Cara Ampuh Mengobati Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami, It's Work

Pada umumnya perut kembung pada bayi sudah biasa terjadi. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya masuknya angin melalui rongga mulut, adanya suhu dingin, serta pola asupan makan dan minum yang kurang tepat. Nah, ketika anak Anda mengalami perut kembung atau sakit perut, Anda jangan panik. Semakin Anda panik maka psikologis bayi Anda pun ikut terganggu. Maka dari itu, Anda harus tetap tenang dan bisa menenangkan anak Anda. Bayi sangat sensitif terhadap lingkungan, apalagi jika iklim sedang tidak bagus atau musim hujan anak lebih cepat terkena perut kembung. Jadi, perlu bagi para ibu mengetahui beberapa Cara Ampuh Mengobati Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami, Its Work.

Ilustrasi Baby Tengkurap
Berikan Minyak Telon Pada Perut dan Kakinya

Pada umumnya anak bayi sangat suka sekali dengan air, hal ini bisa kita lihat ketika kita memandikan anak. Biasanya anak lebih suka mandi. Namun, kelamaan mandi dan berendam di dalam bak mandi bayi juga tidak baik buat si bayi. Biasanya ketika bayi lama berendam dalam bak mandinya makan suhu dingin air akan cepat masuk melalui pori-pori dan lubang duburnya. Inilah yang bisa menyebabkan bayi cepat terkena perut kembung. Jadi mandikan anak Anda secukupnya dan jangan berlebihan. Dan gunakan durasi waktu secepat mungkin dalam memandikannya. Karena jika kelamaan suhu dingin air akan cepat masuk ke dalam tubuh. Nah, ketika hal ini terjadi, maka secepatnya keringkan tubuh anak Anda dan tutup tubuhnya dengan handuk atau selimut kemudian usapkan minyak telon ke seluruh badannya, terutama pada daerah perut dan pusat, kemudian kakinya. Suhu dingin lebih cepat masuk melewati pusat dan kaki.
 
Gunakan Pakaian yang Tebal atau Selimut Bayi

Sensitifitas pada kulit bayi perlu Anda jaga, apalagi menyangkut masalah kesehatan bayi Anda. Biasanya penyakit yang sering diderita oleh para bayi adalah perut kembung. Pasti Anda sering melihat anak bayi yang nangis tanpa sebab.  Biasanya perutnya sakit atau bayi tidak buang air besar. Nah, untuk menghindari perut kembung, maka sebaiknya Anda memakaikan anak Anda pakaian yang tebal atau boleh juga menutup badannya dengan selimut. Kehangatan pelukan bundanya juga bisa memberikan sensasi yang berbeda pada bayi.

Berikan ASI dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

ASI merupakan asupan makanan dan minuman yang paling baik untuk bayi. ASI merupakan bahan alami tanpa bahan kimia. ASI juga memiliki peranan penting terhadap sistem imun. Maka, sebaiknya hindari bayi dari susu botol atau susu sapi atau susu formula. Ada perbedaan mendasar bagi bayi yang mengkonsumsi ASI dengan bayi yang tidak mengkonsumsi ASI atau susu formula. Jika bayi menggunakan ASI full maka sistem daya tahan tubuhnya akan kebal terhadap berbagai jenis penyakit dan virus, namun jika anak ketika lahir sudah diberikan susu formula maka, anak tersebut tidak memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat sehingga penyakit lebih gampang masuk. Penggunaan ASI minimal dua tahun atau bisa juga lebih. Hali ini demi kebaikan anak Anda nanti ketika ia besar, dan kebal terhadap penyakit.

Tutup Kepala Bayi Menggunakan Topi atau Penutup Kepala

Angin dapat saja masuk melalui tubuh bayi. Titik-titik tubuh bayi yang mudah masuk angin adalah rongga mulut, pusat, telapak kaki, dan ubun-ubun.  Nah, bagi para ibu perlu memperhatikan hal ini, terkadang banyak para ibu baru memiliki anak dan belum tahu bagaimana seharusnya cara mengurus anak. Maka dari itu, perlu bagi para ibu baru belajar banyak kepada para ibu senior atau neneknya mengenai cara mengurus bayi yang baik dan benar. Ketika Anda akan bepergian, ada baiknya Anda memastikan anak Anda sudah menggunakan penutup kepala, kaus kaki, dan mengoleskan minyak telon di perutnya. Sehingga angin jjahat tidak akan mudah masuk.

Mandikan dengan Menggunakan Air Hangat

Anak adalah akhluk titipan Tuhan yang harus kita jaga dan kita rawat. Dalam memandikan anak sebaiknya menggunakan air hangat, hal ini bertujuan untuk meatikan kuman-kuman yang ada dalam tubuh si baby. Biasanya anak bayi sangat rental sekali terkenan penyakit kulit atau radang kulit yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya bisa juga karena pengaruh cuaca, kondisi air yang bisa enyebabkan kulit anak mudah terserang alergi, bisa juga gara-gara asupan makan yang salah dari seorang ibu yang menyebabkan anaknya terkena penyakit gatal-gatal kulit dari konsumsi ASI, seperti kembang peluh kembang keringat) dan alergi kulit.


Gunakan Metode Tengkurap Agar Angin Menguap Keluar

Setelah memberikan ASI kepada anak Anda, ada baiknya Anda menggunakan metode tengkurap agar anak Anda dapat bersendawa. Sendawa ini baik untuk anak, karena angin yang ada di dalam perut dapat keluar, sehingga anak dapat terhindar dari perut kembung. Posisi tengkurap ini bisa Anda lakukan setiap kali saat anak Anda usai menyusui minimal 5-10 menit, hingga sendawanya keluar. Dan biasanya kalau anak Anda sakit perut atau perut kembung terapi yang Anda bisa lakukan supaya perut anak bisa terasa  enak adalah dengan metode tengkurap juga, serta memberikan minyak kayu putih atau minyak telon khusus anak bayi. Atau bisa juga dengan membalut perutnya dengan daun ubi jalar.


Itulah beberapa Cara Ampuh Mengobati Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami, It's Work. Semoga dapat bermanfaat buat Anda para ibu-ibu yang menginginkan anak Anda sehat tanpa bantuan obat. Dikit-dikit jangan minum obat.

0 Response to "Cara Ampuh Mengobati Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami, It's Work"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !