√ Prospek Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) - PAGUNPOST -->

Prospek Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)

Prospek Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) - Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam bisa dikatakan sebagai jurusan yang memadukan ilmu komunikasi dan agama Islam. Di jurusan ini, para mahasiswa akan belajar banyak tentang komunikasi atau penyiaran secara Islami. Selain itu, mereka juga akan belajar tentang agama Islam. Prospek kerja Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) ini bisa dibilang hampir sama bagusnya dengan Jurusan Ilmu Komunikasi.

Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)


Siapa yang Cocok Masuk Jurusan KPI

Jurusan KPI ini tidak cocok untuk semua orang. Mereka yang memiliki kemampuan, minat, maupun kecerdasan tertentu akan merasa nyaman kuliah di jurusan ini. Mayoritas yang masuk jurusan KPI adalah orang-orang yang suka berbicara/pidato/dakwah/ceramah tetapi untuk orang yang malu-malu sebenarnya bisa dilatih di jurusan ini. Berikut ini kemampuan dan minat yang dibutuhkan untuk masuk jurusan KPI.

Kemampuan komunikasi 

Jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan suka bekerja dengan banyak orang, maka jurusan KPI ini akan sangat cocok bagi Anda. Di perkuliahan ini, Anda akan belajar  mengkomunikasikan informasi dengan baik secara Islami. Selain itu, Anda juga akan bekerja dalam team nantinya, sehingga Anda perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Public Speaking

Kemampuan public speaking sangat dibutuhkan dalam perkuliahan dan saat di tempat kerja nantinya. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kemampuan public speaking dan keberanian berbicara di depan umum, Anda akan merasa nyaman dalam perkuliahan ini.

Kemampuan menulis

Selain kemampuan komunikasi lisan, Anda juga memerlukan kemampuan komunikasi tulisan dalam menjalani perkuliahan ini. Kemampuan tersebut akan diperlukan dalam praktik penyiaran media cetak. Untuk anda yang mungkin malu di depan kamera, bisa memaksimalkan kemampuan menulisnya.

Berminat pada jurnalisme dan broadcasting

Jika Anda berminat dan menaruh perhatian besar pada dunia jurnalisme dan broadcasting, Anda pasti akan merasa cocok kuliah di Jurusan KPI. Dengan minat yang besar ini, Anda akan bersemangat dalam menjalani perkuliahan yang banyak mengupas tentang jurnalisme dan broadcasting.

Menyukai teknologi informasi

Jurusan KPI banyak melibatkan teknologi dalam perkuliahannya, terutama teknologi informasi. Beberapa mata kuliah dalam jurusan ini, misalnya desain grafis dan website serta dakwah melalui internet, mengharuskan mahasiswanya untuk banyak berkutat dengan teknologi informasi. Oleh karenanya, jika Anda menyukai teknologi informasi, Anda akan cukup menyukai jurusan ini.


Gambaran Perkuliahan Jurusan KPI

Perkuliahan dalam Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ini cukup menyenangkan untuk dijalani. Di sini, Anda tidak perlu menjalani perkuliahan yang berbau matematika, bahkan mata kuliah statistik tidak diwajibkan di jurusan ini. Selain itu, kuliah praktikum yang berat dan sulit juga tidak akan membebani Anda.

Selama menjalani kuliah di jurusan ini, Anda diwajibkan menjalani kurang lebih 50 mata kuliah. 
Beberapa mata kuliah Komunikasi dan Penyiaran Islam yang wajib Anda ambil adalah fotografi, tafsir dakwah, jurnalistik televisi, jurnalistik radio, dakwah melalui internet, desain grafis dan website, fikih, dan kajian Islam klasik. Selain itu, ada juga kuliah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan kewarganegaraan di jurusan ini.

Karena jurusan KPI mengharapkan mahasiswanya untuk bisa berdakwah dengan baik, maka tak heran jika ada beberapa mata kuliah mengenai dakwah yang diwajibkan untuk diikuti. Anda juga akan melakukan praktik dakwah dalam mata kuliah praktik micro dakwah. Selain itu, Anda akan diharuskan melakukan praktik kerja lapangan (PPL).

Kampus yang Ada Jurusan KPI

Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam merupakan salah satu jurusan favorit di perguruan tinggi Islam. Peminat jurusan ini cukup banyak sehingga saingannya juga cukup ketat. Jadi, tak heran jika ada banyak kampus atau universitas yang menawarkan jurusan ini. Mereka biasanya menempatkan Jurusan KPI di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Jurusan tersebut dapat ditemukan di hampir semua universitas Islam, negeri maupun swasta. Jadi, apabila Anda tidak diterima di universitas Islam negeri untuk jurusan ini, Anda dapat mendaftar ke universitas Islam swasta. Meski menempuhnya di universitas swasta, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitasnya bila universitas tersebut memiliki Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam akreditasi A.

Berikut ini beberapa universitas yang memiliki Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam terakreditasi A.
  • KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • KPI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • KPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • KPI Universitas Islam As-Syafi’iyyah Jakarta

dan masih banyak lagi.. silahkan browsing di google untuk mengecek apakah kampus idamanmu sudah terakreditasi.

Prospek Jurusan KPI

Dalam memilih jurusan kuliah, Anda tentu perlu mempertimbangkan prospek karir dari jurusan tersebut. Oleh karenanya, sebelum Anda memutuskan masuk ke jurusan KPI, Anda perlu mengetahui Prospek kuliah Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan ini memiliki prospek karir yang cukup menjanjikan. 

Ada berbagai pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mereka yang lulus dari Jurusan KPI. Salah satunya adalah pendakwah. Profesi inilah yang menjadi fokus utama dan fokus awal dari jurusan kuliah tersebut. Akan tetapi, dengan bekal keahlian yang diperoleh selama perkuliahan, lulusan KPI dapat bekerja sebagai jurnalis, kru TV, editor siaran, penulis, kameramen, dan presenter.

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan jurusan kuliah yang cukup menarik untuk dijalani. Jurusan tersebut dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tidak diterima di Jurusan Ilmu Komunikasi di universitas biasa. Dengan mengambil jurusan KPI, Anda dapat memiliki kesempatan untuk menjalani karir yang menarik.

Tertarik dengan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ini?

***
Mau ikut UM-PTKIN 2021?
***



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel