Cara Mudah Ubah Tampilan Hunian Tanpa Perlu Lakukan Renovasi

Rumah harusnya menjadi tempat ternyaman untuk beraktivitas dan bersitirahat. Tapi apa jadinya kalau Anda sendiri merasa tidak betah berada di rumah? Hmm, tentu harus dicari cara supaya Anda menjadi lebih nyaman berada di rumah sendiri, salah satunya dengan mengubah interior hunian. Wah, berarti harus keluar uang banyak dong untuk renovasi? Tentu saja tidak! Sebab mengubah interior rumah bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus melakukan renovasi. 



Bagaimana caranya? Simak informasi berikut ini:

Poles ulang semua perabotan
Rumah yang terlihat kusam bisa jadi disebabkan karena perabotan yang sudah usang. Coba tengok lagi meja dan sofa Anda. Apakah warnanya sudah memudar? Kayunya sudah terlihat menua? Banyak bagian yang sudah berlubang? Ini saatnya Anda memperbarui perabot dengan cara memoles ulang. Untuk perabotan yang terbuat dari kayu, bisa dipernis lagi sehingga terlihat berkilau. Untuk perabotan plastik yang warnanya memudar, Anda bisa mengecat ulang dengan cat semprot. Kemudian untuk perabot yang ada bahan kain seperti sofa, bisa diganti dengan kain yang baru sehingga warnanya lebih cerah. Ini juga saat yang tepat kalau Anda ingin mengganti warna atau motif sofa.

Ubah penataan ruangan
Untuk mendapatkan suasa ruangan yang berbeda dalam waktu singkat, ada hal mudah yang bisa dilakukan yakni dengan mengubah penataan ruangan. Misalnya saja, kalau awalnya sofa ruang tamu diletakkan membelakangi jendela, kini Anda bisa mencoba menaruhnya di posisi lain. Di bawah jendela bisa ditaruh rak kecil untuk tempat majalah atau koleksi pajangan. Anda bisa juga mengubah fungsi ruang, misalnya ruangan yang tadinya tempat kerja dijadikan kamar dan sebaliknya. Percayalah, dengan suasana baru, dijamin Anda akan merasa lebih betah seperti menempati rumah baru.

Ganti karpet polos dengan yang bermotif
Di rumah, biasanya ada beberapa ruangan yang dilengkapi dengan karpet seperti ruang keluarga. Karpet ini memang memberikan rasa lebih homey karena anggota keluarga bisa berkumpul sambil lesehan dan menyantap berbagai camilan atau nonton acara televisi favorit. Nah, kalau selama ini Anda menggunakan karpet polos sebagai alas duduk, cobalah menggantinya dengan karpet bermotif. Motif garis bisa jadi pilihan untuk tema minimalis, motif floral akan terlihat cantik untuk tema shabby chic, sedangkan karpet bermotif animal print akan melengkapi interior klasik di hunian Anda. Jangan takut juga mengganti karpet yang tadinya berwarna gelap dengan karpet yang warnanya lebih terang.


Baca juga: Tips Membangun Rumah Sederhana nan Unik

Ganti warna dinding
Dinding merupakan salah satu bagian terluas dari rumah selain lantai dan langit-langit. Mengubah warna dinding jelas akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keseluruhan ruangan. Maka dari itu, cobalah mengganti warna dinding dengan warna yang sama sekali berbeda. Misalnya kalau selama ini dinding selalu dicat putih, cobalah memadukan warna marun dan emas untuk mendapatkan kesan dramatis yang tentu lebih mewah. Atau kalau dinding dipasangi wallpaper, mungkin ini saatnya Anda melepas wallpaper dan mengganti warna catnya.


Baca juga: Harga Genteng Tanah Liat dan Kelebihannya

Memasukkan unsur alam
Supaya hunian terasa lebih hidup, tak ada salahnya untuk memasukkan unsur alam ke dalam ruangan. Penyuka tumbuhan bisa memajang beberapa jenis tanaman indoor di sudut rumah. Atau Anda yang menyukai hewan, bisa meletakkan akuarium di ruang tamu ataupun ruang tengah. Meletakkan burung di dalam sangkar di salah satu sisi jendela juga bisa memberikan kesan yang berbeda.

0 Response to "Cara Mudah Ubah Tampilan Hunian Tanpa Perlu Lakukan Renovasi"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel