Wajib Beli ! Oleh-Oleh Khas Tarakan Sebagai Buah Tangan Liburan Anda

Oleh-Oleh Khas Tarakan Sebagai Buah Tangan Liburan Anda - Liburan merupakan kegiatan yang mengasyikkan dan menyenangkan. Tidak ada orang yang tidak menyukai liburan. Apalagi jika liburan itu dikemas dalam suatu perencanaan yang telah tersistematis sambil membeli cemilan khas tarakan dan wisata kuliner. Lengkapilah liburan Anda dengan mengunjungi sebuah pulau kecil yang berada di utara Kalimantan. Meskipun pulau ini kecil namun suasananya penuh dengan keindahan alam yang eksotis. Dan juga Pulau ini memiliki bekas peninggalan sejarah yang begitu kental. Mau tau letak pulau itu di mana? Yah, letak pulau itu berada di Kota Tarakan. Kota yang mirip seperti singapura ini memiliki penduduk yang sangat heterogen. Setiap daerah pastilah memiliki maskot makanan yang dibanggakan. Biasanya maskot ini sering disebut dengan 'Buah Tangan atau Oleh-oleh'. Nah, pengen tau oleh-oleh apa saja yang akan Anda dapatkan ketika Anda berlibur di Kota Tarakan? Berikut ulasannya untuk Anda pecinta liburan.

Baca: 7 Keistimewaan Kota Tarakan



Oleh-Oleh Khas Tarakan Sebagai Buah Tangan Liburan Anda


1.  Ikan Asin Pipih (Ikan Pepija)



Siapa sih yang tidak tahu oleh-oleh favorit yang satu ini? Yah, Ikan Asin Pipih atau yang sering disebut dengan ikan kerupuk. Ikan Asin Pipih ini berasal dari ikan pepija. Ikan pepija merupakan jenis ikan yang memiliki tulang lembek, tidak keras seperti ikan lainnya. Ikan ini jika diolah dengan baik akan menjadi ikan kerupuk yang gurih dan nikmat. Kebanyakan orang yang singgah atau berkunjung di Kota Tarakan, tidak lupa untuk membeli oleh-oleh yang satu ini sebagai buah tangan untuk sanak saudara dan kerabat. Ikan ini sangat nikmat menemani santap siang Anda. Ikan Asin Pipih ini memiliki dua jenis olahan. Ada ikan asin olahan biasa dan ada juga ikan asin yang diolah dengan dilumuri lombok atau sambel untuk menggugah gairah nafsu makan. Ikan Asin Pipih atau Ikan Kerupuk ini sangat nikmat lho....Ndak percaya....Buktikan saja sendiri, pasti Anda akan ketagihan....Oia masalah harga amat ekonomis dan tidak perlu menghabiskan isi kantung Anda. Harganya hanya Rp. 25.000. Tempat pembeliannya bisa Anda kunjungi warung atau toko yang berjejer di sepanjang jalan pasar batu yang letaknya di daerah sebengkok. Selamat berburu buah tangan.

2. Udang Kering


 

Kota Tarakan merupakan sebuah pulau yang dikelilingi oleh laut. Maka dari itu oleh-oleh khas tarakan ini tidak jauh dan tidak lepas dari yang namanya laut. Laut merupakan komponen terbesar yang dimiliki oleh penduduk Tarakan. Salah satunya adalah udang. Udang merupakan makanan yang sangat nikmat, kaya akan protein yang tinggi bagi tubuh. Bahkan, udang Tarakan ini sudah menjadi trade center ekspor hingga ke luar negeri. Oleh karena itu, Tarakan membranding udang ini sebagai salah satu 'Oleh-oleh Khas Tarakan' yang bisa Anda bawa pulang dan Anda nikmati bersama keluarga di rumah.

3. Dodol Rumput Laut



Tidak ada yang tidak mengenal apa itu rumput laut? Rumput laut adalah jenis ganggang yang banyak hidup di dasar laut. Rumput laut ini memiliki tingkat nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satunya sebagai obat melancarkan pencernaan. Para nelayan Kota Tarakan saat ini sudah beralih pada penanaman dan pembudidayaan rumput laut, bahkan ada yang menjadikan rumput laut ini sebagai pekerjaan utama mereka dan tempat bergantung hidup. Biasanya para nelayan memukat ikan, tapi sekarang sudah sebaliknya yaitu memukat rumput laut. Memang penghasilan dari memukat ikan dan rumput laut lebih besar penghasilan rumput laut ketimbang ikan. Makanya para nelayan di Tarakan ini sudah beralih pada rumput laut. Yang menjadi sebuah pertanyaan, Bisakah rumput laut itu diolah menjadi sebuah makanan yang lezat dan nikmat? Dan bisa kah rumput laut itu dijadikan oleh-oleh? Jawabannya tentu saja bisa. Rumput laut merupakan jenis tumbuhan laut yang bisa diolah apa saja. Bisa mengolahnya menjadi kerupuk, agar-agar, bahkan sebagai campuran dalam membuat kue dan cake. Rumput laut ini juga sudah dibranding oleh Tarakan sebagai 'Oleh-oleh Khas Tarakan yang berupa Dodol Rumput Laut'. Jika Anda berkunjung ke Kota Tarakan, jangan lupa membeli dodol ini sebagai buah tangan Anda.

Baca juga: Sepatu Kulit Kekinian Yang Murah Berkualitas

4. Abon Kepiting Soka




Pasti Anda tau bukan apa itu Abon? Abon merupakan makanan yang biasanya digunakan untuk menjadi inti dari makanan. Misalnya ketan yang di dalamnya dilumuri abon. Abon banyak sekali macamnya, ada abon ayam, sapi, ikan, udang dan lain sebagainya. Abon sangat nikmat jika di makan menggunakan ketupat. Tarakan juga merupakan penghasil terbesar makanan laut, di antaranya Kepiting Soka. Kepiting Soka juga merupakan oleh-oleh khas Tarakan yang sudah dibranding dalam olahan 'Abon Kepiting Soka'. Rasanya begitu gurih dan nikmat. Penasaran dengan rasa Abon Kepiting Soka? Berkujunglah ke Kota Tarakan. Ketika Anda berlibur di Kota Tarakan jangan lupa untuk membeli Abon Kepiting Soka sebagai buah tangan Anda.

Baca: Inilah Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

5. Amplang Bandeng



Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kenapa? Karena jika Anda berkunjung ke Kota Samarinda dan sekitarnya Anda pasti akan menemukan jenis makanan ini yang juga merupakan makanan oleh-oleh khas Samarinda. Namun, tidak ada salahnya jika kita menduplikat sebuah produk, akan tetapi produk itu harus dimodifikasi ulang untuk dapat menciptakan branding tersendiri. Nah, Kota Tarakan merupakan pulau penghasil ikan terbesar. Salah satunya adalah penghasil ikan bandeng. Nah, ikan bandeng ini sudah diolah menjadi sebuah kerupuk atau Amplang Bandeng yang sudah menjadi branding 'Oleh-oleh Khas Tarakan". Amplang Bandeng ini sangat gurih dan nikmat. Jika Anda berminat silakan Anda berkunjung ke Kota Tarakan dan Jadikan Oleh-oleh Khas Tarakan sebagai Buah Tangan Anda bagi sanak saudara dan kerabat Anda. Penasaran proses pembuatannya, inilah video proses pembuatannya:




Itulah ulasan sederhana mengenai Oleh-Oleh Khas Tarakan Sebagai Buah Tangan Liburan Anda. Jika Anda penggemar dan pecinta liburan (traveling) jangan lupa untuk mengunjungi Kota Tarakan. Dan dapatkan Buah Tangan dari Kota Tarakan.