Wisata Kuliner: Makanan Khas Tarakan yang Wajib Anda Nikmati Saat Berwisata Kuliner

Wisata Kuliner Makanan Khas Tarakan yang Wajib Anda Nikmati Saat Berwisata Kuliner - Setiap daerah tentunya memiliki ciri khas makanan yang berbeda-beda begitupun dengan cemilan khas tarakan. Daerah Padang terkenal dengan Rendangnya, Jogjakarta terkenal dengan Gudegnya, Betawi terkenal dengan Semur Jengkolnya, Makassar terkenal dengan Cottonya, Ambon terkenal dengan Sagunya, Banjarmasin terkenal dengan Soto Banjarnya, Solo terkenal dengan Baksonya, Bali terkenal dengan Lawarnya, dan Madura terkenal dengan Satenya, Bagaimana dengan Kota Tarakan? Apakah juga mempunyai makanan khas sebagai jajakan kuliner? Tentunya Tarakan juga mempunyai makanan khas yang berbeda dari makanan-makanan khas dari kota lainnya. Mau tau apa saja makanan khas yang dimiliki oleh Kota Tarakan? Sabar, sabar, sebentar lagi akan saya jelaskan khusus buat Anda penyuka wisata kuliner. Simaklah penjelasannya lebih lanjut di bawah ini:

Makanan Khas Tarakan yang Wajib Anda Nikmati Saat Berwisata Kuliner

Makanan Khas Tarakan yang Wajib Anda Nikmati Saat Berwisata Kuliner


1. Sayur Santan Daun Singkong Tumbuk


Kota Tarakan memiliki tekstur alam yang tropis dengan tingkat kesuburan tanah yang baik. Berbagai tanaman sayur cocok untuk ditanam di kawasan Tarakan. Salah satu sayur yang banyak tumbuh di Kota Tarakan adalah umbi-umbian. Umbi-umbian ini merupakan makanan masyarakat asli Tarakan. Namun, ada bagian dari umbi-umbia yang sering digunakan masyarakat asli Tarakan untuk dimasak sebagai sayuran favorit masyarakat Tarakan yaitu daun singkong. Daun singkong ini dibersihkan dan diolah terlebih dahulu kemudian ditumbuk dengan batu supaya racun pahit dalam daun singkong ini hilang. Daun singkong atau ubi ini memiliki tingkat nutrisi yang tinggi bagi daya tahan tubuh. Kandungan klorofil (zat hijau daun) dalam daun singkong ini mampu mencegah tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan radikal bebas. Kenikmatan daun singkong ini akan terasa nikmat jika dibuat sayur yang dicampur dengan santan. Sebelumnya daun singkong ini ditumbuk terlebih dahulu hingga halus. Kenikmatan sayur daun santan tumbuk ini akan lebih gurih dan nikmat jika dicampur dengan lauk yang akan saya jelaskan di point selanjutnya.



2. Tumis Kapa 


Tumis Kapa juga merupakan makanan favorit yang menjadi khas Kota Tarakan. Kapa merupakan jenis kerang laut yang kaya akan protein. Kapa biasanya banyak hidup di laut yang berlumpur. Kapa ini sangat nikmat dan gurih jika ditumis menggunakan rempah-rempah pilihan seperti, bawang merah, bawang putih, dan bumbu penyedap rasa lainnya. Ketika Anda memakan tumisan kapa ini seakan-akan Anda lupa akan daerah Anda sendiri jika Anda seorang perantau. Saking nikmatnya, daun telinga Anda serasa hilang tak terlihat hehehe. Kenikmatan mengkonsumsi tumis kapa ini lebih nikmat jika ditemani es kelapa muda. Kapa juga bisa direbus dan kemudian di cemil dengan sambal jeruk nipis. Maknyus rasanya. Anda ingin merasakan kenimatan kapa. Berkunjunglah ke Kota Tarakan.


3. Sate Temburungun


Pasti Anda tidak tahu bukan apa itu sate temburungun? Dan makhluk jenis apakah temburungan ini? sabar sebentar lagi saya akan jelaskan. Temburungun adalah jenis biota laut yang masih serumpun dengan kerang. Bedanya temburungun dengan kerang nampak dari tekstur kulitnya. Kulit temburungan melingkar seperti terompet sedangkan kapa sama halnya dengan kerang atau tuday. Temburungun ini amat nikmat jika di masak dalam bentuk sate dengan dilumuri bumbu yang diracik dengan berbagai bahan rempah-rempah pilihan. Biasanya pesta sate temburungun ini terjadi setiap setahun sekali ketika pergantian tahun baru. Jika Anda ingin mencoba jajanan kuliner sate temburungan, silakan Anda berlibur pada saat tahun baru di Tarakan.


4. Ikan Asin Richa (Gami)


Kota Tarakan merupakan kota yang memiliki laut terluas yang terbentang diselat Sulawesi. Kota Tarakan merupakan kota diujung utara Kalimantan yang berbatasan dengan Sulawesi dan juga berbatasan dengan negara tetangga tawau, Malaysia. Tentunya kota ini kaya akan biota laut seperti udang, ikan, kepiting, dan cumi-cumi. Ikan asin telah menjadi makanan khas Kota Tarakan. Bahkan ikan asin ini sudah menjadi makanan siap saji yang sudah dieksport hingga ke luar negeri. Ikan asin pedas atau yang sering dikenal dengan sebutan gami ini merupakan makanan khas Tarakan. Kenikmatan pedasnya jika dicampur dengan sayur santan singkong tumbuk akan terasa lebih gurih dan nikmat. Kedua menu ini mejadi makanan favorit masyarakat asli kota Tarakan, yaitu suku Tidung.

Baca juga: Wisata Alam Ekstrim di Jogja

5. Sambal Goreng Tuday

Ketika Anda makan akan lebih nikmat rasanya jika ditemani oleh sambal goreng tuday. Sambal goreng tuday ini juga telah menjadi makanan khas kota Tarakan. Sambal goreng tuday ini biasanya sering dimasak ketika pesta pernikahan sebagai tambahan menu untuk menambah nafsu makan. Biasanya sambal goreng tuday ini dicampur dengan potongan tahu dan tempe untuk menambah gurih dan kenikmatannya.

6. Kepiting Asoka Tumis Saos

Kepiting asoka juga merupakan jajanan khas kota Tarakan. Kepiting asoka ini memiliki tekstur tubuh yang lain dari kepiting kebanyakan. Kepiting ini sangat lembut dan lembek. Jadi seluruh tubuh kepiting ini bisa dikonsumsi tanpa harus membuang kaki dan capitnya. Biasanya kepiting asoka ini sering dimasak tumis saos sehingga lebih gurih dan nikmat untuk dikonsumsi. Mau mencoba makanan khas Kota Tarakan? Pengen atau pengen.... Silakan kunjungi Kota Tarakan sebagai salah satu daftar catatan kunjungan wisata kuliner Anda. Bagaimana sudah ngiler, semakin ngiler pas lihat video dibawah ini:



Itulah beberapa jenis makanan khas Kota Tarakan. Tentunya makanan khas ini tidak dijajakan di daerah lain selain di Tarakan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi catatan wisata kuliner Anda untuk dapat berlibur dan mencicipi makanan khas di Kota Tarakan.