Soal UMPTKIN Mirip dengan SBMPTN?

UM-PTKIN atau kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur masuk IAIN, STAIN, UIN yang formatnya mirip dengan SBMPTN. Dalam artian, pada jalur ini sama-sama mengerjakan beberapa soal yang akan dinilai. Mereka yang mendapatkan nilai yang tertinggi dan sesuai dengan kuota universitas, maka otomatis dinyatakan Lolos UMPTKIN. Antara UMPTKIN dengan SBMPTN sama-sama dilaksanakan secara nasional dan serentak.



Terkait dengan SOAL UMPTKIN sendiri memang sedikit berbeda dengan SBMPTN. Pertama, UMPTKIN tidak hanya soal IPA atau IPS, namun juga ditambah soal keagamaan: Bahasa Arab, Fiqih, Hadist, Al Quran, SKI dan sebagainya. Untuk Soal IPA/IPSnya memang relatif sama namun kita juga tidak bisa menebak apakah tiap tahun tingkat kesulitannya naik atau turun. Yang jelas dengan belajar soal-soal tahun sebelumnya, kita bakal siap dan familiar dengan tipe soal UM-PTKIN yang diujikan.

Baca juga=> Jurusan SPAN-UM PTKIN

Kedua, perbedaan pada sistem penilaian. SBMPTN kita harus berhati-hati dan yakin dalam mengerjakan soal karena salah (-1), benar (+4) dan tidak dikerjakan (0) yang terbaru sbmptn salah 0, benar 1, tidak dijawab 0, sedangkan penilain UMPTKIN adalah salah (0), benar (+1), dan tidak dikerjakan (0). Artinya dalam UMPTKIN kita harus mengerjakan soal secara seluruhnya yang tidak hanya BENAR namun juga CEPAT. 

Baca juga=> SOAL UMPTKIN

Tips mengerjakan SOAL UMPTKIN berdasarkan pengalaman pribadi adalah FOKUS. Fokus karena yakinlah soal UMPTKIN lebih banyak ketimbang SBMPTN. Apalagi saya dulu tes UMPTKIN dilaksanakan selama dua hari. Tidak hanya modal belajar, namun juga speed dan stamina. Bersabarlah kita membulatkan jawaban. Dan ingat! Jangan lupa berdoa agar diberikan hasil yang terbaik oleh Allah SWT.

Selamat berjuang di UMPTKIN 2018

1 Response to "Soal UMPTKIN Mirip dengan SBMPTN?"

  1. Kak, mau tanya poin penting apa yg harus dilakukan agar bisa lolos umptkin?

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel