Inilah 9 Daftar Tempat Wisata di Kota Tarakan

Bekantan - Images wikipedia.org
Daftar Tempat Wisata di Kota Tarakan - Kota  Tarakan merupakan tempat destinasi para wisatawan lokal dan mancanegara. Keindahan alam Kota Tarakan sungguh membuka mata orang yang melihat. Wahana dan keasrian lokalnya membuat setiap orang yang berkunjung serasa tak mau pergi dari Kota Tarakan. Tempat wisata yang ada di Kota Tarakan memiliki khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui betapa nikmat dan indahnya wahana wisata yang ada di Kota Tarakan jika mereka mengetahuinya. Maka dari itu, penulis akan membongkar beberapa tempat wisata  Tarakan yang bisa menjadi kunjungan liburan Anda.


Daftar Tempat Wisata di Kota Tarakan


1. Pantai Amal

Tidak lengkap rasanya jika Anda ke Kota Tarakan tanpa mengunjungi pantai amal. Pantai amal merupakan salah satu pantai harapan masyarakat Kota Tarakan, terlebih bagi para nelayan. Karena di pantai inilah tempat mereka mencari penghidupan. Pantai amal selain sebagai tempat pencarian hidup para nelayan, juga sebagai wahana liburan bagi masyarakat Tarakan dan sekitarnya. Bahkan pantai ini juga menyediakan berbagai makanan laut (sea food) yang menggoyang lidah, seperti, kappa (sejenis kerang atau tuday) serta lebih nikmat lagi jika ditemani dengan seduhan air kelapa murni yang menyegarkan dahaga.

2. Kampung Pesisir Tanjung Pasir

Pasti Anda bertanya-tanya apa keistimewaan kampung pesisir tanjung pasir? Tanjung pasir merupakan tempat perkampungan yang multi etnis. Tanjung pasir adalah kampung trans para nelayan pribumi dan pendatang. Mereka telah lama menempati daerah ini. Di kampung pesisir tanjung pasir ini memiliki tempat yang indah untuk menenangkan diri, kita bisa memancing dari jembatan kayu yang panjang yang telah menghubungkan masyarakat. Kekayaan lautnya membuat suasana senja semakin indah dengan panggangan ikan segar yang baru saja ditangkap. Biasanya selain memancing masyarakat pesisir juga menjaring ikan dengan pukat atau jala untuk menangkap ikan. Tanjung pasir juga kaya akan biota laut. Mulai dari ikan merah, ikan kerapu, ikan putih, cumi-cumi, bahkan rumput laut. Tidak rugi rasanya bila berakhir pekan di kampung pesisir ini.

3. Wisata Sejarah Peningki Laid

Sejarah dilukiskan dengan tinta merah darah para pejuang. Sejarah merupakan peninggalan yang sangat berharga. Dengan memahami peninggalan sejarah kita dapat menghormati perjuangan para pendahulu kita. Wisata sejarah peningki laid merupakan bekas jajahan para tentara belanda dan jepang yang melakukan embargo terhadap Indonesia. Peninggalan sejarah ini telah menjadi lautan api bagi Kota Tarakan. Sebenarnya tempat pertama kali datangnya para penjajah memasuki Indonesia adalah kota Tarakan. Perang dunia kedua ini membawa bekas luka yang dalam bagi masyarakat khususnya di bagian pesisir Tarakan. Sehingga Pearl Hearbor adalah bukti pernah terjadinya konflik panjang di kota ini. Maka dari itu perlu bagi kita melestarikan tempat peninggalan sejarah ini sebagai destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara. Situs sejarah ini bisa kita lihat berupa benteng dan meriam yang digunakan pada masa penjajahan.

4. Hutan Mangrove

Hutan magrove adalah tempat wisata yang laris dikunjungi masyarakat Tarakan dan sekitarnya. Dalam hutan magrove ini terdapat hewan langka yang masih serumpun dengan kera atau monyet, yaitu bekantan. Monyet bekantan ini merupakan jenis hewan yang dilindungi. Sebab, hewan ini amat langka dalam spesiesnya. Ketika ada orang yang berkunjung ke hutan magrove, biasanya monyet bekantan ini turun dari pohon untuk meminta makan dari para pengunjung. Jika Anda tidak memberikannya, maka jangan salahkan kalau Anda diuber-uber oleh hewan yang satu ini.

5. Penangkaran Buaya

Kunjungan wisata lainya yang tidak kalah seru adalah penangkaran buaya. Penangkaran buaya ini terletak di daerah juata teepatnya di kelurahan karang harapan, Tarakan Barat. Objek ini merupakan kunjungan yang juga rame digandrungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Kota Tarakan memiliki banyak koleksi buaya yang konon katanya terkenal bringas. Ada tiga jenis buaya yang ditangkarkan di antaranya, Buaya Muara (crocodylus porosus),Buaya Supit (tamistoma scheillius), dan Buaya Air Tawar (crocodylus siamlisus).


6. Persemaian

Kebun Binatang Persemaian merupakan objek wisata yang juga menjadi idola masyarakat Kota Tarakan. Berbagai binatang banyak di sini, mulai dari burung cendrawasih, buaya muara, gajah sumatra, burung enggang, ular sawah, kijang, teringgiling, dan masih banyak lagi  binatang yang bisa Anda lihat.

7. Air Terjun

Objek wisata yang juga menjadi kunjungan masyarakat Tarakan dan sekitarnya adalah air terjun yang terletak di mamburungan. Air terjun ini merupakan pengelolaan pemerintah bagi masyarakat Tarakan sebagai wahana berliburan keluarga. Lintasan menuju air terjun ini dikelilingi oleh kebun salak. 

8. Musium Rumah Bundar

Musium rumah bundar adalah objek wisata yang diresmikan oleh pemerintah. Musium rumah bundar ini merupakan salah satu peninggalan sejarah ketika terjadinya penjajahan dan peperangan antara Belanda dan Jepang yang pernah menduduki Kota Tarakan. Musium rumah bundar ini memiliki atap yang berbentuk bundar yang membentuk setengah lingkaran.

9. Baley Adat Tidung

Objek wisata yang terakhir adalah Baley Adat Tidung. Baley Adat Tidung merupakan peninggalan sejarah rumah adat penduduk pribumi. Bentuknya amatlah unik dan indah. Rumah yang didesain panggung dengan kolongan di bawah rumah membuat rumah adat ini seakan kental dan tetap eksis meskipun desain modern telah banyak merasuki setiap orang yang ingin membuat rumah. Rumah adat ini juga sebagai wahana destinasi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing (tourism).

Baca juga: Oleh-oleh Khas Tarakan

Itulah beberapa Daftar Tempat Wisata di Kota Tarakan. Semoga bisa bermanfaat bagi And yang ingin berkunjung ke Kota Tarakan. 

0 Response to "Inilah 9 Daftar Tempat Wisata di Kota Tarakan"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !