Inilah Persamaan dan Perbedaan SPAN-PTKIN dengan UM-PTKIN - PAGUNPOST -->

Inilah Persamaan dan Perbedaan SPAN-PTKIN dengan UM-PTKIN

SPAN UM-PTKIN

Kepanjangan dari SPAN PTKIN adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Sedangkan kepanjangan dari UM-PTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri



Apakah SPAN PTKIN sama dengan SNBP?

Meski sama-sama menggunakan raport dan sertifikat juara (bila) ada sebagai acuan penilian, namun SPAN PTKIN & SNMPTN (SNBP) memiliki perbedaan dalam jurusan yang bisa diambil di span ptkin dan snmptn. 

Singkatnya, SPAN PTKIN ini hanya untuk UIN, IAIN dan STAIN dengan prodi yang ditawarkan MAYORITAS keagamaan, 

Sedangkan SNMPTN ini bisa juga untuk UIN (untuk prodi umum) dan PTN umum/ Politeknik (seperti UI, UGM, Unair, UB, Unpad, dan lain sebagainya).

Apa perbedaan SPAN PTKIN dan UM PTKIN?

Simpelnya:
SPAN-PTKIN hanya untuk kelas 12 dan seleksi berdasarkan raport dan faktor penilaian lain.

Sedangkan UMPTKIN bisa diikuti lulusan 3 tahun terakhir dan ada tes mengerjakan soal umptkin.

Antara SPAN PTKIN dengan UM-PTKIN ini terdapat persamaan dan perbedaan ya. 
Berikut adalah persamaan dan perbedaannya:

Persamaan SPAN-PTKIN dengan UM-PTKIN

  • Sama-sama dibawah naungan Kementerian Agama RI (Kemenag)
  • Sama-sama jalur masuk STAIN, IAIN, dan UIN
  • Jurusan yang ditawarkan InsyaAllah realtif sama atau bahkan mungkin sama. Seperti ada jurusan PAI, PGMI, Ekonomi Syariah, Manajemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, Ilmu Hadist, dan sebagainya.
  • Seleksinya dilakukan secara nasional oleh panitia.

Perbedaan SPAN-PTKIN dengan UM-PTKIN

  • SPAN PTKIN Gratis sedangkan UM-PTKIN berbayar. Biaya Pendaftaran UM PTKIN 2023 adalah Rp 200.000. Pendaftarannya lebih dulu SPAN PTKIN kemudian UM PTKIN. Jadi jika tidak lolos SPAN-PTKIN bisa ikut jalur UMPTKIN.
  • SPAN PTKIN penilaian berdasarkan nilai raport (jangan tanya nilai rata-rata lolos SPAN PTKIN karena sama sekali tidak ada data resmi nilai rata-rata lulus SPAN-PTKIN), sertifikat juara/piagam (bila ada), dan bisa jadi faktor lainnya. Sedangkan UM-PTKIN dinilai dari hasil mengerjakan SOAL UMPTKIN.
  • SPAN PTKIN pendaftarannya harus dikoordinir Guru untuk mengisi PDSS SPAN-PTKIN, sedangkan UM-PTKIN 2024 bisa langsung daftar sendiri-sendiri
  • SPAN PTKIN hanya diikuti siswa kelas 12 SMA/MA/Pondok Muadalah sedangkan UM-PTKIN bisa dikuti siswa kelas 12 dan alumni. Jika UMPTKIN 2024 maka yang bisa ikut alumni 2024, 2023 dan 2022.  Jadi UMPTKIN saingannya lebih banyak karena ada alumni.
  • Kuota UMPTKIN relatif LEBIH BANYAK daripada SPAN PTKIN.


Itulah persamaan dan perbedaan SPAN PTKIN dengan UMPTKIN. Bagi yang memang berminat masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dan ada jurusan yang kamu pilih maka silahkan mendaftar kedua jalur tersebut. 

Jangan lupa persiapkan materi UM-PTKIN bisa mulai sekarang, jangan menunggu pengumuman SPAN PTKIN yang belum pasti diterima. 

Meskipun nilai raportnya bagus, rata-ratanya diatas KKM dan nilai raport naik itu tidak menjamin selalu lulus span ptkin. Penilaian span-ptkin juga berdasarkan kualitas sekolah juga. 

Jika baru mulai belajar UMPTKIN setelah pengumuman SPAN PTKIN sepertinya waktunya akan mepet. Padahal banyak yang perlu disiapkan dalam umptkin termasuk belajar materi umptkin juga. Oleh karena itu, sangat disarankan mulai sekarang untuk berlatih SOAL UMPTKIN.

Selamat berjuang di SPAN PTKIN atau UM PTKIN 




Cek jurusan yang bisa diambil :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel