KIvd339BgUeQ2GjwEjpirF0jbhwRuWMnxJPYkraz

Prospek Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Prospek Pendidikan Agama Islam (PAI) - Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah jurusan kuliah dimana para mahasiswanya diajarkan tentang ilmu keguruan yang dikhususnya pada agama Islam. Tujuan jurusan ini adalah untuk menciptakan sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang pengajaran agama Islam. Prospek kerja pendidikan agama Islam sebenarnya tidak sebatas menjadi guru saja tetapi juga terbuka untuk dapat memperoleh pekerjaan yang baik dan bermanfaat.

Jurusan PAI

Prospek Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Siapa yang Cocok Masuk Jurusan PAI

Jurusan PAI membutuhkan kemampuan, kecerdasan, dan minat khusus. Oleh sebab itu, tidak semua orang akan cocok menjalani kuliah di jurusan ini. PAI ini biasanya diminati untuk orang-orang yang punya passion terhadap pendidikan Islam dan sekolah. Berikut ini beberapa orang yang mungkin akan cocok mengambil jurusan kuliah ini.

Orang dengan kecerdasan interpersonal

Jika Anda memiliki kecerdasan interpersonal, maka jurusan ini akan cocok untuk Anda. Hal ini karena selama masa perkuliahannya, Anda akan terlibat dalam praktik mengajar dan nantinya juga akan menjadi pengajar yang akan bekerja dengan murid dan guru lain. Sehingga, tipe kecerdasan ini akan sangat dibutuhkan

Orang dengan kemampuan komunikasi yang baik

Jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Anda mungkin akan merasa cocok menjalani jurusan ini. Kemampuan tersebut akan sangat membantu Anda saat presentasi di kelas dan saat menyampaikan materi pelajaran terhadap murid ketika praktik maupun saat sudah bekerja.

Orang dengan kemampuan menghafal yang baik

Karena dalam jurusan ini mahasiswa akan banyak menghafal  ajaran agama islam, Alquran, dan hadits, maka mahasiswa jurusan ini harus memiliki kemampuan menghafal yang baik. Jika Anda memiliki kemampuan ini, Anda akan dapat menjalani perkuliahan PAI dengan mudah dan nyaman.

Orang yang memiliki minat tinggi pada agama Islam

Jika Anda memiliki minat yang tinggi terhadap agama Islam, Anda pasti akan sangat cocok masuk ke jurusan kuliah ini. Untuk menjalani kuliah ini maupun menjadi pengajar agama Islam, Anda harus memiliki passion pada bidang tersebut. Sehingga, jika Anda tidak memiliki minat tinggi pada bidang ini, Anda pasti akan merasa salah jurusan.


Gambaran Perkuliahan

Proses perkuliahan Jurusan PAI hampir sama seperti proses perkuliahan jurusan lain. Dalam perkuliahan ini, mahasiswa akan melakukan berbagai presentasi, diskusi, dan, pastinya, praktik mengajar. Praktik ini biasanya dilakukan di kampus pada semester lima atau enam. Setelah itu, mahasiswa akan melakukan praktik langsung di sekolah atau madrasah pada semester 7 atau 8.

Ada berbagai mata kuliah PAI yang harus diambil oleh mahasiswa. Beberapa diantaranya adalah ilmu pendidikan, metode pendidikan islam, hadits dan tafsir, masa’il fiqhiyah, dan qira’atul kutub. Selain mata kuliah yang berkaitan dengan pengajaran dan agama Islam, mahasiswa juga diharuskan mengambil mata kuliah statistik, psikologi, dan berbagai mata kuliah umum.

Prospek Jurusan PAI

Prospek kuliah pendidikan agama Islam mayoritas berbasis pada pendidikan/tenaga pendidikan. Mahasiswa jurusan ini memiliki kesempatan besar untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi keluarga dan orang-orang disekitarnya. Berikut ini beberapa prospek karir jurusan ini.

1. Guru agama di sekolah

Prospek karir terbaik dari jurusan ini adalah guru agama di sekolah maupun pesantren. Gaji guru agama Islam di sekolah lumayan memuaskan, apa lagi jika sudah PNS. 

2. Pendidik TPA

Prospek karir lainnya adalah pendidik TPA (Taman Pendidikan Alquran). Meski gajinya tidak banyak, namun profesi ini memiliki amalan yang besar, apalagi jika disertai dengan keikhlasan dalam menjalaninya.

3. Penulis/Jurnalis

Selain pendidik, lulusan jurusan PAI juga dapat menjadi penulis. Mereka dapat menulis buku ajar atau buku yang berkaitan dengan agama Islam. Dapat pula mencoba menjadi seorang jurnalis.

4. Peneliti 

Mahasiswa jurusan ini dapat menjadi peneliti sosial yang berkaitan dengan isu-isu agama. Penelitian ini dapat dilakukan dengan menggandeng departemen agama atau organisasi-organiasasi keagamaan.

5. Wirausahawan

Lulusan PAI dapat menerapkan ilmu agama yang diperoleh di kampus dalam kehidupan pribadi dan berbisnis. Berbagai usaha yang dapat dilakukan adalah bimbingan belajar, halal mart, toko buku, dan toko peralatan ibadah.

6. Konsultan Pendidikan

Mata kuliah PAI yang telah dipelajari menjadi bekal untuk membuka jasa konsultasi pendidikan Agama Islam. Bisa dalam bentuk seminar, motivator dan sebagainya.


Kampus yang Ada Jurusan PAI

Di Indonesia ini, ada banyak UIN, IAIN atau STAIN yang menawarkan jurusan PAI. PTKIN tersebut tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga, jika Anda tertarik untuk menempuh kuliah tersebut, Anda tidak perlu merantau jauh dari kota kelahiran anda.

Beberapa kampus tersebut memiliki jurusan PAI akreditasi A dan lainnya memiliki jurusan PAI akreditasi B. Untuk memperoleh pendidikan yang lebih berkualitas dan meningkatkan kesempatan Anda memperoleh pekerjaan yang bergaji lebih tinggi, pilihlah jurusan yang terakreditasi A.

Beberapa kampus yang memiliki PAI akreditasi A adalah:


dan masih banyak lagi...

Silahkan cek akreditasi kampus tujuanmu sendiri di google "akreditasi PAI . . ."

Memilih untuk kuliah di Jurusan Pendidikan Agama Islam adalah suatu hal yang tidak hanya baik untuk masa depan Anda namun juga dapat menambah kualitas diri Anda. Selain itu, jurusan kuliah ini akan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik, berakhlak, dan beragama.


Baca juga tulisan lain di bawah ini: