Tips Ampuh Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Mata merupakan organ terpenting dalam menopang kehidupan manusia. Salah satu nikmat yang diberikan oleh Tuhan YME adalah dengan diberikannya nikmat penglihatan. Tanpa mata tentunya kita tidak akan dapat menikmati segala apa yang ada di bumi ini. Kita tidak bisa melihat indahnya nuansa alam mayapada, indahnya bintang yang bertaburan di langit, dan pelangi yang cekung menampakkan warna-warninya yang indah. Mata memiliki peran yang sangat penting dalam hidup ini. Bisa Anda bayangkan jika mata kita tidak mampu melihat alias buta, pastinya kita tidak akan bisa menikmati keindahan alam ini. Dan tentunya hidup ini akan terasa gelap gulita tak bercahaya dan hampa. Oleh karena itu, agar mata Anda tetap segar dan sehat sebaiknya Anda merawat kesehatan mata Anda sejak dini sehingga tidak ada penyesalan dikemudian hari. Penyakit mata tidak memandang usia, tua-muda, anak-anak dan dewasa semuanya bisa terkena penyakit mata. Beberapa peyakit mata berikut ini biasanya sering dialami oleh mayoritas orang di dunia ini seperti, rabun jauh, rabun dekat, presbiopi (gabungan rabun jauh dan rabun dekat), katarak, buta warna, dan lain sebagainya. Baiklah tanpa bertele-tele dan berpanjang lebar, saya akan menjelaskan secara rinci serinci-rincinya mengenai Tips Ampuh Merawat Kesehatan Mata Secara Alami.
Ilustrasi Mata Sehat
Tips Ampuh Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Perbanyaklah Mengkonsumsi Vitamin A

Sebagaimana penjelasan di atas, mata merupakan elemen terpenting dari tubuh kita dalam menopang kehidupan ini. Tanpa mata, kita tentunya tidak dapat beraktivitas secara bebas. Dan tanpa mata pula segala tindakan kita akan terbatas. Maka dari itu, menjaga dan merawat kesehatan amat itu penting, demi tercapainya segala apa yang diharapkan. Untuk dapat menjaga dan merawat kesehatan mata, perbanyaklah mengkonsumsi vitamin A. Vitamin A berfungsi memberikan nutrisi pada mata sehingga mata Anda akan senantiasa sehat. Salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin A tinggi diantaranya wortel. Wortel merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin A yang baik untuk mata. Dalam mengelola wortel ini terserah Anda, boleh dengan mencampurkannya dalam sayuran dan boleh juga dimakan mentah-mentah atau boleh juga dibuat jus. Tentunya sesuai dengan selera Anda.

Jangan Membaca Buku Terlalu Dekat dan dalam Posisi Baring

Kebanyakan atau mayoritas orang yang mengalami penyakit mata dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, salah satunya membaca buku terlalu dekat dan dalam posisi berbaring. Kenapa kita dilarang membaca buku dalam posisi berbaring? Karena pada posisi berbaring mata hanya fokus pada titik pusat atas, sehingga pada saat kita membaca buku dengan berbaring mata sedang tidak berada pada posisi stabil, hal inilah yang menyebabkan mata kita terasa ngantuk ketika membaca buku. Ketika kita mengantuk dan memaksanya untuk membaca maka hal terburuk akan terjadi adalah mata Anda lama-lama akan mengalami rabun dekat atau mata minus.  Ketika mata Anda minus maka salah satu jalan untuk menopang mata Anda normal lagi adalah dengan menggunakan alat bantu kaca mata minus. Tentunya Anda tidak menginginkan hal itu bukan?

Baca Juga : Cara Ampuh Mengobati Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami, It's Work

Hindari Kontak Mata Langsung Pada Layar Komputer/Laptop

Kasus ini juga sering diderita hampir seluruh manusia di dunia. Yakni mengalami penyakit mata yang disebabkan oleh layar komputer. Saat ini teknologi semakin berkembang pesat dan kebutuhan manusia akan hal serupa juga diperlukan. Salah satunya komputer atau laptop. Tidak ada di dunia ini manusia yang tidak mengenal alat canggih yang satu ini. Mulai dari anak bayi sampai nenek lansia semua pernah melihat dan menggunakan media ini. Nah, ketika penggunakan media komputer atau laptop terlalu sering maka hal buruk akan terjadi pada mata Anda. Kenapa demikian? Karena pada layar komputer yang cembung jika senantiasa dilihat dalam jarak yang terlalu dekat akan berdampak pada rusaknya kornea pada mata Anda. Sehingga Anda perlu menggunakan alat pelapis layar komputer yang tidak cembung guna menghindari kontak langsung dengan layar komputer.

Gunakan Penutup Mata Ketika Berpergian

Mata sangat sensitif sekali  ketika ia tidak terlindungi dengan baik. Ketika Anda sering melakukan perjalan jauh, maka sebaiknya Anda menggunakan pelindung mata agar mata Anda tidak terkena debu. Mata rentan sekali dengan debu.  Jadi, untuk dapat menghindari mata Anda agar tidak terkena debu dan kotoran sebaiknya gunakan alat pelindung seperti hel berpenutup mata atau bisa juga menggunakan kaca mata bebas minus, sehingga mata Anda akan senantiasa terlindungi dari berbagai masalah yang bisa meyebabkan munculnya penyakit mata.

Hindari Menggusar-Gusar Mata

Kebiasaan menggusar-ggusar mata terlalu keras tidaklah baik. Mata amat sensitif pada sentuhan. Ketika mata sering digusar atau dikucek-kucek maka yang akan terjadi adalah mata Anda akan meradang dan memerah. Hal ini bisa menyebakan hadirnya penyakit mata. Untuk mengatasi hal ini ketika mata Anda gatal misalnya, sebaiknya Anda mencuci muka Anda atau boleh juga dengan mencuci mata Anda dengan air bersih tanpa menggusarnya. 

Baca Juga : Kenali 4 Penyakit Langganan Anak dan Cara Mengatasinya

Rehatkan Mata Sejenak

Mata bukanlah mata robot yang dapat terus terjaga setiap saat. Mata sebagaimana pula organ lainnya, juga butuh istirahat. Ketika Anda sering melakukan aktivitas rutin Anda selama 24 jam per hari, tentunya mata Anda melek setiap saat. Seandainya mata ini bisa berbicara, pasti ia akan mengatakan kepada Anda, "Wahai fulan, ane butuh istirahat.....ente pikir hanya ente yang capek, ane juga capek melek terus..." hehehehe.
Jadi, biasakan untuk memberikan haknya mata untuk beristirahat sejenak meskipun hanya 15 menit.  Sehingga mata Anda akan refresh kembali dan siap untuk melayani Anda lagi dan lagi....

Itulah beberapa Tips Ampuh Merawat Kesehatan Mata Secara Alami. Semoga bisa membawa manfaat khususnya buat Anda pembaca yang budiman. Jangan lupa membaca artikel bermanfaat kami lainnya.

0 Response to "Tips Ampuh Merawat Kesehatan Mata Secara Alami"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !