Apakah SBMPTN sama dengan UMPTKIN? Cari Tahu Perbedaan dan Persamaannya

Apakah SBMTPN sama dengan UMPTKIN? 
Apa perbedaan SBMPTN dengan UMPTKIN?
Apakah soal UMPTKIN mirip dengan SBMPTN?

Beberapa kali pertanyaan tersebut saya temui diberbagai grup calon mahasiswa. Wajarlah mungkin mereka belum mendapatkan sosialisasi yang baik tentang perbedaan SBMPTN dengan UMPTKIN sehingga masih bingung diantara keduanya. Baiklah!

Sebenarnya antara SBMPTN dengan UM-PTKIN memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Oleh karenannya, pada artikel ini akan saya bahas secara detail dan semoga dapat dipahami dengan baik. Mohon baca sampai tuntas agar tidak gagal paham. 

 Persamaan SBMPTN dan UM PTKIN 

#SAMA-SAMA SELEKSI NASIONAL

By the way, sudah ada yang tau belum kepanjangan SBMPTN dan UMPTKIN? Nah, SBMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri, sedangkan kepanjangan UMPTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri. Keduanya sama-sama seleksi nasional sehingga pelaksanaan serentak nasional meskipun jadwal tes SBMPTN dan UMPTKIN punya jadwal pelaksanaan yang berbeda.

*Sama-sama JALUR TULIS

Usut punya usut sebenarnya UMPTKIN ini adalah SBMPTN-nya Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (PTKIN), seperti STAIN, IAIN dan UIN. Seleksi pada kedua jalur tersebut sama-sama menggunakan nilai jalur tulis atau tes tulis hasil mengerjakan soal-soal. Bukan menggunakan raport.

Pada kedua jalur ini yang menjadi acuan lolos atau tidaknya adalah NILAI UJIAN. Tidak ada deskriminasi meskipun memilih kampus beda daerah, jumlah alumni atau lintas jurusan. Jika peluang lintas jurusan SNMPTN itu sangat kecil bahkan hampir mustahil, maka peluang SBMPTN dan UM PTKIN lintas jurusan bergantung pada kesiapan belajarmu.

Jika ingin ikut SBMPTN 2020 harus ikut UTBK dulu agar bisa dapat nilai. Nilai UTBK itu nantinya yang akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2020. Sedangkan UMPTKIN langsung daftar jurusan, tes dan pengumuman.

Untuk biaya tes SBMPTN sama dengan UM PTKIN yakni 200.000.


*Sama-sama BISA DIIKUTI ALUMNI

Buat kalian yang alumni, memang sudah tidak bisa ikut SNMPTN atau SPAN PTKIN karena keduanya didaftarkan hanya bisa diikuti sekali seumur hidup saat kelas 12 dan mendaftarnya harus melalui pihak sekolah.

Namun, pada SBMPTN dan UMPTKIN alumni diperbolehkan untuk ikut mendaftar. Setahu saya maksimal adalah lulusan 3 tahun terakhir. Misalnya, kamu lulusan 2018 berarti masih bisa ikutan SBMPTN dan UMPTKIN sampai 2020 dan jika alumni 2018 jatah bisa ikut SBMPTN dan UM PTKIN sampai 2021. Buat yang masih SMA (akan lulus 2020) Anda harus belajar ekstra keras karena bersaing dengan para senior. Semangat. Kamu boleh ikut SBMPTN dan UM PTKIN sekaligus.

 Perbedaan SBMPTN dan UMPTKIN 


*Beda PENYELENGGARA

Seperti yang kita ketahui bahwa panitia SBMTPN adalah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), sedangkan UMPTKIN dibawah naungan Kementerian Agama RI (Kemenag). Jadwal pelaksanaan SBMPTN dan UMPTKIN berbeda.

Otomatis jadwal tesnya juga berbeda.





Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:

*Beda UNIVERSITAS

Pada jalur SBMPTN, universitas yang bisa dipilih adalah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) seperti UI, UGM, UNAIR, UB, dan beberapa universitas umum lain ditambah UIN. Sedangkan UMPTKIN hanya ada pilihan STAIN, IAIN, dan UIN. Dapat disimpulkan jalur masuk UIN bisa lewat kedua jalur tersebut (SBMPTN & UMPTKIN) meskipun dengan jurusan yang dibuka berbeda antara jalur SBMPTN dan UM-PTKIN.


*Beda JURUSAN

Jurusan yang ada di SBMPTN terdiri dari IPA dan IPS, sedangkan untuk UMPTKIN juga ada prodi IPS dan IPA. Prodi IPS lebih pada jurusan yang berbau keagamaan, seperti Manajemen Dakwah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Syariah Komunikasi Penyiaran Islam, Hukum Keluarga, Sosiologi Agama,  Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir dan lain sebagainya. Beberapa UIN membuka jurusan UMUM pada jalur UM PTKIN, misalnya pada UIN Raden Fatah Palembang yang membuka jurusan Jurnalistik dan Sistem Informasi yang mana itu termasuk UM-PTKIN IPA (saintek).

*Beda WEBSITE

Website SBMPTN adalah https://sbmptn.ltmpt.ac.id/ sedangkan website UM-PTKIN adalah um-ptkin.ac.id.


*Beda Lokasi TES

Dalam SBMPTN tidak bisa memilih lokasi pasti namun hanya bisa memilih Panlok. Misal, Panlok Surabaya bisa saja lokasi tesnya di Unair, Unesa, ITS dan sebagainya. Panitia SBMPTN yang menentukan.

Berbeda dengan UM-PTKIN yang memberikan kebebasan bagi setiap pendaftar untuk memilih lokasi tes selama di wilayah tersebut terdapat PTKIN. Artinya, kamu bisa memilih UIN/IAIN/STAIN terdekat dari rumahmu meskipun kamu tidak memilih prodi di sana.

Misalnya, kamu tinggal di Malang tapi kamu memilih prodi UIN Jogja dan UIN Malang. Nah, nanti kamu dapat tes di Malang (misalnya UIN Malang) saja. Tidak perlu datang tes UM PTKIN ke UIN Jogja.

Untuk urusan teknis seperti mengubah prodi di UM PTKIN setelah difinalisasi, kehilangan nomor SIP dan PIN, dan masalah lainnya, bisa bertanya langsung ke panitia UMPTKIN 2020.


*Beda SOAL DIUJIKAN

Jika SBMPTN materinya yang diujikan meliputi TKPA (HOTS) + IPA/IPS, sedangkan untuk Soal UM PTKIN yang diujikan mirip dengan SBMPTN namun ada tambahan Soal Keagamaan (seperti Bahasa Arab, SKI, Al Quran Hadist, dan sebagainya). Tes Kemampuan Dasar (TKD) UM PTKIN sebanyak sekitar 95-110 soal dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) IPS, IPA atau IPC.

Kalau ada yang bertanya: apakah soal UMPTKIN sama dengan SBMPTN? Jawabannya bisa YA dan TIDAK. YA karena materi untuk SOSHUM atau SAINTEK kurang lebih sama, namun BEDA karena ada soal Keislaman dan Kebahasaan Arab. Alangkah baiknya punya buku um ptkin agar bisa belajar soal UMPTKIN mulai dari sekarang sebelum tertinggal dari para pesaing yang sudah mencuri start belajar.

Baca juga => Soal UMPTKIN dan Pembahasan Lengkap

*Beda PENILAIAN

Saya dulu beranggapan jika sistem skor (penilaian) SBMPTN sama dengan UMPTKIN. Ternyata beda loh! SBMPTN terbaru jika salah (0), Benar (tergantung bobot soal sulit sedang mudah), Tidak dikerjakan (0) sedangkan UMPTKIN pihak panitia tidak memberikan informasi yang terbuka.

Jadi kalau kalian mengikuti UMPTKIN sebaiknya diisi semua jawabannya dengan benar jangan cuma asal mengisi. Perlu diingat bahwa tes UMPTKIN dan SBMPTN tidak hanya mengejar BENAR namun juga CEPAT karena terbatas waktu yang diberikan. Apalagi pada soal Tes Potensi Akademik yang pada dasarnya semua bisa mengerjakan soal yang membedakan hanya KECEPATAN menjawab. 

***

Jadi, pandai-pandailah melihat kuota kedua jalur (SBMPTN dan UMPTKIN). Apabila kalian tertarik memilih kampus UIN, maka tidak ada salahnya mencoba kedua jalur tersebut. Namun perlu diketahui, jika tidak semua jurusan umum ada di jalur UMPTKIN. Bila mendaftar jalur UMPTKIN, maka siap-siap aja memilih jurusan keagamaan yang sesuai bakat, minat dan passionmu.
Baca juga=> Jurusan-jurusan UM PTKIN
Sekian perbedaan dan persamaan SBMPTN dengan UMPTKIN. Selama belum ada kepastian diterima di mana, tidak ada salahnya mencoba semua jalur masuk yang ada termasuk ikut tes UM PTKIN.

Siapa tau tidak diterima SNMPTN dan ditolak SBMPTN tapi justru Lulus UM PTKIN. Takdir tidak ada yang tahu. Tugas manusia hanya berusaha memanfaatkan peluang yang ada termasuk ikut UM PTKIN.

Tidak ada salahnya mencoba SBMPTN dan UMPTKIN sekaligus. Semoga semakin mencerahkan bagi kalian yang masih galau memilih jurusan dan kampus. Akhirnya, tiada hasil yang mengkhianati usaha. Terus berjuang untuk mendapatkan kursi di kampus idamanmu! Kalau yakin dan niat ikut UMPTKIN, silahkan saja mendaftar dan persiapkan tes dengan semaksimal mungkin.
buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:


TESTIMONI MEREKA YANG LULUS UM PTKIN



Baca juga => Pengalaman Ikut UMPTKIN dan Lolos
Semoga berhasil Lulus SBMPTN & UM-PTKIN 2020!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel