Tidak Lolos SPAN PTKIN? Kamu Masih Bisa Daftar Jalur Berikut Ini...

Pengumuman SPAN PTKIN 2019 bisa dicek mulai 1 April 2019 dengan cara membuka website resmi SPAN PTKIN yaitu http://span-ptkin.ac.id atau http://pengumuman.span-ptkin.ac.id/page. Untuk jadwal pengumuman SPAN PTKIN sekitar jam 07.00 WIB pagi. Jika server sedang down, kalian bisa mengeceknya malam hari atau keesokan harinya.

Saya ucapkan selamat bagi yang Lulus SPAN PTKIN 2019. Bagi yang belum lulus SPAN PTKIN, jangan berkecil hati karena perjuanganmu harus tetap berlanjut. Karena memang daftar peminat SPAN PTKIN bisa dibilang cukup ketat.

Total Pendaftar SPAN PTKIN 2018 saja mencapai adalah 218.449 siswa dan hanya diambil 88.783 calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus pada SPAN-PTKIN 2018. Dan tentu mereka yang lolos biasanya memiliki nilai rata-rata raport yang bagus atau sertifikat juara.
contoh pengumuman tidak lulus span pktin
Mungkin dalam hati kecil kalian bertanya, "kenapa Allah tidak mengabulkan permintaanku untuk Lolos SPAN PTKIN?"

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)
contoh lulus span pktin
La Tahzan, Innallaha Ma'ana (Janganlah engkau bersedih, Sesungguhnya Allah bersama kita).

Masih ada jalur-jalur lain yang masih terbuka setelah pengumuman SPAN PTKIN. Salah satu jalur yang bisa kamu coba adalah UM-PTKIN. UMPTKIN memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, salah satu jalur masuk UIN/IAIN/STAIN lewat jalur ujian/tes tulis. Ini bukan jalur mandiri, bisa dibilang umptkin mirip dengan sbmptn karena sama-sama mengerjakan soal umptkin.

Persamaan um ptkin dan sbmptn adalah sama-sama jalur tulis dan dilaksanakan serentak. Sedangkan perbedaannya, adalah terdapat pada website pendaftaran (sbmptn.ac.id dan um-ptkin.ac.id), universitas dan jurusan yang dipilih, dan lokasi tesnya. Kamu bebas memilih lokasi tes UM PTKIN selama di daerahmu itu ada UIN/IAIN/STAIN. Meskipun kamu tidak memilih universitas di sana, kamu tetap memilih lokasi tes di sana. 

Soal SBMPTN dan soal UMPTKIN jelas berbeda. Soal UMPTKIN lebih ada unsur keagamaan (seperti Al Quran Tafsir, Hadist, Fiqih, Sejarah Islam, Aqidah) dan Kebahasaan Arab (um ptkin 2019 ditiadakan soal bahasa arab). Memang jurusan um ptkin beda dengan sbmptn karena kebanyakan berbau agama tapi ada beberapa UIN yang membuka jurusan umum (SAINTEK) pada jalur umptkin. 

Pesan Buku UM PTKIN 2019 IPS, IPA, & IPC hubungi
SMS/WhatsApp 085785087038 atau klik=> pesan di sini
BONUS masuk grup WhatsApp Pejuang UM-PTKIN 2019
STOK BUKU TERBATAS!
Jadi, jika kamu memang ada niatan untuk masuk UIN/IAIN/STAIN maka kamu bisa daftar melalui jalur UM-PTKIN. Meskipun kamu tidak lolos span ptkin, tidak ada salahnya mencoba jalur umptkin. Jangan putus asa. Ayo bangkit. Pun juga jika kamu sudah mendaftar SBMPTN bisa tetap mendaftar UMPTKIN.

Fungsinya adalah sebagai cadanganmu bilamana kamu tidak diterima jalur SBMPTN. Pendaftaran UM-PTKIN 2019 dibuka mulai 2 April sampai tanggal 30 April 2019. Jangan dikira masih lama karena waktu berjalan begitu cepat tanpa terasa. Manfaatkan sisa waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, misalnya belajar kumpulan soal umptkin.

Semoga dirimu dimudahkan dalam mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN 2019.

Jangan takut gagal, beranilah mencoba!
Gagal 7 kali, bangkit 8 kali!

“Setiap orang memiliki jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda.”- Dahlan Iskan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel