5 Penyebab Kebotakan dan Cara Mengatasinya

Kebotakan sering menjadi masalah bagi sebagian masyarakat Indonesia, terlebih bagi orang yang masih berusia muda. Ya, saat ini, kebotakan tidak hanya terjadi pada orang yang sudah berusia senja. Para remaja juga sudah mulai mengalami tanda-tanda kebotakan, seperti menipisnya akibat banyaknya rambut yang rontok. Hal ini tentu tidak begitu saja terjadi. 

Penyebab Kebotakan dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa penyebab sehingga para remaja mengalami hal ini. Apa sajakah penyebab rambut mengalami kerontokan hingga menyebabkan kebotakan? Berikut uraian lengkapnya sekaligus cara mengatasi rambut botak.

Penyebab Kebotakan

1. Keturunan

Keturunan menjadi salah satu penyebab terjadinya kebotakan, termasuk saat masih usia dini. Hal ini dikarenakan hormon yang dimiliki orang tua menurun langsung ke anak. Padahal, hormon yang dimiliki orang tua termasuk hormon yang mengalami masalah rambut. Dengan kata lain, saat orang tua mengalami kebotakan, maka sang anak juga akan mengalami hal sama, bahkan di usia yang masih muda.

2. Adanya Perubahan Hormon

Hormon merupakan hal vital dalam proses pertumbuhan manusia. Hormon inilah yang menyebabkan beberapa bagian tubuh mengalami perkembangan sesuai fungsinya. Salah satu hormon tersebut adalah hormon untuk kesuburan rambut. Nah, jika terjadi perubahan hormon, entah karena penyakit spikologi atau usia lanjut, maka hal ini juga akan mempengaruhi pertumbuhan rambut.

3. Adanya Penyakit

Beberapa penyakit juga bisa menjadi penyebab terjadinya kebotakan. Demam tinggi, diabetes, leukimia, dan kanker merupakan beberapa penyakit penyebab kebotakan. Demam bisa membuat kesehatan kulit kepala menjadi terganggu, yang berakibat pada rontoknya rambut. Begitu juga dengan diabetes dan penyakit kanker lainnya yang membuat hormon kesuburan rambut berkurang drastis.

Baca juga: Gangguan Kulit Kepala

4. Penggunaan Sampo yang Tidak Tepat

Penggunaan sampo yang tidak tepat sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Tidak hanya itu, meskipun sampo yang digunakan sudah tepat, namun diberikan secara berlebihan juga akan menyebabkan rontoknya  rambut. Itulah sebabnya, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan sampo yang sesuai dengan karakteristik rambut dan jangan terlalu berlebihan.

5. Gangguan Psikologis

Jangan dikiran, kondisi psikologis hanya berdampak pada pikiran semata. Stres dan merasa terlalu cemas juga bisa membuat rambut menjadi mudah rontok serta mengalami kebotakan. Hal ini dikarenakan hormon yang mempengaruhi kesehatan rambut turut terganggu. Bahkan, gangguan psikologis ini tidak hanya membuat rambut mudah rontok, namun juga mendatangkan berbagai penyakit jika terjadi dalam waktu lama.

Cara Mengatasi Kebotakan

Menghindari atau mengantisipasi segala hal di atas, tentu langkah tepat sebelum semuanya terjadi. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan langkah paling tepat untuk menjaga agar pertumbuhan rambut dapat terjadi secara merata. Namun, bagaimana jika kebotakan sudah terlanjur terjadi? Jalan satu-satunya hanyalah melakukan pengobatan dan perawatan. 

Baca juga: Cara Ampuh Memanjangkan dan Meluruskan Rambut Secara Alami

Melakukan transplantasi rambut memang bisa menjadi solusinya. Memotong rambut yang tumbuh aktif, kemudian menanamkan pada bagian kepala yang mengalami kebotakan bisa membuat pertuhan rambut tampak merata. Namun, langkah ini cukup berisiko. Infeksi bisa saja terjadi karena adanya proses penanaman tadi.

Nah, untuk solusi lainnya, Anda bisa mencoba menggunakan serum rambut (hair serrum).  Dermagift merupakan produk yang bisa Anda andalkan. Sebab, di dalamnya mengandung berbagai zat aditif pilihan yang dikombinasikan dengan zat penumbuh rambut serta bahan aktif yang dapat mengaktifkan sel penumbuh rambut dengan cepat. Bahan aktif dari produk yang sudah dipatenkan oleh Induchem pada tahun 2014 ini antara lain:

  • Emmortal Pep Hair, yaitu zat pengaktif folikel rambut.
  • Niacinamide, yaitu zat penumbuh kolagen rambut dan penyembuh luka pada kulit kepala.
  • Menthol Crystal, yaitu zat pengurang rasa sakit dan gatal.
  • Methyl lactate, yaitu zat penjaga kelembaban kulit kepala.
  • Aloevera, yaitu enzim pertumbuhan rambut sehat.
  • Butylene glycol, yaitu zat yang merawat, mengontrol, mencegah, sekaligus memperbaiki sel rambut.
  • Dm dm hydantoin, yaitu senyawa organik pembunuh bakteri dalam kulit kepala.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menjaga Pertumbuhan Rambut Manusia

Dari banyaknya bahan aktif yang dikandung tersebut, tak heran jika produk ini mampu mengaktifkan sel rambut yang mati, mengurangi kerontokan, sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut. Plusnya lagi, produk ini aman karena sudah terdaftar pada BPOM serta memberikan garansi uang kembali. Dengan kata, selain aman dan tidak mahal, Dermagift merupakan produk penumbuh rambut No. 1 di Indonesia.

3 Responses to "5 Penyebab Kebotakan dan Cara Mengatasinya"

  1. Kayaknya pernh denger dermagift. Kayaknya bagus buat rambut biar gak rontok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, aman karena terdaftar BPOM loh

      Delete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel