6 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih UIN SUKA JOGJA (Sunan Kalijaga, Yogyakarta)

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta atau kerap disebut UIN SUKA JOGJA adalah salah satu PTKIN favorit di Indonesia. Akreditasi UIN SUKA adalah A berdasarkan SK BAN-PT sejak 2014. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki core values yaitu integratif - interkonektif, dedikatif - inovatif, inklusif - continuous improvement.
sumber foto: jogja.tribunnews.com
UIN Jogja ini memiliki 41 Prodi di 8 Fakultas, 13 Prodi Magister dengan 18 konsentrasi keilmuan dan 2 program doktor dengan 12 konsentrasi keilmuan. UIN Sunan Kalijaga juga meraih penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API) 2017 dan meraih Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015.

Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag selaku Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga berharap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menuju World Class University dalam Islamic Studies berbasis riset dan berstandar internasional.
sumber foto:diktis.kemenag.go.id

Untuk kamu calon mahasiswa UIN SUKA 2019, ada beberapa alasan kenapa harus memilih kuliah di UIN SUKA diantaranya kajian keilmuan yang integratif-interkonektif, standarisasi mutu lulusan, standarisasi mutu pelayanan, IT yang terintergrasi, kerja sama dengan luar negeri, dan piloting research center. Selain itu, juga ada beberapa alasan memilih UIN SUKA yang ada dibawah ini. 


Alasan Memilih UIN SUKA

Fasilitas Lengkap

UIN Sunan Kalijaga menyediakan fasilitas yang lengkap guna menunjang proses belajar dan pengembangan mahasiswa, seperti masjid, perpustakaan, laboratorium, poliklinik, pascasarjana, pusat administrasi, pusat komputer, research center, theatrical class, student senter, multipurpose building, sport venue, campus service center, language and culture center, university club house, university press, play group, guest house, training center, dan lecture hall. 
Beberapa fasilitas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Dalam proses perkuliahan ditunjang dengan ruang-ruang representatif, media pembelajaran berbasis IT dan didukung dengan adanya anjungan-anjungan komputer, laboratorium terpadu, sistem informasi terpadu, poliklinik, multimedia center, laboratorium psikologi, laboratorium bahasa dan sistem pelayanan perpustakaan dengan ELIMS (electric library information management system) dengan sistem pengkodean rado frequency identification (RFID) tercanggih di Indonesia). Tak ketinggalan, juga terdapat hotspots yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa.


Beberapa Jurusan Akreditas Internasional

Jika secara institusi kampus, UIN SUKA terakreditasi A tentu beberapa akreditasi jurusan UIN SUKA mayoritas juga telah terakreditasi A. Bahkan ada beberapa jurusan yang terakreditasi internasional seperti Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tersertifikasi AUN-QA dan Pendidikan Kimia yang juga tersertifikasi AUN-QA. Berikut daftar lengkap jurusan UIN SUKA beserta kuota (daya tampung) dan akreditasinya. Data 2018.
Akreditasi jurusan atau prodi UIN Sunan Kalijaga UIN SUKA JOGJA
Akreditasi jurusan UIN Sunan Kalijaga UIN SUKA JOGJA
Akreditasi jurusan UIN Sunan Kalijaga
Jurusan umum (SAINTEK & SOSHUM) UIN Sunan Kalijaga dibuka pada jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Sedangkan jurusan keagmaan dan kombinasi keagamaan dengan umum dibuka di jalur SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Mandiri.


Beasiswa Kuliah UIN Suka

Siapa bilang tidak ada bidikmisi UIN? Ada, bidikmisi UIN berasal dari Kementerian Agama Republik Indonesia (KEMENAG) bagi calon mahasiswa baru yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu. Selain bidikmisi, juga ada beasiswa lain yang bisa diikuti saat berkuliah di UIN SUKA seperti beasiswa DIKPORA, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa pemerintah daerah, beasiswa LAZIZ PLN, beasiswa prodi keagamaan, beasiswa tahfidz quran, beasiswa BNI, beasiswa prestasi dan akademik, beasiswa BPD, beasiswa Djarum, beasiswa Bank Syariah Mandiri, dan lain-lain. Banyak sekali, bukan? Tinggal menyesuaikan dengan kondisi dan syarat pendaftaran beasiswanya. Menjadi mahasiswa harus inisiatif dalam mencari informasi sendiri.

Baca juga: Alasan Memilih UIN Jakarta


Pendaftar Terbanyak

Bisa dibilang jika Yogyakarta cocok sebagai kota pendidikan. Banyak universitas favorit yang banyak peminat, salah satunya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tidak heran jika UIN Jogja ini menjadi PTKIN dengan pendaftar terbanyak atau peminat terbanyak 1 kategori universitas dalam UM PTKIN 2017. Tak hanya disitu saja, UIN SUKA ini juga PTKIN dengan peminat terbanyak 2 dalam SPAN PTKIN 2017. Itu artinya banyak sekali siswa dan alumni yang ingin berkuliah di UIN Suka. Jogja istimewa!


Prestasi Mahasiswa


Meskipun UIN kerap dipandang sebelah mana dengan PTN lainnya, namun jangan salah dengan prestasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mendunia. Seperti Juara lomba iklan Gatsby tingkat internasional Tokyo Jepang kategori No editing, juara 1 ASEAN Islamic Economic Summit 2017 di Malaysia, Juara 2 Hifdzil Quran 30 Juz MTQ Internasional ke-34 di Iran, dan masih banyak prestasi lain baik di level nasional maupun internasional.


Ramah Difabel

Gedung bangunan UIN Suka telah didesain ramah difabel sehingga para penyandang disabilitas dimudahkan dalam mendapatkan akses perkuliahan. Artinya, UIN Sunan Kalijaga telah menjadi kampus inklusif. karena memberikan kesempatan yang sama kepada siapapun tanpa memandang budaya, etnis, ras untuk menjadi mahasiswa termasuk penyandang difabel. UIN Joga menjadi "benteng kebhinekkaan" dalam cara pandang, berkehidupan, beragama, bermasyarakat dan bernegara.
Mahasisw(a) dilarang menggunakan bercadar. Kalau mahasiswi boleh.

Jalur Masuk UIN SUKA 2019

Ada 5 jalur masuk UIN Sunan Kalijaga 2019 yaitu SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Ujian Mandiri.

SNMPTN dan SPAN PTKIN merupakan jalur rapor sedangkan SBMPTN & UM PTKIN adalah jalur ujian tulis berupa mengerjakan soal sbmptn dan soal um ptkin. Apakah soal umptkin mirip dengan sbmptn? secara isi soal tentu berbeda karena soal um ptkin ada tambahan soal keislamaan dan kebahasaan. Oleh karena itu, bisa mulai dibaca-baca materi um ptkin agar punya persiapan yang matang.

Klik baca: Buku UM PTKIN IPS, IPA dan IPC Komplit

Sedangkan jalur ujian mandiri UIN SUKA bisa dilakukan dengan CBT & PBT dengan mengerjakan soal ujian mandiri UIN SUKA atau juga bisa mandiri non tes dan portofolio. Untuk jadwal pendaftaran Ujian mandiri setiap kampus berbeda-beda. Info lebih lengkap bisa lihat media sosial atau website admisi.uin-suka.ac.id untuk update informasi jalur ujian mandiri atau bisa juga disebut SPMB Mandiri UIN SUKA.

Sekian artikel tentang alasan memilih UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semoga semakin memantapkan niatmu untuk berkuliah di UIN SUKA. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion dan mendapatkan persetujuan orang tua, jangan sampai merasa salah jurusan. Dan perlu diketahui jika prospek kerja lulusan UIN sekarang sangat luas dan terbuka. 


Berikut ada video profil UIN Sunan Kalijaga, silahkan ditonton:


Semoga bermanfaat dan silakan di share ke teman-teman kalian.
Sukses Camaba UIN SUKA 2019!

0 Response to "6 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih UIN SUKA JOGJA (Sunan Kalijaga, Yogyakarta)"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel