10 Varian Menu Makanan Bernutrisi Untuk Kesehatan Bayi Usia 0-12 bulan

10 Varian Menu Bernutrisi Untuk Kesehatan Bayi Usia 0-12 bulan - Kesehatan bayi perlu dijaga dengan baik agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memilih menu makanan bayi yang memiliki kandungan bergizi dan juga bernutrisi. Berikut adalah beberapa menu atau resep yang bisa membuat asupan nutrisi bayi Anda terpenuhi dengan baik.

Varian Menu Bernutrisi Untuk Kesehatan Bayi Usia 0-12 bulan
Varian Menu Bernutrisi Untuk Kesehatan Bayi Usia 0-12 bulan

Menu kentang

Anda bisa menggunakan tiga buah kentang berukuran kecil yang dikupas dan dibersihkan kemudian mengukusnya sekitar 15 menit atau hingga lunak. Haluskan kentang dan campur dengan 100ml ASI sebelum disajikan. Karbohidrat dan mineral yang ada dalam kentang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan regenerasi sel tulang.

Menu jagung manis

Anda bisa menggunakan 100 gram jagung manis yang dikukus dan diblender, kemudian dicampur dengan 100ml ASI.untuk menghilangkan kulit biji jagung yang mungkin tersisa, Anda bisa menyaring bubur jagung terlebih dahulu sebelum disajikan.

Menu ubi ungu

Jika Anda ingin menggunakan ubi ungu sebagai makanan pelengkap ASI, pilih ubi ungu yang benar-benar matang dan kemudian potong-potong kecil. Kukus dan haluskan 100 gram ubi ungu sebelum ditambah dengan air kaldu ayam secukupnya.

Menu alpukat

Anda bisa memilih 50gram buah alpukat yang pasti manis dan matang. Langsung haluskan buah menggunakan blender atau garpu dan tambahkan 3 sendok makan ASI. Senyawa flavonoid dalam alpukat sangat baik untuk meningkatkan imunitas bayi dan menyuplai komponen mineral untuk regenerasi sel saraf.

Bubur pisang

Saat Anda ingin memberi tambahan asupan nutrisi untuk pertumbuhan tulang dan sel saraf otak, buah pisang bisa menjadi salah satu pilihan. Anda bisa memotong 50 gram pisang ambon yang dihaluskan dengan garpu, sebelum menambahkan 3-5 sendok makan ASI. Bubur  Ini adalah makanan bayi usia 6 bulan yang menjadi favorit bayi.


Bubur apel

Ketika Anda ingin membuat bubur bayi, maka bubur apel bisa menjadi alternatif. Akan lebih baik jika Anda menggunakan apel manis yang sebelumnya dikupas bersih. Anda bisa memblender satu buah apel yang dicampur dengan 30 ml ASI dan 10ml air jeruk manis untuk bahan makanan sang buah hati.

Bubur pepaya pisang

Anda bisa membuat campuran makanan bayi dari bahan pepaya dan pisang. Caranya Anda menghaluskan 25gr pepaya dan 50 gram pisang ambon yang dicampur dengan 30 ml ASI. Sebelum memberikannya pada bayi Anda, pastikan tekstur bubur benar-benar kental dan manis.

Menu pepaya

Pepaya mengandung senyawa papain, bromelain, antioksida, dan mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang, peningkatan sistem imun bayi, maupun regenerasi sel darah merah. Anda bisa membersihkan dan menghaluskan 50 gram pepaya matang terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan 30-50 ml ASI.

Menu beras merah

Ketika Anda ingin asupan karbohidrat yang cukup untuk sang buah hati, gunakan menu beras merah yang dibuat dengan cara memasak 100 gram beras merah menjadi bubur terlebih dahulu dan hasil saringan bubur kemudian dicampur 30ml ASI. 


Menu bubur susu

Ketika Anda ingin membuat bubur susu, Anda bisa menggunakan tepung beras atau tepung maizena sebanyak 20 gram. Setelah bubur matang, Anda bisa menambahkan bubur dengan 200ml ASI untuk bayi. Untuk cara membuat bubur susu bisa simak video dibawah ini:




Selain beragam menu diatas, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Ragam variasi pemberian menu yang diberikan setiap harinya, agar bayi tidak mudah merasa bosan.
  • Kadar kalori yang dimiliki setiap bahan makanan agar resiko penyakit apapun bisa dihindari sang buah hati
  • Tingkat kebersihan alat selama mengolah makanan.
  • Pemberian menu-menu diatas perlu dilakukan hingga menu habis agar nutrisi yang diserap oleh tubuh bayi juga semakin banyak.



Dengan demikian, nutrisi senyawa yang diperlukan untuk tumbuh kembang dan kesehatan bayi dapat terpenuhi dengan baik. Semoga menu makanan bayi diatas dapat menjadi refrensi untuk para bunda sebagai pendamping asi.

4 Responses to "10 Varian Menu Makanan Bernutrisi Untuk Kesehatan Bayi Usia 0-12 bulan"

  1. resep menu itu bergizi banget buat bayi, mau coba buat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk buat menu bergizi untuk bayi di rumah

      Delete
  2. wah.. ternyata buah alpukat masuk dalam daftar menu di atas ya..

    http://www.katalogibu.com/tips-bunda/ini-keuntungan-konsumsi-bayam-dan-alpukat-sejak-usia-dini.html.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, alpukat memang baik sekali untuk bayi, namun tetap harus sesuai porsi karena yang berlebihan itu tidak baik

      Delete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !