersama Lingkungan yang Mendukung

Hal yang tidak kalah pentingnya selain mempelajari tpa bahasa dan keislaman, adalah mencari dukungan dan informasi dari orang-orang terdekat. Jangan ragu dan malu, untuk mencari informasi sebanyak mungkin pada orang yang telah berpengalaman mengenai jurusan yang ingin dipilih.
Jangan lupa untuk membuat lingkungan anda selalu positif, sehingga bisa lebih merasa percaya diri dan terus berjuang meraih hal yang diimpikan. Jangan sampai teracuni lingkungan kurang baik yang membuat anda kurang yakin dengan pilihan yang diinginkan.

4. Berdoa Lulus UMPTKIN

Apabila semua tahapan tersebut sudah ditempuh, termasuk di dalamnya mendalami soal keislaman dan jawaban. Maka langkah selanjutnya adalah dengan berdoa dan selalu mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa. Hasil usaha keras akan semakin maksimal jika dibantu dengan adanya doa. 

Mengikuti ujian masuk UM-PTKIN maka anda harus siap untuk mengerjakan materi keislaman UM-PTKIN. Sebab dengan memilih perguruan tinggi negeri keislaman maka soal-soal berkawasan keislaman juga akan turut hadir di dalamnya. Namun tidak perlu khawatir karena semua hal tersebut dapat dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. 

Baca juga: Pengalaman Lulus UMPTKIN

materi umptkin soal umptkin prediksi um ptkin
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

0 Response to "Apa Saja Materi UMPTKIN? "

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel