Tips Ampuh Cara Melancarkan ASI Secara Cepat dan Alami

Apakah Anda mengalami ASI tidak lancar ataupun ASI kering? Air susu ibu atau yang sering disebut dengan ASI merupakan asupan terpenting bagi anak. Apalagi jika anak ini baru lahir, tentunya ASI adalah asupan nutrisi yang tepat bagi bayi ketimbang menggunakan susu formula. Usia bayi yang baik untuk mengkonsumsi ASI adalah saat mereka berusia 0-6 bulan. Akan tetapi, maksimal anak meminum ASI maksimal 2 tahun atau pun lebih. Saat-sat usia 0-6 bulan ini bayi sangat membutuhkan banyak asupan nutrisi, dan yang paling banyak kandungan nutrisi adalah ASI. Memiliki ASI yang berkualitas baik, sehat dan ekslusif adalah impian setiap para ibu. Akan tetapi, banyak dari para ibu menyusui yang tidak jarang memiliki ASI yang sedikit alias tidak mengalir deras dan bahkan kering. Hal ini tentunya disebabkan atas beberapa faktor. Faktor yang menghambat produksi ASI dalam tubuh terletak pada dua hormon yang saling berkaitan yaitu prolaktin dan oksitosin. Prolaktin memiliki peranan dan pengaruh besar terhadap produksi ASI, sedangkan hormon oksitosin berpengaruh terhadap proses pengeluaran ASI. Semakin banyakk nutrisi yang masuk semakin banyak pula produksi ASI yang keluar. Oleh karena itu, ASI sangat besar pengaruhnya pada pola makan. Makanan merupakan penentu ASI mampu melakukan produksi, sehingga para ibu-ibu yang menyusui dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna demi kelancaran ASI untuk buah hati Anda. Selain 2 faktor di atas, ada beberapa faktor lain yang mampu menghambat kelancaran produksi ASI dalam tubuh. Sehingga ASI tidak keluar atau bahkan kering. Tentunya Anda tidak menginginkan itu bukan? Bagi para ibu yang sedang mengalami permasalahan ini, berikut adalah:

Cara Melancarkan ASI 

Tips Ampuh Cara Melancarkan ASI Secara Cepat dan Alami
Tips Ampuh Cara Melancarkan ASI Secara Cepat dan Alami

Konsumsi Makanan Sehat Pelancar ASI

Makanan sehat amat penting bagi ibu menyusui. Karena setiap ASI keluar tentunya seorang ibu akan merasakan lapar yang teramat sangat. Maka dari itu, bagi seorang ibu hendaknya memakan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi yang mampu meningkatkan kualitas dan produksi ASI. Salah satu makan yang mampu meningkatkan produksi ASI adalah mengkonsumsi sayur-sayuran seperti daun katuk. Daun katuk merupakan bahan alami alam yang mampu memperlancar produksi ASI, atau memakan kacang-kacangan, sayur-sayuran (seperti daun katuk) serta buah-buahan. Serta minumlah air putih maksimal 8 gelas sehari semalam. Sehingga air produksi air ASI Anda menjadi lancar.


Rutinkan Menyusui Agar ASI Lancar

Ketika seorang buah hati terlahir ke dunia ini. Tentunya ASI merupakan sesuatu yang pertama harus diberikan. ASI pada tetesan pertama amat kental dan sangat baik buat ketahan tubuh anak atau memberikan sistem kekebalan tubuh (sistem imuniologik). Setiap orang berbeda produksi ASI dalam tubuh, tergantung makanan yang kita konsumsi sehari-hari selama mengandung. Lancarnya produksi ASI bagi setiap orang tidaklah sama, ada yang tanpa rangsangan sudah lancar, dan ada pula yang harus dirangsang terlebih dahulu untuk mengeluarkan ASI. Rangsangan ini dapat dilakukan dengan rutin memberikan ASI pada anak Anda. Dengan bayi selalu menghisap puting susu Anda, maka ASI Anda dapat terangsang untuk keluar, dan apabila masih sulit maka bantulah dengan menggunakan pompa ASI untuk mengeluarkannya.



Gunakan Teknik Pijat

Biasanya produksi ASI memiliki tingkat kualitas yang berbeda, ada yang berwarna puting dan ada pula yang berwarna kuning. Ketika ASI Anda sulit untuk keluar, maka Anda juga bisa menggunaka teknik pijat puting payudara. Pemijatan ini adalah sebuah terapi untuk melemaskan saraf pada payudara. Tentunya pada saat ASI sedang berproduksi payudara akan terasa keram dan mengeras. Jika tidak dilakukan pemijatan maka payudara Anda akan terasa sakit. Jikalau ASI mampu keluar itu akan mampu meringankan sakitnya ASI, namun jika tidak itu yang akan membuat Anda semakin tersiksa dikarenakan ASI Anda tidak keluar ataupun kering.


Memompa ASI dan Memerasnya

Salah satu cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengeluarkan ASI adalah dengan memompanya dan memerasnya. Tentunya pemerasan ASI pada manusia tidaklah sama seperti memeras susu pada sapi kawan-kawan hehehe... Nah, metode pompa dan memeras ASI ini dapat kita lakukan setiap hari jika ASI sulit untuk keluar, hal ini tidak berlaku selamanya, hanya untuk merangsang keluarnya ASI. Sehingga ASI dapat menjadi lancar kembali. Dan khusus bagi para ibu yang bekerja, memompa ASI sangat dianjurkan untuk kebutuhan stok bayi Anda. Caranya, pompalah ASI Anda menggunakan alat pemompa ASI, kemudian tuangkan hasil ASI Anda ke dalam botol ASI yang tersedia, kemudian masukan botol ASI itu ke dalam pendingin atau frezer. Pada saat ASI akan digunakan, terlebih dahulu Anda mengcairkannya dengan menggunakan air hangat.



Jangan Stres

Apakah benar stres bisa menghambat kelancaran keluarnya ASI? ya, ASI merupakan sebuah air susu yang dikelola atau diproduksi dalam tubuh seorang ibu. Tentunya produksi ASI dalam tubuh ini juga berpengaruh pada diri ibu. Ketika ia berada pada tahap ketenangan dan kenyaman tentunya ASI akan mampu untuk keluar karena saraf pada organ payudara pun santai. Akan tetapi, berbeda halnya jika seorang ibu menyusui mengalami stres, tentunya segala saraf dalam tubuh pun ikut menegang. Nah, ketika seorang ibu menyusui stres maka produksi ASI pun ikut terganggu. Jadi bagi para ibu-ibu hindarilah stres. Karena stres bisa mengehentikan produksi ASI Anda. Ketika ASI Anda tidak keluar, jangan panik dan stres, tetap tenang dan lakukan beberapa cara di atas.




Merawat Kesehatan Payudara

Terakhir adalah merawat payudara. Payudara merupakan sentral produksi ASI dalam tubuh para ibu. Jika payudara tidak ada, tentunya produksi ASI pun tidak ada. Maka dari itu, kesehatan payudara hendaknya dapat dijaga dengan baik. Payudara juga merupakan media penyalur ASI yang rentan dengan penyakit jika tidak di rawat kebersihan dan kesehatannya, penyakit tersebut adalah kanker payudara. Kanker payudara sering dialami oleh para ibu yang kurang menjaga kesehatan payudaranya.

Itulah beberapa Tips Ampuh Cara Melancarkan ASI Secara Cepat dan Alami. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam mengatasi persoalan ASI tidak lancar. Bagi para pembaca setia yang budiman, jangan lupa membaca tulisan penulis yang lainnya.

0 Response to "Tips Ampuh Cara Melancarkan ASI Secara Cepat dan Alami"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !