√ 5 Alasan Kenapa Harus Memilih UIN Mataram - PAGUNPOST -->

5 Alasan Kenapa Harus Memilih UIN Mataram

5 Alasan Memilih UIN Mataram - Sekarang sudah ada 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terdiri dari 17 Universitas Islam Negeri (UIN), 34 IAIN (Institut Agama Islam Negeri), dan 7 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Kampus berbasis keagamaan Islam tersebut tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya UIN Mataram. Sejak tahun 2017 lalu, IAIN Mataram resmi berganti menjadi UIN Mataram.
UIN Mataram (foto: Wikipedia)

Barangkali ada yang masih ragu dalam memutuskan kuliah di UIN Mataram. Belum tahu kapan pendaftaran UIN Mataram 2019, jurusan SPAN PTKIN 2020 & jurusan UM PTKIN 2020 yang ditawarkan atau informasi beasiswa UIN Mataram 2020 yang tersedia. Oleh karena itu, ada baiknya menyimak artikel ini hingga tuntas agar mendapatkan informasi yang lengkap tentang UIN Mataram.

Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:


5 Alasan Memilih UIN MATARAM

Berikut ada beberapa alasan kenapa memilih berkuliah di UIN Mataram. Apa saja keunggulan UIN Mataram dibandingkan kampus atau universitas lain sekitar Lombok dan NTB? Berikut alasan memilih UIN Mataram:

1. PTKIN Pertama di Nusa Tenggara

Seperti yang sudah saya singgung diawal jika PTKIN (kepanjangannya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) sudah mulai berkembang pesat di Indonesia. Tanpa terkecuali di Nusa Tenggara. Dan UIN Mataram bisa dikatakan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di kawasan Nusa Tenggara (Bali, NTB & NTT). 

2. Pengembangan Keilmuan

UIN Mataram mengembangkan model keilmuan integratif-interkonektif dan internalisasi yang memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum (naqli dan aqli). Model keilmuan semacam ini tentu akan memperluas prospek kerja lulusan UIN.

3. Biayah Kuliah Terjangkau

UIN Mataram memberikan biaya kuliah (UKT) murah dan terjangkau dalam rangka membuka akses pendidikan yang menyeluruh bagi semua kalangan. Biaya kuliah UIN Mataram menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarannya ditentutkan berdasarkan kemampuan ekonomi calon mahasiswa. Pembayaran UKT UIN Mataram dilakukan tiap semester.

4. Bantuan Bank Islam Dunia (IsDB)

UIN Mataram mendapatkan prioritas pengembangan dari pemerintah dengan memperoleh bantuan Bank Islam Dunia (IsDB). Kerjasama semacam ini tentunya sangat menguntungkan.

5. Pusat Kajian Alquran

UIN Mataram memiliki pusat kajian Alquran (Quranic Centre).


Beasiswa UIN Mataram

Itu tadi 5 Alasan Memilih UIN Mataram. Mau tahu info beasiswa UIN Mataram 2019? Berikut adalah beasiswa kuliah yang tersedia di UIN Mataram:
  • Beasiswa BIDIKMISI UIN Mataram bagi mahasiswa yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu
  • Beasiswa prestasi akademik dan non akademik
  • Beasiswa mahasiswa tahfidz alquran
  • Beasiswa program studi langka peminat
  • Beasiswa prestasi dari lembaga pemerintah dan swasta, antara lain; Beasiswa Bank Indonesia (BI), Beasiswa Dikpora NTB, Beasiswa Bank NTB Syariah, Beasiswa BNI Syariah, Beasiswa Laziz PLN, Beasiswa Bazda NTB, Beasiswa Newmont Nusa Tenggara, Beasiswa Pemerintah propinsi NTB, Beasiswa Pemerintah Kabupaten/kota.
  • Bagi lulusan terbaik utama diberikan bebas biaya studi pada program Magister (S2) UIN Mataram.
Baca juga: Contoh Soal UM PTKIN

Simak juga video prodil UIN Mataram berikut ini (play): 


Sekian informasi mengenai 5 alasan memilih UIN Mataram. Kesimpulannya adalah UIN Mataram memiliki beberapa keunggulan dibanding kampus lain khususnya di kawasan Nusa Tenggara. Beasiswa kuliah UIN Mataram juga sangat banyak sehingga bisa mendaftar beasiswa sesuai dengan yang diinginkan.

Jalur Masuk UIN Mataram melalui tiga jalur yaitu SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Ujian Mandiri. Saran saya, jangan hanya berharap SPAN PTKIN, namun persiapkan ujian tulis UM PTKIN 2020 mulai dari sekarang misalnya dengan mencari soal umptkin di internet. Jangan sampai datang ke lokasi ujian dengan tanpa persiapan belajar materi um ptkin.
Klik juga=> Buku UM PTKIN 2020 Terbaru
Semoga kamu lulus SPAN PTKIN, lulus UM PTKIN atau lulus Ujian Mandiri UIN Mataram 2020. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel