PROSPEK KERJA LULUSAN UIN/IAIN/STAIN JURUSAN KEAGAMAAN

Pada hakikatnya, kuliah adalah diniatkan mencari ilmu bukan mencari kerja. Namun, kebanyakan orang memang bekerja pada bidang ilmu yang telah dipelajari sebelumnya khususnya di bangku perkuliahan. Ya boleh dibilang bekerja adalah cara agar ilmu yang sudah diperoleh menjadi berguna atau bermanfaat. Tak sedikit juga orang yang dulunya lulusan X tapi sekarang kerja jadi Y. Rezeki sudah Allah yang mengatur, kita hanya berikhtiar (berusaha).

Jangan takut miskin!
Bagaimana mungkin takut dengan kemiskinan, sedangkan kita adalah hamba dari Tuhan Yang Maha Kaya

Bagi adik-adik yang mau masuk UIN/IAIN/STAIN mungkin kadang masih bingung dengan prospek jurusan UIN/IAIN/STAIN yang ditawarkan. Masih ragu nanti lulus jadi apa atau masih kepo-kepo tentang jurusan yang kebanyakan berbau islami. Bahkan sebagian orang berasumsi negatif dengan lulusan UIN/IAIN/STAIN yang belum tentu benar.


"Jurusan Hukum Keluarga kalau lulus jadi apa sih?"

"Lulusan Ilmu Alquran dan Tafsir kerjanya dimana sih?"

"Jurusan PAI jadi guru ya?"

"Tasawuf Psikoterapi yang dipelajari apa aja?"

dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan polos ala anak SMA.

PROSPEK KERJA LULUSAN UIN/IAIN/STAIN JURUSAN KEAGAMAAN

Memang membahas prospek kerja cenderung tabu karena kita tidak tahu bakal jadi apa nantinya. Bisa jadi kita kerja diluar jurusan saat kuliah. Ya memang sih cenderung tidak sopan jika selalu mengaitkan jurusan kuliah dengan prospek kerja. Disisi lain juga tidak munafik bahwa jurusan kuliah akan menentukan kita akan kerja dimana. Serba dilema dan serba misteri memang~

Sekarang juga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau disebut PTKIN juga sudah menyebar di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti UIN Alauddin, Makassar (Sulawesi Selatan), UIN Antasari, Banjarmasin (Kalimantan Selatan), UIN Ar-Raniry, Banda Aceh (Aceh), UIN Imam Bonjol, Padang (Sumatera Barat), UIN Mataram, Mataram (Nusa Tenggara Barat), UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang (Jawa Timur), UIN Raden Fatah, Palembang (Sumatera Selatan), UIN Raden Intan, Bandar Lampung (Lampung), UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Serang (Banten), UIN Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru (Riau), UIN Sultan Thaha Saifuddin, Muaro Jambi (Jambi), UIN Sumatera Utara, Medan (Sumatera Utara), UIN Sunan Ampel, Surabaya (Jawa Timur), UIN Sunan Gunung Djati, Bandung (Jawa Barat), UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta (UIN SUKA D.I. Yogyakarta), UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan (Banten), UIN Walisongo, Semarang (Jawa Tengah), IAIN Tulungagung, Tulungagung (Jawa Timur), STAIN Pamekasan, Pamekasan (Jawa Timur), IAIN Palangka Raya, Palangka Raya (Kalimantan Tengah), IAIN Ternate, Ternate (Maluku Utara), IAIN Purwokerto dan masih banyak lagi.

Diakui kebanyakan informasi yang ada hanya seputar prospek jurusan yang bersifat umum, sedangkan untuk yang jurusan keagamaan kurang banyak media yang memberikan informasi. Padahal sebenarnya prospek kerja lulusan UIN/IAIN/STAIN juga terbuka lebar. Oleh karena itu, pada postingan ini saya mencoba untuk memberikan gambaran kerja atau karier lulusan dari UIN/IAIN/STAIN yang bersumber dari brosur IAIN Tulungagung.

Prospek Kerja Lulusan Fakultas Syariah & Ilmu Hukum

  • Hukum Ekonomi Syariah: Konsultasi hukum di bank konvensional, Dewan Pengawas Syariah, BPRS, dan Kopsyah (BMT), advokat, serta peneliti,.
  • Hukum Keluarga: Hakim, Panitera, Advokat, Tenaga Ahli di KUA dan Kementerian Agama, Lajnah Falakiyah, Konsultan LBH, Konsultan Keluarga.
  • Zakat dan Wakaf: Pengelola, peneliti, konsultan dan pengembang zakat dan wakaf di instansi pemerintah maupun swasta.
  • Hukum Tata Negara: hakim, akademisi, peneliti, aparatur penegak hukum di lingkungan Kemenkumham, konsultan hukum, politik, dan sosial kegamaan.

Prospek Kerja Lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

  • Pendidikan Agamai Islam (PAI): Tenaga pendidik dan kependidikan, peneliti bidang pendidikan Islam, konsultasi pendidikan, jurnalis, pembimbing haji.
  • Pendidikan Bahasa Arab (PBA): Tenaga pendidik dan kependidikan, peneliti bidang pendidikan bahasa dan asatra arab, penerjemah, jurnalis, dan pembimbing haji.
  • Tadris Bahasa Inggris: Tenaga pendidik dan kependidikan, peneliti bidang pendidikan bahasa dan sastra inggris, tour guide, jurnalis, edupreneur.
  • Tadris Matematika: Tenaga pendidik dan kependidikan, konsultan, peneliti bidang matematika.
  • Pendidikan Guru MI: Tenaga pendidik dan kependidikan, peneliti bidang pendidikan dasar, konsultan, jurnalis.
  • Pendidikan Guru RA: Tenaga pendidik dan kependidikan, peneliti, pengelola pendidikan anak usia dini, konsultan, seniman Islam.
  • Manajemen Pendidikan Islam (MPI): Perencana, penyelenggeara, evaluator, peneliti bidang pendidikan, pengembang kurikulum dan pengelola lembaga pendidikan.
  • Tadris Biologi: Tenaga pendidik dan kependidikan, peneliti bidang pendidikan biologi, konsultan, jurnalis.
  • Tadris IPS: Tenaga pendidik dan kependidikan, peneliti bidang pendidikan IPS, konsultan, jurnalis.
  • Tadris Bahasa Indonesia: Tenaga pendidik dan kependidikan, peneliti bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, jurnalis.

Prospek Kerja Lulusan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah

  • Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir: Pemikir Islam, peneliti teks dan naskah klasik, penyuluh agama, konsultan agama, jurnalis.
  • Filsafat Agama: Pemikir Islam, peneliti teks dan naskah klasik, penyuluh agama, konsultan agama, jurnalis.
  • Tasawuf Psikoterapi: a) Psikoterapis, b) Trainer Psikoterapi, c) Terapis bagi Anak Berkebutuhan Khusus, d) Guru di Sekolah Luar Biasa, e) Konsultan Keluarga/Masyarakat, f) Motivator, g) Tenaga Paliatif di rumah sakit, dan h) Peneliti Sosial.
  • Bahasa dan Sastra Arab: peneliti bahasa dan sastra Arab, pemandu wisata kawasan timur tengah, penerjemah bahasa arab, jurnalis.
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam: Penyuluhan Agama Islam, Dai, jurnalis, broadcaster, peneliti, konsultan komunikasi dan penyiaran.
  • Bimbingan Konseling Islam: Tenaga pendidik dan kependidikan, penyuluh agama Islam, jurnalis, konsultan keluarga dan masyarakat, peneliti.

Prospek Kerja Lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

  • Perbankan Syariah: Tenaga profesional perbankan syariah dan konvensional, lembaga keuangan syariah/BMT, asuransi, pegadaian, koperasi.
  • Ekonomi Syariah: ahli manajemen bisnis, perbankan syariah, akuntansi, pengawasan pasar dan kewirausahaan Islam.
  • Akuntansi Syariah: Akuntan publik dan privat, ahli manajemen bisnis, perpajakan, pengaudik baik secara konseptual maupun praktikal.

*) mohon maaf bila ada jurusan yang belum dibahas
**) prospek di atas masih bisa berkembang lebih banyak lagi
***) khusus UIN biasanya masih membuka jurusan yang sifatnya umum tidak hanya keagamaan

Baca juga=> Jurusan-jurusan SPAN PTKIN & UMPTKIN Lengkap

Pada akhirnya, jangan minder ketika kamu berkuliah dimanapun, entah swasta ataupun kampus islam seperti UIN/IAIN/STAIN. Justru ada keberkahan tersendiri bagi mereka yang kuliah di PTKIN karena pelajaran keagamaan masih begitu kental. Jadi, artikel ini bukan merendahkan PTKIN namun justru ingin membuktikan bahwa lulusan PTKIN bisa bersaing di dunia kerja. 

"Gerbang Masa Depan Insan Paripurna"
Ayo kuliah di PTKIN~

Jalur masuk UIN, IAIN dan STAIN pun juga sangat banyak. Bisa lewat SPAN PTKIN, UM-PTKIN dan jalur Mandiri. UM-PTKIN adalah jalur ujian tulis yang mirip dengan SBMPTN namun ada soal-soal keagamaan dan bahasa arab didalamnya. Jalur tersebut berdasarkan nilai dalam mengerjakan SOAL UMPTKIN.


SOAL UM-PTKIN IPA IPS IPC
CONTOH SOAL UM PTKIN IPA IPS IPC BUKU
(pesan buku whatsapp ke: 085785087038)
BAHAYA karena STOK TERBATAS

AWAS! Buku ini dapat menyebabkanmu Lolos UMPTKIN dengan izin Allah

TESTIMONI MEREKA YANG SUDAH BELI BUKU/ FILE PDF UM PTKIN





Segera Pesan buku hubungi: 
SMS/WhatsApp: 085785087038
BAHAYA karena stock terbatas!
Hanya dijual secara online


Jika kamu bersungguh-sungguh dan mau berkembang, InsyaAllah peluang kerja juga sangat terbuka lebar. Banyak kok orang hebat yang dulu lulusan kampus biasa. Justru sekarang saatnya kalian membesarkan kampus bukan dibesarkan oleh kampus. Intinya jangan pernah menganggap remeh kampus lain dan menganggap kampusmu yang terbaik.


Almamater boleh beda, tapi perjuangan kita sama. 
Menjadikan Indonesia lebih baik.
Hidup mahasiswa!

Baca juga: Soal Mandiri UIN 2018

Jadi, setelah lulus mau jadi apa Anda?
Apapun itu semoga bisa bermanfaat ya!

Jangan lupa like facebook dibawah ini:

2 Responses to "PROSPEK KERJA LULUSAN UIN/IAIN/STAIN JURUSAN KEAGAMAAN"

  1. Hmm saya bingung harus pilih fakultas apa. Sbmptn saya lulus pendidikan biologi di uin dan umptkin juga lulus di pendidikan agama islam. Bagusnya jurusan apa ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sesuai dengan dirimu. Paling nyaman sekalipun nanti kamu nggak dibayar tapi kamu rela buat menekuni jurusan itu

      Hapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel