Tips Ampuh Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Tips Ampuh Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami - Apakah Anda memiliki rambut berkutu? Tentunya hal ini membuat Anda tidak nyaman bukan dalam beraktivitas. Kepala menjadi gatal dan membuat Anda jengkel ingin menggaruknya. Apa sih penyebab rambut bisa berkutu? Kutu rambut merupakan jenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Kutu yang berada di kepala manusia tentunya berbeda dengan kutu yang ada dalam tubuh binatang. Kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur akan menetas selama kurang lebih delapan hari. 

Penyebab rambut berkutu disebabkan karena sisir yang Anda pakai merupakan sisir orang yang memiliki kutu, sehingga kutu yang nyangkut di sisir atau telurnya berpindah ke kepala Anda, penggunaan shampo atau produk zat kimia adalah penyebab utama lahirnya kutu, atau Anda malas merawat rambut Anda sehingga rambut And menjadi kotor dan berketombe yang nantinya menjadi sarang bagi kutu. Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi penulis akan memberikan beberapa tips ampuh untuk Anda bagaimana cara menghilangkan kutu rambut secara alami tanpa bahan kimia.
Ilustrasi Rambut Berkutu
Tips Ampuh Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Almond

Almond adalah bahan yang paling efektif menghilangkan kutu. Zat yang terkandung dalam almond mampu untuk mematikan telur-telur kutu yang berkembang biak dan menahan tumbuhkembangnya kutu di kepala Anda. Caranya; rendam 10 biji almond dalam air semalaman, kemudian pada pagi harinya kupas almond dan giling atau tumbuk hingga menjadi pasta pekat, kemudian tambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis, kemudian oleskan campuran pasta tersebut di kepala dan rambut Anda secara merata, setelah itu diamkan selama dua jam, setelah itu bersihkan pasta yang menempel di kepala dan rambut Anda dengan air dingin dan bersih.



Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan solusi bagi kesehatan dan kecantikan yang tidak sepi peminat. Hasil ekstaraksi buah zaitun ini selain dapat digunakan untuk kecantikan kulit, juga berfungsi untuk mengusir dan mematikan kutu pada kepala dan rambut.  Cara penggunaannya; oleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan rambut sebelum tidur di malam hari, tutup rambut Anda dengan menggunakan shower-cap, dan tidurlah dengan posisi terlentang agar tidak terjadi pergeseran pada kepala Anda yang telah ditutupi oleh shower-cap, setelah itu bersihkan kepala dan rambut Anda dengan air bersih. Lakukan cara tersebut selama satu minggu untuk memperoleh hasil yang memuaskan.




Baca Juga: Tips Ampuh Merawat Kesehatan Mata Secara Alami


Jus Lemon

Lemon merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan jus. Selain untuk minuman yang mengenakkan, lemon juga dapat digunakan dalam mengusir dan membunuh kutu yang berkembang biak di kepala dan rambut Anda. Kandungan zat asam dalam lemon ampuh untuk membunuh perkembangbiakan kutu di kepala Anda. Caranya; buatlah jus lemon alami tanpa perasa buatan, kemudian oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut secara merata, setelah itu, bersihkan kepala dan rambut Anda dengan air hangat.






Bawang Merah

Bawah merah adalah bahan yang sering digunakan dalam bumbu dapur. Bawang merah adalah rempah yang bermanfaat dalam menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya adalah bawang merah mampu untuk mematikan kutu di kepala dan rambut Anda. Bawang merah mengandung sulfur yang berguna untuk membunuh kutu. Tentunya bahan ini tidak memiliki efek samping pada kulit kepala dan rambut Anda. Caranya; masukkan 5 butir bawang merah ke dalam blender, kemudian blender hingga halus sampai berbentuk pasta kental, kemudian peras menggunakan kain bersih, ambil air perasan secukupnya, kemudian oleskan perasan bawang dengan merata ke seluruh bagian kepala dan diamkan selama 1-1,5 jam, setelah itu bersihkan dengan menggunakan air bersih, dan keramasilah rambut Anda agar bau bawang yang menyengat itu hilang.



Minyak Kelapa

Anda bisa juga menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan kutu di kepala dan rambut Anda. Caranya membalurkan minyak kelapa dari ujung rambut hingga pangkal rambut. Kemudian tutup rambut Anda menggunakan penutup kepala atau shower cup. Lakukan selama 6 jam lamanya, sebaiknya lakukanlah pada malam hari sebeum tidur, kemudian di pagi harinya keramasla agar aroma minyak kelapa dapat hilang pada rambut Anda.









Cuka

Rambut merupakan tempat yang cocok bagi kutu menempelkan telur-telurnya.  Telur kutu menempel sangat kuat. Salah satu cara melepaskan telur kutu di rambut dengan meneteskan cuka pada setiap helai rambut mulai dari ujung hingga pangkal rambut. Kemudian usapkan secara merata ke seluruh rambut, kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam lamanya. Cuka cukup ampuh untuk menggagalkan penetasan dan perkembangbiakan kutu di kepala dan rambut Anda.







Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Cara selanjutnya adalah memberikan campuran jeruk nipis dan minyak kayu putih. Berikan dua sendok makan minyak kayu putih dan campurkan dengan perasan jeruk nipis secukupnya. Kemudian aduk sampai rata. Setelah itu, balurkan pada rambut kepala secara merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam lamanya. Kemudian bilas rambut dengan air bersih.






Lidah Buaya

Lidah buaya juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan ketombe dan kutu pada rambut. Lidah buaya mengandung zat yang mampu membunuh kutu beserta telurnya. Caranya hampir sama dengan menghilangkan ketombe, ambil lidah buaya, kemudian kupas kulitnya, dan usapkan secara merata daging lidah buaya secara merata pada rambut Anda. Agar lebih maksimal gunakan penutup kepala atau shower cup, lakukan selama 1 jam lamanya. Kemudian bilaslah rambut Anda dengan air bersih.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Islam Melarang Makan, Minum, dan Kencing Berdiri


Daun Sirsak

Daun sirsak juga dapat Anda jadikan alternatif ampuh untuk membasmi kutu rambut. Kandungan yang ada pada daun sirsak serta aromanya dapat membuat kutu pada rambut menjadi tidak nyaman. Aroma yang menyengat membuat pertumbuhan telur kutu di rambut sulit untuk berkembang. Caranya; Tumbuk atau haluskan daun sirsak sebanyak lima lembar, kemudian usapkan ke seluruh rambut sampai merata. Diamkan selama 2 jam. Kemudian bilaslah dengan menggunakan air bersih.









Beberapa cara menghilangkan kutu rambut di atas, merupakan cara alami dan aman serta efektif untuk dapat membasmi berkembangbiaknya kutu pada rambut. Jagalah kebersihan dan kesehatan rambut Anda serta jangan asal menggunakan sisir, topi, handuk, dan berbagai alat yang mampu memindahkan kutu orang lain ke kepala Anda. Semoga tips ini bisa bermanfaat khususnya para pembaca yang mengalami permasalahan mengenai kutu di kepala dan rambut yang hingga sekarang belum menemukan tips ampuh untuk menghilangkannya.

3 Responses to "Tips Ampuh Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami"

  1. Rambut yang indah dan cantik akan membuat kita semakin percaya diri, namun sangat menjengkelkan jika ada kutu rambut di dalamnya. Selain menyebabkan gatal dan kurang percaya diri, kesehatan dan keindahan rambutpun akan hilang bahkan menjadi rusak.
    Jika sudah demikian tentu akan membuat anda mencari Cara Menghilangkan Kutu Rambut beserta telurnya, baik dengan menggunakan bahan alami maupun dengan bahan modern dari dokter. Salah satunya bisa dengan menggunakan campuran minyak kayu putih dan jeruk nipis. dengan mengoleskan nya pada rambut setelah kedua bahan tersebut tercampur rata.
    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. kutu rambut harus diatasi dengan tips dan cara cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena mengganggu sekali kalau kutu rambut dibiarkan

      Delete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !