Apakah Soal UMPTKIN Mirip dengan SNBT? Ternyata Ini Perbedaanya - PAGUNPOST -->

Apakah Soal UMPTKIN Mirip dengan SNBT? Ternyata Ini Perbedaanya

UM-PTKIN atau kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur masuk IAIN, STAIN, UIN, dan UNSIKA yang formatnya mirip dengan SBMPTN karena sama-sama jalur ujian soal. Dalam artian, pada jalur ini sama-sama mengerjakan beberapa soal yang akan dinilai.

Dulu namnya SBMPTN sekarang sudah ganti menjadi SNBT.

Karena jalur berbasis tes maka mereka yang mendapatkan nilai yang tertinggi dan sesuai dengan kuota universitas, maka otomatis dinyatakan Lolos. 

Terkait dengan SOAL UMPTKIN sendiri memang sedikit berbeda dengan SBMPTN. 



Dari segi materi soal. 

  • Materi UMPTKIN Potensi Koginitif, Literasi Matematika, Literasi Membaca, Literasi Keislaman.
  • Bandingkan dengan materi SNBT yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Mungkin ada persamaan dan perbedaan tapi yang paling berbeda dibagian Literasi Keislaman. 

Pada UMPTKIN biasanya ada soal Keislaman seperti Fikih, SKI, Alquran Hadist. Selain itu, Literasi Membaca juga memungkinkan ada Mapel Bahasa Arab.


klik juga => SOAL UM PTKIN


Tips mengerjakan SOAL UMPTKIN adalah PerBANYAK LATIHAN contoh SOAL UMPTKIN. Fokus ditingkatkan karena menghadapi soal UMPTKIN yang bermacam-macam pelajaran. Tidak hanya modal belajar mengerjakan contoh soal dan pembahasan, namun perbanyak latihan agar speed menjawab meningkat. Perbanyak memahami materi um ptkin juga menjadi kunci tips lulus um ptkin.


Pesan Buku UMPTKIN 


Persiapkan UM PTKIN dengan baik kalau bisa jauh-jauh hari sebelum tes dilaksanakan. Dan ingat! Jangan lupa berdoa agar diberikan hasil yang terbaik oleh Allah SWT. Semakin matang persiapan, semakin besar peluang lolos UM PTKIN 2023.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel