Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang Menguntungkan dan Mudah Digeluti

IDE BISNIS DENGAN MODAL KECIL YANG MENGUNTUNGKAN DAN MUDAH DIGELUTI
Ide Bisnis dengan Modal Kecil (ilustrasi: kudo)
Menjadi seorang karyawan di perusahaan tertentu dengan gaji yang besar dan sebuah pekerjaan yang kamu cintai, tentu bisa membuat kamu merasa bahagia. Tapi bagaimana seandainya kamu terpaksa harus bekerja pada satu bidang yang tidak kamu sukai dan gajinya pun kecil? Tentu kamu akan mengeluh setiap hari. Bukannya mengalami peningkatan produktivitas, bisa-bisa kamu malah makin malas masuk kerja. Selain malas bekerja, kamu pun pasti akan merasakan ketidakbahagiaan yang berkepanjangan.

Jika kamu adalah orang disebutkan terakhir. Atau jika kamu adalah orang yang hingga saat ini belum punya sumber penghasilan yang jelas. Kamu wajib mempertimbangkan menjadi seorang wirausahawan. Ya, kamu bisa menjadi seorang bos untuk usaha (bisnis) sendiri. Bagaimana caranya?

Ide bisnis dengan modal kecil

Jualan sayur organik

Jika kamu pergi ke pasar, kamu tidak akan pernah melihat orang yang bosan beli kangkung, cabe, sawi, tomat, dan berbagai jenis sayuran lainnya bukan?

Ya, karena itu adalah kebutuhan pokok yang selalu kita butuhkan setiap hari. Bisnis sayuran merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Sayur organik adalah salah satu contoh yang bisa kamu coba. Cara menanam sayur ini sangat mudah, hanya membutuhkan pupuk organik dan pestisida alami. Untuk membasmi hama, kamu bisa membuat sendiri pestisida dari bahan-bahan alami.

Berikut adalah langkah-langkah menanam sayur organik di rumah:
  • Pembibitan. Bisa dilakukan dengan cara menyemai benih pada media tanam seperti pada polybag
  • Menyediakan lahan untuk sayur organik. Jika lahan yang kamu miliki sempit, jangan ragu-ragu menggunakan pot atau polybag
  • Perawatan. Merawatnya pun tidak sulit, kamu hanya perlu memeriksa setiap hari apakah ada serangan hama atau penyakit. Untuk perawatan selanjutnya adalah, lakukan penyiraman secara rutin. Rumput-rumput liar harus disiangi. Kemudian, jangan lupa berikan pupuk organik secukupnya
  •  Kendalikan hama dengan menggunakan pengusir hama alami yang terbuat dari minyak serai, cairan gula asam, atau juga bisa memanfaatkan minyak kamper

Terdengar cukup mudah bukan? Sayur yang dihasilkan bisa kamu jual ke tetangga atau bisa juga dengan membuka lapak di pasar.
Baca juga: Cara Cerdas Generasi Penyelamat Lingkungan
Beberapa ide sayuran dan tanaman yang bisa kamu budidayakan antara lain: kangkung, tomat, cabe, sawi, dan lain-lain. Berbagai jenis tanaman tersebut sangat mudah tumbuh dan perawatannya pun sederhana. Yang penting kamu punya kemauan, siapkan tanah atau lahan (polybag/pot), dan jangan lupa beli pupuk organik.

Jual gorengan

Jika kamu merasa tidak punya ketrampilan apapun, tidak perlu khawatir. kamu bisa meminta ibu atau istri untuk mengajarkanmu bagaimana caranya membuat aneka gorengan seperti: pisang goreng, bakwan, tahu isi, dan lain-lain.
Dengan modal kecil, kamu bisa memulai usaha sendiri. Cemilan rakyat kecil ini sangat banyak peminatnya dan cukup menjanjikan.

Buka warung kopi

Sekarang makin banyak kaum milenial yang doyan ngopi dan nongkrong sambil internetan. Ini bisa jadi peluang usaha yang bisa kamu tangkap. Warung kopi bisa dibuka di mana saja, di depan rumah, atau di pinggir jalan dengan menyewa lapak/ruko (tergantung modal yang kamu miliki). Warung kopi akan lebih menarik jika kamu menyediakan macam-macam kopi yang lengkap plus jaringan WiFi.
Baca juga: Kopi Mangrove Segara

Jadi pedagang sayur keliling

Pada poin pertama, saya telah membocorkan bagaimana caranya berbisnis sayuran organik. Hanya bermodalkan polybag dan pupuk organik, kamu bisa meraup sejumlah keuntungan dari hasil tanam di halaman depan rumah.

Sayur-sayuran tersebut, selain bisa kamu jual langsung di pasar, bisa juga kamu jual sendiri keliling kampung-kampung sambil menjajakan aneka rupa kue dan bumbu serta kebutuhan pokok lainnya. Yang bisa dibeli di pasar untuk di jajakan kembali dengan menggunakan sepeda motor, seperti yang banyak kita lihat saat ini.

Jangan salah! pendapatan “bersih” penjual sayur keliling bisa lebih dari Rp100.000 per hari lho... Modalnya pun tidak terlalu besar, cukup dengan Rp 2-3 juta, kamu sudah bisa memulai bisnis jualan sayur keliling.

0 Response to "Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang Menguntungkan dan Mudah Digeluti"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel