Tidak Lulus SPAN PTKIN? Tenang, masih bisa ikut UM PTKIN. Apa itu?

Pengumuman SPAN PTKIN 2019 bisa dicek mulai 1 April 2019 serentak mulai pukul 07.00 WIB.


Bagaimana cara melihat pengumuman SPAN PTKIN 2019?


Cara cek pengumumannya dengan membuka website resmi SPAN PTKIN yaitu http://span-ptkin.ac.id atau link online pengumuman span ptkin http://pengumuman.span-ptkin.ac.id/page disana nanti akan ada info cara login pengumuman.

Persiapkan saja nomor pendaftaran yang terdapat di kartu peserta. Pastikan kamu sudah download dan cetak kartu peserta SPAN PTKIN dari sekarang.

Jika website sedang eror atau down, tidak perlu panik karena pengumuman SPAN PTKIN bisa dicek besok juga.

Saya ucapkan selamat bagi yang Lulus SPAN PTKIN 2019. Jangan lupa cetak kartu tanda peserta SPAN PTKIN 2019. 

Tercatat total pendaftar SPAN PTKIN 2019 sekitar 272.626 pendaftar siswa MA/SMA/SMK hanya 70.417 yang lulus sebagai mahasiswa baru PTKIN 2019 di 57 PTKIN Indonesia. Dan tentu mereka yang lolos biasanya memiliki nilai rata-rata raport yang bagus atau biasanya punya sertifikat juara.

Bagi yang tidak lulus SPAN PTKIN, jangan berkecil hati karena perjuanganmu harus tetap berlanjut.

Alasan tidak lulus SPAN PTKIN? Nilai raport yang tinggi bukan jaminan untuk lulus SPAN PTKIN. Selain juga karena tingginya persaingan dan banyak peminat, ada beberapa penyebab kenapa tidak lulus SPAN PTKIN. Peserta memilih PTKIN yang jauh dari domisilu, tidak memilih PTKIN dekat domisili. Ya wajar, kadang memang lebih tertarik dengan kampus yang jauh dari rumah. Meskipun peluang lulus span ptkin sebenarnya tetap ada. Tapi peluang lulus lebih besar kalau memilih PTKIN terdekat dari domisili (rumah) selama kamu suka dan cocok dengan kampus tersebut.

Penyebab tidak lulus span ptkin yang lain adalah karena rekam jejak sekolah. Jika banyak kakak kelasmu yang dulu lulus SPAN PTKIN tapi tidak diambil, maka akan berpengaruh ke kuota adik kelasnya. Jadi, jangan berharap SPAN PTKIN banyak kalau kakak kelasmu banyak yang tidak ambil SPAN PTKIN. Jadi, meski TIDAK ADA blacklist SPAN PTKIN namun jika tidak daftar ulang ketika sudah lulus akan berdampak ke angkatan selanjutnya. Jadi, bijaklah dalam mendaftar. Jika dari awal sudah tidak minat ya lebih baik tidak usah daftar. Dan pilih kampus dan jurusan yang BENAR-BENAR DIMINATI. Jangan asal ikut teman.

Berikut contoh contoh pengumuman lolos span ptkin:
contoh pengumuman lolos span ptkin
contoh pengumuman tidak lulus span pktin
Mungkin dalam hati kecil kalian bertanya, "kenapa Allah tidak mengabulkan permintaanku untuk agar lolos SPAN PTKIN?"

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)
contoh lulus span pktin
La Tahzan, Innallaha Ma'ana (Janganlah engkau bersedih, Sesungguhnya Allah bersama kita).

Masih ada jalur-jalur lain yang masih terbuka setelah pengumuman SPAN PTKIN. Salah satu jalur yang bisa kamu coba adalah UM-PTKIN.

UMPTKIN memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, salah satu jalur masuk UIN/IAIN/STAIN lewat jalur ujian/tes tulis. Ini bukan jalur mandiri, bisa dibilang umptkin mirip dengan sbmptn karena sama-sama mengerjakan soal umptkin.

Persamaan um ptkin dan sbmptn adalah sama-sama jalur tulis dan dilaksanakan serentak. Sedangkan perbedaannya, adalah terdapat pada website pendaftaran (sbmptn.ac.id dan um-ptkin.ac.id), universitas dan jurusan yang dipilih, dan lokasi tesnya. Kamu bebas memilih lokasi tes UM PTKIN selama di daerahmu itu ada UIN/IAIN/STAIN. Meskipun kamu tidak memilih universitas di sana, kamu tetap memilih lokasi tes di sana. 

Soal SBMPTN dan soal UMPTKIN jelas berbeda. Soal UMPTKIN lebih ada unsur keagamaan (seperti Al Quran Tafsir, Hadist, Fiqih, Sejarah Islam, Aqidah) dan Kebahasaan Arab. Memang jurusan um ptkin beda dengan sbmptn karena kebanyakan berbau agama tapi ada beberapa UIN yang membuka jurusan umum (SAINTEK) pada jalur umptkin.
buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Buku UMPTKIN 2020
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:

Jadi, jika kamu memang ada niatan untuk masuk UIN/IAIN/STAIN maka kamu bisa daftar melalui jalur UM-PTKIN. Meskipun kamu tidak lolos span ptkin, tidak ada salahnya mencoba jalur umptkin. Jangan putus asa. Ayo bangkit. Pun juga jika kamu sudah mendaftar SBMPTN bisa tetap mendaftar UMPTKIN.

Fungsinya adalah sebagai cadanganmu bilamana kamu tidak diterima jalur SBMPTN. Pendaftaran UM-PTKIN 2019 dibuka mulai 2 April sampai tanggal 30 April 2019. Jangan dikira masih lama karena waktu berjalan begitu cepat tanpa terasa. Manfaatkan sisa waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, misalnya belajar kumpulan soal umptkin.

Semoga dirimu dimudahkan dalam mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN 2019.

Klik juga: link pendaftaran um-ptkin.ac.id 2019

Jika ingin soal UM PTKIN PDF 2019 klik=> UM PTKIN PDF 2019

Jangan takut gagal, beranilah mencoba!
Gagal 7 kali, bangkit 8 kali!
“Setiap orang memiliki jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda.”- Dahlan Iskan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel