10 Prospek Kerja Lulusan STIS Bergaji Tinggi - PAGUNPOST -->

10 Prospek Kerja Lulusan STIS Bergaji Tinggi

10 Prospek Kerja Lulusan STIS Bergaji Tinggi

Politeknik Statistika STIS adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang menyediakan jenjang pendidikan Diploma III dan IV untuk para lulusan SMA dan sederajat agar menjadi ahli statistik. 

mahasiswa stis, prospek kerja stis


Kira-kira, kenapa ya kampus ini disebut favorit? Memangnya seperti apa prospek kerja lulusan STIS?

Kampus ini rupanya dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di bawah naungan Kemenristekdikti (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi). 

Kuota STIS 2021 sebanyak 600 orang saja dan jumlah pendaftar mencapai ribuan.

Biaya kuliah di STIS gratis meskipun tanpa mendapatkan uang saku selama kuliah.

klik : latihan soal stis


Prospek Kerja Polstat STIS

Sebagai informasi tambahan, statistika adalah cabang ilmu matematika yang berhubungan dengan pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian massa data numerik untuk dijadikan suatu informasi atau untuk tujuan menyimpulkan proporsi secara keseluruhan dari sampel yang representatif.

Sedangkan gelar yang bisa diperoleh setelah lulus Diploma IV dari STIS adalah S.Tr.Stat (Sarjana Terapan Statistik), dan A.Md.Stat (Ahli Madya Statistik) jika mengambil Diploma III. Adapun prospek kerja lulusan STIS adalah sebagai berikut:

1. Ahli Ekonomi

Sejumlah tugas penting sebagai ahli ekonomi adalah mengumpulkan dan menganalisis data, meneliti tren data, hingga mengevaluasi sejumlah permasalahan ekonomi dan melakukan peramalan ekonomi (forecasting) agar bisa mengambil suatu keputusan yang paling tepat. 

Anda bisa memilih untuk bekerja di suatu perusahaan swasta atau langsung bergabung dengan instansi pemerintah dan berperan dalam membangun negeri. Perkiraan gaji yang bisa diperoleh dari profesi ini berkisar dari Rp 2.700.000 – Rp 14.300.000 per bulan.

2. Biometrician (Ahli Biometrik)

Profesi yang satu ini sangat keren karena ahli biometrik merupakan gabungan antara ahli matematika dan biologi, yang beberapa tugas utamanya adalah menganalisis atau memberikan saran-saran penting kepada organisasi di bidang kesehatan dan biologi. 

Contohnya adalah menguji suatu produk untuk menemukan efek samping atau manfaat dari produk tersebut menggunakan sistem analisis data. Contoh lainnya adalah meninjau langsung kemanjuran suatu produk dari industri farmasi (misalnya obat) sebelum produk tersebut dipasarkan.

3. Aktuaris

Seorang aktuaris akan menggunakan teori keuangan dan statistik untuk menilai kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu dan kemungkinan biaya keuangannya.

Aktuaris juga akan bertugas menganalisis data, mengevaluasi resiko keuangan, dan mengkomunikasikan informasi ini kepada non-spesialis. Karena itu, sangat penting bagi aktuaris untuk menjadi komunikator yang baik yang memiliki kemampuan mendiskusikan topik yang kompleks dengan cara yang sederhana.

Ada beberapa jenis aktuaris, yaitu di bidang perbankan, keuangan perusahaan, manajemen investasi, perawatan kesehatan, dan bidang asuransi umum. Gaji yang bisa diperoleh dari pekerjaan ini berkisar dari Rp 4.000.000 – Rp 25.000.000 per bulan.

4. Data Analyst (Analis Data)

Profesi yang satu ini memiliki permintaan tinggi di semua sektor, seperti keuangan, konsultasi, manufaktur, farmasi, pemerintahan, dan pendidikan. Perkiraan gaji yang bisa didapat adalah sekitar Rp 42.000.000.

Tapi selain ahli dalam menganalisis data, seorang analis data juga membutuhkan keterampilan penting agar bisa sukses, yaitu kemampuan untuk memperhatikan detail serta mampu berkomunikasi dengan baik dan sangat terorganisir.

Mengapa ketermpilan ini sangat diperlukan? Karena seorang analis data tidak hanya perlu memahami data tapi juga harus bisa memberikan wawasan dan analisis melalui komunikasi visual, tertulis, dan verbal dengan cara yang jelas serta mudah dipahami.

5. Analis Bisnis (Business Analyst)

Prospek kerja lulusan STIS berikutnya adalah business analyst, yang akan memberikan gaji sekitar Rp 4.000.000 – Rp 12.000.000/bulan. 

Karir yang satu ini sangat cocok untuk bagi individu yang senang mengevaluasi dan menganalisis data, menciptakan solusi, bekerja dengan banyak orang, dan memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi informasi. 

Seorang analis bisnis akan bekerja dalam sebuah organisasi untuk membantu mengelola, mengubah, dan merencanakan masa depan sesuai dengan tujuan organisasi tersebut.

Selama melakukan pekerjaan, analis bisnis harus bisa memahami situasi organisasi saat ini, mengidentifikasi kebutuhannya di masa depan, dan membuat solusi untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

6. Ilmuwan Data (Data Scientist)

Secara sederhana, tugas seorang ilmuwan data adalah mengubah data mentah menjadi informasi bermakna yang dapat digunakan organisasi untuk meningkatkan bisnis. 

Organisasi yang membutuhkan ilmuwan data di zaman serba modern seperti sekarang sangatlah banyak, misalnya di Indonesia ada PT Bank Central Asia, Bukalapak, PT Astra Internasional, Tokopedia, Gojek, Shopee, dan banyak lagi.

Nantinya, ilmuwan data akan mengekstrak, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah besar dan dari berbagai sumber menggunakan algoritma, penambangan data, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan alat statistik untuk membuatnya dapat diakses oleh perusahaan. 

Ilmuwan data kemudian harus mempresentasikan hasilnya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam. Profesi ini menawarkan gaji yang sangat menggiurkan mulai dari Rp 85.000.000 – Rp 130.000.000 per bulan.

7. Analis risiko keuangan (Financial risk analyst)

Analis risiko keuangan memiliki tugas utama untuk mengidentifikasi dan menganalisis bidang risiko potensial yang mengancam aset, kapasitas pendapatan, atau keberhasilan organisasi di sektor industri, komersial, atau publik. 

Profesi ini akan bertanggung jawab untuk memprediksi perubahan dan tren masa depan serta memperkirakan biayanya. Jumlah pemasukan yang bisa diperoleh dari pekerjaan ini bisa lebih dari Rp 15.000.000 per bulan.

8. Peneliti Pasar (Market Researcher)

Jika Anda adalah individu yang memiliki kepribadian percaya diri, ahli dalam menganalisis data, dan dapat menghadapi tantangan untuk mengkomunikasikan informasi dalam jumlah besar, karir sebagai peneliti pasar sangat cocok untuk masa depan. 

Pekerjaan dengan gaji sekitar Rp 7.000.000 per bulan ini akan membuat Anda sering bertemu dan berhubungan dengan klien dari perusahaan tempat Anda bekerja untuk bernegosiasi dan menyetujui proyek penelitian. 

Anda akan berspesialisasi dalam penelitian kuantitatif atau kualitatif. Penelitian kuantitatif melibatkan bekerja dengan statistik dan persentase srta dapat memberikan hasil yang cepat. Sedangkan penelitian kualitatif melibatkan analisis opini dan dapat memberikan alasan di balik persentase tertentu.

9. Analis Investasi (Investment Analyst)

Prospek kerja lulusan STIS sebagai analis investasi cukup menjanjikan karena bisa memberikan gaji besar yang berkisar dari Rp 7.000.000 – Rp 9.000.000/bulan.

Tapi pekerjaan ini mengharuskan pelakunya mahir dalam meneliti dan memahami pasar keuangan, serta dapat mengkomunikasikan informasi ini kepada orang lain dengan bahasa yang mudah dipahami. 

Seorang analis investasi akan memberikan penelitian dan informasi untuk membantu pedagang, manajer dana, dan pialang saham dalam membuat keputusan tentang investasi.

10. Manajer Keuangan

Seorang manajer keuangan bertanggung jawab untuk memberikan panduan dan dukungan keuangan kepada klien dan kolega sehingga mereka dapat membuat keputusan bisnis yang paling tepat. 

Manajer keuangan bekerja di banyak lingkungan yang berbeda termasuk organisasi sektor publik dan swasta seperti badan amal, lembaga keuangan bisnis umum, atau perusahaan manufaktur. Gaji yang bisa dikantongi per bulan dari karir ini sekitar Rp 7.500.000.

Bisa dibilang bahwa lulusan jurusan statistika akan memiliki masa depan yang cerah karena ada banyak pekerjaan bergaji tinggi yang sudah menanti. Prospek kerja lulusan STIS sendiri sangat bagus karena ada jaminan untuk menjadi PNS atau ASN (Aparatur Sipil Negara) di Indonesia.


baca juga: soal stis


Sumber:

  • https://kampusaja.com/prospek-kerja-statistika/
  • https://gajimu.com/tips-karir/indonesia-pekerjaan-dan-gaji/indonesia-ahli-bidang-ekonomi#:~:text=Kisaran%20gaji%20sebagian%20besar%20pekerja,%2C42%20per%20bulan%20%2D%202021.
  • https://rencanamu.id/profesi/ilmu-pengetahuan-teknologi/ahli-biomedis
  • https://suneducationgroup.com/app/sun-media-app/news-app/5-fakta-penting-tentang-profesi-aktuaris/#:~:text=Dimulai%20sebagai%20profesi%20Actuarial%20Analyst,10%2D25%20juta%20per%20bulan.
  • https://id.bitdegree.org/tutorial/gaji-data-analyst/#heading-6
  • https://www.cermati.com/artikel/menekuni-bidang-manajemen-keuangan-jangan-takut-nganggur-ini-peluang-karier-dan-gajinya
  • https://www.jagoanhosting.com/blog/business-analyst/#:~:text=Gaji%20rata%2Drata%20analis%20bisnis,%24%2080.000%20%E2%80%93%20%24%20130.000%20pertahun.
  • https://job-like.com/company_salary/3954/84949/
  • https://id.indeed.com/career/manager/salaries

0 Response to "10 Prospek Kerja Lulusan STIS Bergaji Tinggi"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel