JURUSAN-JURUSAN SPAN PTKIN & UM PTKIN 2018

SPAN PTKIN & UM PTKIN 2018 - SPAN PTKIN merupakan kepanjangan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri sedangkan UM-PTKIN kepanjangan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Ini merupakan salah satu jalur untuk bisa masuk universitas berbasis Islam, seperti STAIN, IAIN dan UIN yang dapat diikuti Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah dan Alumni (Khusus UM PTKIN) yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. 

Pendaftaran um ptkin 2018 program studi jurusan um ptkin span ptkin


Jurusan yang tersedia di UM PTKIN sama dengan SPAN PTKIN yang kebanyakan memang berbau keagamaan. Misalnya, Hukum Keluarga (Al-Ahwal asy Syakhshiyah), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Manajemen Pendidikan Islam, Akuntansi Syariah, Sejarah Peradaban Islam, Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tafsir Hadist dan masih banyak lagi.


Khusus untuk UIN sendiri memang ada yang membuka program studi umum pada jalur SPAN PTKIN & UM PTKIN. Sebagaimana UIN Raden Fatah Palembang yang membuka jurusan UMUM di SPAN PTKIN dan  UM PTKIN seperti jurusan Jurnalistik & Sistem Informasi, sedangkan pada UIN Alauddin Makasar membuka jurusan Biologi, Fisika, Teknik Informatika, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika.

Meskipun demikian tidak semua STAIN, IAIN, UIN membuka jurusan IPA atau IPS secara murni. Kebanyakan mengkombinasikan dengan Islam itu sendiri seperti Politik Islam, Akuntansi Syariah, Manajemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, Psikologi Islam, Sosiologi Islam, dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam.


Untuk urutan program studi menyesuaikan dengan prioritas kalian. Jangan terlalu ribet memikirkan pasing grade dan jumlah alumni. Pilih jurusan yang sesuai dengan passion dan minat kalian. Yang akan kalian tekuni di masa depan sekalipun tanpa dibayar. Untuk yang IPA/IPS bisa memilih 2 program studi, sedangkan untuk IPC bisa memilih 3 program studi dengan minimal memilih 1 jurusan IPA.

Untuk mengecek prodi yang ada di SPAN PTKIN dan UMPTKIN bisa cek di http://span-ptkin.ac.id/prodi.

Jadwal Seleksi SPAN PTKIN 2018

Pengisian PDSS : 30 Januari - 24 Februari 2018
Verifikasi PDSS : 2 Februari - 3 Maret 2018
Pendaftaran : 1 Maret – 29 Maret 2018
Proses Seleksi:
I. 9 - 14 April 2018 
II. 18 - 25 April 2018
Pengumuman Hasil Seleksi : 1 Mei 2018
Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi 22 Mei 2018

Syarat Pendaftaran UM PTKIN 2018


  • Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/SMA/SMK atau yang setara tahun 2016, 2017, dan 2018. Lulusan tahun 2016 dan 2017 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat.
  • Sedangkan lulusan tahun 2018 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Muadalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap Madrasah/ Sekolah/Pesantren Muadalah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Baca juga=> Pendaftaran Bidikmisi SPAN-UM PTKIN

Pelaksanaan Ujian UM PTKIN 2018


  1. Kelompok Ujian IPA (Peminat Program Studi  bidang Sains dan Teknologi). Materi Ujian:  (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman,  (4) Kemampuan IPA.
  2. Kelompok Ujian IPS (Peminat Program Studi  bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan).  Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa  (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS.
  3. Kelompok Ujian Campuran (Peminat Program  Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan).  Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS, (5) Kemampuan  IPA.


Baca juga: SOAL UMPTKIN

Jadwal Seleksi UM PTKIN 2018

Pendaftaran dibuka 12 April  - 8 Mei 2018
Jadwal Tes Ujian UMPTKIN : 22 Mei 2018
Pengumuman Hasil UM PTKIN: 10 Juli 2018



Itu tadi program studi atau prodi yang terdapat pada jalur SPAN PTKIN dan UM PTKIN 2018. Semoga kalian dapat memilih jurusan yang sesuai dengan diri kalian. Konsultasikan pada guru dan orang tua bila mana kurang yakin. Berdoalah semoga diberi kemudahan dalam mengikuti seleksi mahasiswa. Semangat!

Baca juga=> Buku UMPTKIN

"Gerbang Masa Depan Insan Paripurna"

Ayo kuliah di PTKIN~

0 Response to "JURUSAN-JURUSAN SPAN PTKIN & UM PTKIN 2018"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !