Apakah Soal UM PTKIN Mirip dengan SBMPTN? Ternyata Ini Perbedaanya

UM-PTKIN atau kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur masuk IAIN, STAIN, UIN yang formatnya mirip dengan SBMPTN karena sama-sama jalur ujian tulis. Dalam artian, pada jalur ini sama-sama mengerjakan beberapa soal yang akan dinilai. Mereka yang mendapatkan nilai yang tertinggi dan sesuai dengan kuota universitas, maka otomatis dinyatakan Lolos UMPTKIN. Ada perbedaan UMPTKIN dengan SBMPTN dan ada persamaan UMPTKIN dengan SBMPTN yakni sama-sama dilaksanakan secara nasional dan serentak. 


Terkait dengan SOAL UMPTKIN sendiri memang sedikit berbeda dengan SBMPTN. Pertama, UMPTKIN tidak hanya soal IPA atau IPS, namun juga ditambah soal bahasa arab dan soal keagamaan: Fiqih, Hadist, Al Quran, SKI dan sebagainya.

Untuk Soal IPA/IPSnya memang relatif sama namun kita juga tidak bisa menebak apakah tiap tahun tingkat kesulitannya naik atau turun. Yang jelas dengan belajar soal-soal tahun sebelumnya, kita bakal siap dan familiar dengan tipe soal UM-PTKIN yang diujikan.

Baca juga=> Jurusan SPAN-UM PTKIN 2019

Kedua, perbedaan pada sistem penilaian. Sistem Penilaian SBMPTN jika mengerjakan soal karena salah (0), benar (+1) dan tidak dikerjakan (0). Namun, Benar +1 itu pun belum final karena tergantung tingkat kesulitan soal. Sedangkan sistem penilaian UM PTKIN adalah salah (0), benar (+1), dan tidak dikerjakan (0). Lebih sederhana sistem penilaian UM PTKIN.

Baca juga=> SOAL UM PTKIN


Tips mengerjakan SOAL UM PTKIN berdasarkan pengalaman lulus umptkin adalah FOKUS. Fokus karena menghadapi soal UMPTKIN yang jumlahnya lebih banyak dari pada SBMPTN. Tidak hanya modal belajar soal umptkin tahun sebelumnya saja, namun perbanyak latihan agar speed menjawab meningkat dan stamina terjaga. Perbanyak membaca materi um ptkin adalah kunci tips lulus um ptkin.

buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:

Jika kalian ikut UM PTKIN PBT (kertas) harap bersabar dalam menghitamkan bulatan jawaban. Persiapkan UM PTKIN dengan baik kalau bisa jauh-jauh hari sebelum tes dilaksanakan. Dan ingat! Jangan lupa berdoa agar diberikan hasil yang terbaik oleh Allah SWT. Semakin matang persiapan, semakin besar peluang lolos UM PTKIN 2019.
Baca juga=> Buku Materi SBMPTN / UM PTKIN Yang Recommended
Selamat berjuang di UMPTKIN 2019!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel