5 Cara Mencegah Varises Sejak Dini

Pernah mendengar varises? Sebenarnya, apa itu varises? 

Varises adalah sebuah kondisi di mana pembuluh darah vena membengkak sehingga terjadi penumpukan darah pada bagian tubuh tertentu. Biasanya terjadi di bagian lutut ke bawah atau sekitar kaki. Tanda-tanda varises adalah munculkan benjolan seperti urat yang membengkak berwarna hijau atau biru. Tak hanya merusak penampilan, namun terkadang menyebabkan rasa nyeri dan lelah. Mengerikan sekali, bukan? Oleh karenannya kita harus tahu penyebab varises dan mencegah varises sedini mungkin. 
http://masardan.blogspot.com


1. Aktif Bergerak

Terlalu banyak berdiri atau duduk itu tidak baik karena terjadi penumpukan pembuluh darah vena. Jika tidak aktif bergerak maka akan menyebabkan terjadi bengkak. Nah, dianjurkan untuk selalu aktif bergerak misalkan dengan olahraga kecil di sekitar kantor atau saat kuliah. 

2. Jalan Kaki

Selain menghemat biaya transportasi, jalan kaki punya manfaat juga dalam mencegah varises ini. Hal ini disebabkan karena aliran sirkulasi darah menjadi lancar sehingga tidak menggumpal. Nggak perlu jauh-jauh yang penting rutin dilakukan. Jika kamu seorang muslim, maka berjalan kaki menuju masjid bisa dilakukan.

3. Batasi Penggunaan Heels

Buat para cewek, jangan terlalu sering menggunakan sepatu heels. Sesekali memang boleh, namun jika terlalu sering akan memaksa tumit bekerja keras sehingga tidak optimal. Otot betis menjadi tidak ada kesempatan 'bernafas'. Hal itu yang menjadi pemicu varises. 

Baca juga: 5 Bahan Alami Menyebuhkan Magh

4. Sering Peregangan

Setelah bermain bulutangkis, sepakbola atau olahraga lain sempat ada instruksi jika kaki tidak boleh ditekuk. Kaki harus diluruskan. Mungkin itu adalah bagian dari peregangan kaki, terutama betis agar aliran darah tetap lancar.

5. Jaga Berat Badan Ideal

Atur berat badanmu karena orang gemuk lebih berisiko terkena varises daripada orang kurus. Alasannya adalah sistem tubuh orang gemuk yang terkesan lesu sehingga tidak bisa memompa darah kembali ke jantung dengan baik. 

Itu tadi 5 tips mencegah varises sejak dini mungkin yang dapat dicoba. Semoga kita selalu diberikan kesehatan. Jika tanda-tanda varises telah muncul, segera konsultasi ke dokter terkait.

0 Response to "5 Cara Mencegah Varises Sejak Dini"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel